MSME Tutorial

Menerapkan Metode FIFO untuk Manajemen Persediaan Barang

Metode FIFO adalah metode untuk manajemen persediaan yang paling banyak diterapkan.

Metode FIFO adalah salah satu metode manajemen persediaan barang dalam bisnis. Selain FIFO, terdapat dua metode lainnya, yaitu LIFO dan Avarage. Namun, jika dibandingkan dengan dua metode tersebut, metode FIFO menjadi metode yang banyak diterapkan oleh banyak bisnis. Mengapa begitu?

Sebelum masuk ke jawaban dari pertanyaan di atas, simak definisi lengkap dari metode FIFO di bawah ini.

Apa Itu Metode FIFO?

Hal pertama yang harus Anda ketahui mengenai metode FIFO adalah FIFO merupakan singkatan dari First In First Out. Dari kepanjangannya tersebut, Anda mungkin sudah memahami maksud dari metode FIFO ini.

 

 

FIFO adalah sebuah metode yang digunakan dalam manajemen persediaan barang dimana barang yang pertama masuk menjadi barang yang juga pertama keluar. Dengan kata lain, stok barang yang masuk lebih dahulu akan menjadi barang yang dijual atau digunakan lebih dahulu.

Pengertian dari metode ini berbanding terbalik dengan metode LIFO. LIFO adalah singkatan dari Last In First Out dimana barang yang masuk terakhir akan menjadi barang yang dijual atau digunakan pertama.

Penerapan FIFO sebagai metode manajemen persediaan barang ini didasari dengan anggapan bahwa biaya pembelian produk harus disesuaikan dengan hasil penjualan. Kemudian, biaya persediaan produk yang terakhir masuk akan menjadi patokan biaya persediaan barang yang masih tersisa hingga akhir suatu periode.

Kelebihan Metode FIFO

Setelah memahami definisi dari metode FIFO sendiri, selanjutnya Anda akan masuk ke pembahasan mengenai kelebihan dari metode FIFO yang mungkin menjadi alasan dari banyaknya bisnis yang menerapkan metode ini.

Kelebihan metode FIFO yang pertama adalah metode ini sangat cocok untuk bisnis dengan produk yang memiliki masa kedaluwarsa. Dengan metode first in first out, maka kemungkinan persediaan barang kedaluwarsa menumpuk sangatlah kecil, yang mana ini akan membawa Anda ke keuntungan lainnya yaitu meminimalisir risiko kerugian.

Dikarenakan setiap barang yang masuk lebih dahulu juga akan dijual lebih dahulu, maka hal ini akan mengurangi adanya barang yang berdebu atau rusak akibat disimpan terlalu lama. Sehingga, bisnis akan terhindar dari kerugian akibat menjual barang yang tidak layak jual.

Kelebihan lainnya dengan menerapkan metode FIFO untuk manajemen persediaan barang adalah bisnis Anda tidak melanggar hukum. Mengapa? Karena dengan menerapkan metode FIFO ini artinya Anda membayar pajak sesuai dengan laba riil yang dihasilkan.

Jumlah pajak yang harus dibayarkan memang lebih besar dibandingkan dengan bisnis yang menerapkan metode LIFO. Meskipun begitu, selalu ingat untuk tetap patuh pada peraturan dan tidak menempatkan bisnis Anda dalam bahaya.

Demikian informasi mengenai metode manajemen persediaan barang First In First Out. Jika bisnis Anda menjual produk dengan masa kedaluwarsa, metode FIFO adalah metode yang cocok untuk Anda terapkan. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter