Categories

Gadget

Microsoft VR Kit, Rival Google Cardboard?

Glenn Kaonang - 29 September 2015

Pada tanggal 17 Oktober nanti, Microsoft akan mengadakan event hackathon di Rusia. “Hmm, apa hubungannya dengan kita?” Well, jawabannya tidak ada. Tapi dari situ justru muncul sebuah kabar yang sangat menarik: Microsoft sepertinya punya pesaing Google Cardboard, VR headset yang bisa Anda rakit sendiri dengan modal seadanya.

Kabar ini didapat dari laman promosi event hackathon tersebut. Di sini Microsoft tampaknya ingin mengajak para developer untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan konten virtual reality. Namun ketimbang harus meminjamkan HoloLens ke peserta yang idenya cemerlang, Microsoft tampaknya akan memanfaatkan perangkat bernama Microsoft VR Kit.

Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas, perangkat ini punya konsep yang sama persis dengan Goolge Cardboard: terbuat dari karton, bisa dijejali smartphone (dalam kasus ini Lumia), lalu dipasangkan di depan mata. Harapannya, developer bisa langsung merealisasikan ide konten VR besutannya pada ajang tersebut.

Info menarik: [Video] Mengenal Microsoft HoloLens Lebih Jauh

Sejauh ini sama sekali tidak ada konfirmasi dari Microsoft terkait eksistensi VR Kit; kemungkinan Microsoft memang tidak berencana memasarkannya ke publik. Tapi masih ada banyak teori yang bisa diambil. Salah satunya, kemungkinan Microsoft akan membundelnya bersama smartphone Lumia 950 yang hampir bisa dipastikan hadir pada event tanggal 6 Oktober mendatang.

Teori lain, perangkat ini hanya dirancang agar makin banyak developer yang tertarik untuk mengembangkan konten VR, yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan HoloLens saat perangkatnya sudah siap dipasarkan nanti. Saya pribadi lebih condong pada teori yang kedua ini.

Sumber: Thurrott.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter