1. Lifestyle

Microsoft Hadirkan Minecraft Versi Khusus untuk HoloLens

Bulan Maret kemarin, beredar kabar bahwa Microsoft akan menyiapkan game khusus untuk HoloLens. Kalau melihat cuplikan video demonstrasi HoloLens di bulan Januari kemarin, bisa kita simpulkan bahwa salah satu game tersebut adalah Minecraft.

Dan tebakan kita pun tidak salah. Bersamaan dengan sederet game baru Xbox One yang mereka umumkan di panggung E3 2015, Microsoft juga mendemonstrasikan betapa kerennya memainkan Minecraft menggunakan HoloLens.

Berkat penggunaan kamera khusus yang tersambung dengan HoloLens, kita semua bisa menyaksikan Minecraft dalam wujud hologram. Dalam sesi demonstrasi tersebut, sepasang perwakilan Microsoft naik ke atas panggung; satu memainkan Minecraft menggunakan tablet Microsoft Surface, dan satu lagi memakai HoloLens.

Info menarik: Oculus Rift dan Touch Tampakkan Diri ke Publik, Controller Xbox One Dibundel Gratis

Awalnya, sang pengguna HoloLens hanya menambatkan 'layar' Minecraft pada tembok – tidak terlalu istimewa. Namun kemudian saya menganga melihat dunia virtual tersebut ditempatkan di atas sebuah meja. Di titik itu, saya melihat sang pengguna HoloLens layaknya seorang dewa yang mengatur kehidupan di jagat Minecraft.

Benar saja, ia bisa menjelajahi dunia virtual tersebut dengan berbagai gesture, kemudian memanipulasi objek di dalamnya menggunakan perintah suara. Yes, perintah suara! Sudah benar-benar seperti dewa yang bisa menyambarkan petir hanya dengan meneriakkan "Lightning strike!"

Menariknya, Minecraft untuk HoloLens ini bisa dimainkan dalam mode multiplayer. Dengan demikian, pengguna HoloLens bisa mengamati ulah pemain-pemain lainnya tidak cuma dari sudut pandang orang pertama saja, tetapi juga sudut pandang seorang dewa seperti di atas.

Info menarik: Round-up Presentasi Bethesda Softworks di E3 2015

Dari segi teknis, HoloLens tampaknya sanggup me-render dunia virtual Minecraft dengan baik. Kendati demikian, harus kita ingat bahwa Minecraft sendiri tidak memerlukan spesifikasi hardware yang terlampau tinggi. Kita masih harus melihat kemampuan HoloLens me-rendergame dengan grafis kelas modern.

Terlepas dari itu, perpaduan Minecraft dan HoloLens terkesan sangat ideal. Game yang dibeli oleh Microsoft senilai $2,5 miliar ini tampak seperti Lego versi hologram.

Sampai detik ini, memang belum ada informasi soal jadwal pemasaran HoloLens secara resmi. Pun begitu, Microsoft sudah berjanji akan memberikan detail lebih merinci soal Minecraft dan HoloLens pada eventMinecon 2015 tanggal 4 Juli mendatang.

Jangan lupa tonton video di bawah untuk menyaksikan sendiri kehebohan pengunjung E3 2015 melihat Minecraft dimainkan menggunakan HoloLens.

Sumber: PC Gamer.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again