1. DScovery

Mindfulness Adalah: Definisi, Tujuan hingga Cara Melatih Fokus

Mindfulness adalah kemampuan dasar manusia untuk hadir sepenuhnya, sadar di mana kita berada

Banyak orang mungkin akrab dengan kata "mindfulness" sekarang, tetapi apakah kamu tahu apa arti mindfulness sebenarnya? Atau mungkin beberapa orang malah mencoba mempraktekkannya? Kali ini tentang perhatiannya dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana konsep mindfulness ini?

Definisi Mindfulness

Mindfulness merupakan istilah dari kesadaran penuh. Adapun beberapa ahli mengatakan :

“Kesadaran yang muncul dari memperhatikan, dengan sengaja, pada saat ini dan tanpa menghakimi” – Jon Kabat-Zinn.

“Mindfulness adalah kemampuan dasar manusia untuk hadir sepenuhnya, sadar di mana kita berada dan apa yang kita lakukan, dan tidak terlalu reaktif atau kewalahan oleh apa yang terjadi di sekitar kita” (“What Is Mindfulness?,” 2014).

“Mindfulness adalah tentang melatih diri kamu untuk memperhatikan dengan cara tertentu.

Ketika seseorang penuh perhatian, mereka akan:

(1) fokus pada saat ini,

(2) mencoba untuk tidak memikirkan apapun yang terjadi di masa lalu atau yang mungkin akan terjadi di masa depan,

(3) dengan sengaja berkonsentrasi pada apa yang terjadi di sekitar. mereka, [dan]

(4) mencoba untuk tidak menghakimi tentang apa pun yang mereka perhatikan, atau melabeli hal-hal sebagai ‘baik’ atau ‘buruk‘” – (“How to Practice Mindfulness,” nd).

Singkatnya, kamu memahami bahwa perhatian adalah tindakan menyadari sepenuhnya apa yang terjadi di dalam diri kita, dengan sengaja menghubungkan pikiran, perasaan, dan tubuh kita untuk fokus pada apa yang sedang kita lakukan.

Tentu saja, ini membuat kamu sadar sepenuhnya dan memberi kamu pandangan positif. Saat kamu berbicara dengan seseorang, penting untuk memperhatikan apa yang mereka katakan.

Tujuan Mindfulness

Salah satu tujuan mindfulness yaitu untuk mencapai kesadaran penuh pada diri sendiri, dengan memulai niat dalam hati supaya tersadar, merasakan sensasi yang mengalir secara alami dan diharapkan menjadi fokus dan tenang ketika menghadapi sesuatu yang tidak terduga.

1. Fokus 

Melatih diri agar lebih fokus dengan keadaan emosi diri dan sekitar supaya menerima dengan hati yang lapang. Melalui panca indra, pengelolaan emosi yang stabil, dan merasakan secara utuh apa yang dirasakan.

2. Mencapai kesadaran penuh untuk menjalani hidup

Dalam hal ini, mindfulness meningkatkan kesehatan mental, seperti kemampuan meningkatkan daya ingat dan kemampuan mengelola rasa sakit dengan memperhatikan emosi.

Selain itu, berguna untuk memiliki sikap yang lebih positif, bekerja lebih produktif untuk mencapai tujuan dan lebih bahagia menjalani kehidupan yang sebenarnya.

Selain itu, setelah  dipahami, mindfulness adalah cara untuk menjaga mood (suasana hati) tanpa khawatir bahkan stres ketika hal-hal yang tidak terduga terjadi.

3. Memaafkan diri untuk mencintai diri dan menjalani hari dengan penuh rasa syukur

Kita harus bersyukur dalam segala keadaan, namun tujuan lain dari penggunaan mindfulness adalah untuk menyadari harga diri kita yang sangat berharga dengan apa yang kita miliki, walaupun orang lain sering menjadi pembanding kita, namun jangan lupa bahwa syukur adalah tujuan dari mindfulness ini.

Cara untuk Melatih Perhatian Penuh

Luangkan waktu untuk merasakan pernafasan dalam diri

Berilah waktu luang di pagi hari untuk merasakan ketika pernapasan masuknya aliran udara masuk dalam hidung (inhale) dan keluar (exhale) secara teratur.

Rasakan ketika perut bergerak dikala menarik nafas hingga mengeluarkan nafas. Rasakan dia area sekitar seperti  angin, udara, suara kicauan burung bersahutan, fokuskan dan rasakan.

Stretching

Siapa bilang stretching itu tidak penting? Padahal ini penting sekali apalagi bagi kamu yang sering berlama-lama didepan layar komputer atau bekerja yang tidak melakukan banyak gerak.

Manfaat melakukan stretching, badan akan lebih terasa rileks, tubuh lebih ringan dari beban karena kakunya otot-otot kita yang tidak bergerak. Rasakan gerakan stretching dengan fokus pada otot-otot yang dirasakan.

Rasakan suatu objek alam

Jika kamu hobi jalan-jalan entah itu ke gunung, taman, pantai, sungai cobalah untuk melakukan kegiatan merasakan kesadaran penuh contohnya seperti jalan di rerumputan, pasir pantai, sungai dengan berjalan kaki fokus penuh penghayatan.

Tanyakan pada dirimu, Apa yang dirasaPernahkah sebelumnya melakukan iniApa perasaanmu setelah mencobanya?.

Tenang tidak usah lakukan setiap hari, namun cobalah untuk membagi waktu merasakan rasa alam terhubung pada diri kita. Lepaskan segala penat yang ada, ini sangat baik untuk melatih kesadaran diri lebih fokus.

Catat Kegiatanmu setiap harimu

Ini mungkin tampak seperti seorang anak sedang berlatih menulis jurnal, tetapi secara tidak sadar ini membantu kamu mengembangkan ingatan bahkan tentang hal-hal terkecil, catatlah! Karena begitu kamu terbiasa, kamu akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang ke mana arah tujuan fokusmu.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai mindfulness. Semoga gagasan ini menjadi insight menarik dalam mengelola emosimu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again