MSME Tutorial

Menghitung Biaya dan Anggaran Otomatis di Jurnal by Mekari

Ini cara menghitung biaya dan anggaran menggunakan fitur Biaya di Jurnal.id

Menghitung biaya dan anggaran menggunakan software akuntansi Jurnal by Mekari adalah salah satu cara mudah yang bisa Anda terapkan untuk bisnis Anda. Mengapa? Karena biaya bisnis pada aplikasi Jurnal terhitung secara otomatis.

Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah mencatat setiap biaya yang terjadi pada menu 'Biaya' di dashboard Jurnal.id

Cara Mencatat Biaya di Jurnal.id

Terdapat dua cara untuk mencatat biaya baru di Jurnal. Pertama adalah mencatat biaya yang telah dibayar lunas. Kedua adalah mencatat biaya yang belum dibayar atau belum lunas (hutang). Di bawah ini merupakan cara mencatat masing-masing biaya.

Cara mencatat biaya lunas:

  • Akses dan login di dashboardJurnal.id.
  • Masuk ke menu Biaya.
  • Klik tombol Buat Biaya Baru untuk mencatat biaya baru.

 

 

  • Pilih akun yang akan membayar biaya tersebut pada kolom Bayar Dari.

 

 

  • Lalu, pilih atau masukkan nama penerima.
  • Selanjutnya, pilih tanggal pembayaran.

 

 

  • Kemudian, masukkan nomor pembayaran atau transaksi jika ada.

 

 

  • Berikutnya, pilih kembali akun biaya di kolom bagian bawah.

 

 

  • Lalu, masukkan nominal biaya.

 

 

  • Isi memo dan unggah lampiran jika ada. Lampiran bisa berupa foto struk/kwitansi/bukti transaksi lainnya.
  • Jika sudah, klik tombol Buat Biaya Baru berwarna hijau di kanan bawah.

 

 

Cara mencatat biaya yang belum lunas:

  • Masuk ke menu Biaya pada dashboardJurnal.id.
  • Klik tombol Buat Biaya Baru di kanan atas halaman.
  • Kemudian, pada halaman Buat Biaya Baru, centang kotak pada opsi Bayar Nanti yang ada di samping kolom Bayar Dari.

 

 

  • Setelah itu, lanjutkan dengan mengisi formulir mulai dari memilih akun untuk membayar di kolom Bayar Dari.
  • Lalu, pilih atau masukkan nama penerima biaya.

 

 

  • Selanjutnya, pilih tanggal transaksi, tanggal jatuh tempo pembayaran, dan syarat pembayaran.

 

 

  • Setelah itu, lengkapi kolom akun biaya di bagian bawah, isi deskripsi (opsional), dan masukkan nominal biaya.

 

 

  • Kemudian, isi memo dan lampiran jika perlu.
  • Pastikan semua data yang Anda isi telah benar. Lalu, klik Buat Biaya Baru untuk menyimpan.

Video Cara Mencatat Biaya Baru di Jurnal.id

https://www.youtube.com/watch?v=8dPlJViKouY&t=1s

Menghitung Biaya dan Anggaran di Jurnal

Seperti yang telah disebutkan di awal, perhitungan biaya dan anggaran di Jurnal.id dilakukan secara otomatis setelah Anda mencatat biaya. Untuk melihat perhitungan biaya otomatis tersebut, Anda bisa masuk ke dashboardJurnal.id dan buka menu Biaya.

 

 

Kemudian, Anda akan melihat informasi mengenai total biaya bulan ini, total biaya 30 hari terakhir, dan total biaya belum dibayar. Untuk mendapatkan rincian transaksi atau melakukan pembayaran biaya hutang, Anda bisa klik langsung pada tampilan nominal biaya.

Itu dia informasi mengenai perhitungan biaya dan anggaran bisnis di software akuntansi Jurnal by Mekari. Fitur perhitungan biaya otomatis dari Jurnal ini tentu akan sangat membantu Anda sebagai pemilik bisnis. Jika ingin melihat video singkat penggunaan fitur Biaya di aplikasi Jurnal, Anda bisa simak video di bawah ini.

Video Cara Menggunakan Fitur Biaya Jurnal.id

https://www.youtube.com/watch?v=ATbcCW2TJtc&t=57s

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again