1. Lifestyle

[Now Playing] PlanetSide 2

Dirilis lebih dari setahun yang lalu, sang developer Sony Online Entertainment (SOE) membutuhkan waktu yang sama untuk membuat PlanetSide 2 berjalan optimal. Patch yang dirilis tak lama lalu memberikan gamer dongkrakan frame-rate di mesin mereka. Dan seperti biasa, update-update yang SOE lakukan untuk game ini mengubah jalannya pertempuran berdarah di planet Auraxis.

Mungkin banyak dari Anda yang belum familiar dengan PlanetSide 2, terlepas game ini sudah diluncurkan cukup lama. Ia ialah permainan MMOFPS yang disajikan dengan metode free-to-play. MMOFPS sendiri artinya adalah massively-multiplayer online first-person shooter. Yang membedakan PlanetSide 2 dengan game shooter lain adalah skala yang dimilikinya. Jika FPS lain mungkin disajikan dengan total 32 hingga 64 pemain, di dalam satu server PlanetSide 2 terhitung ada puluhan ribu pemain.

Puluhan ribu pemain aktif membuat pengalaman Anda sebagai pemain selalu berbeda tiap memulai game. Berbeda dengan FPS lain yang tiap match (pertandingan) dipisahkan dalam ronde, maka pertempuran dalam FPS akan berjalan terus hingga lawan Anda menyerah. Dan itu juga berarti Anda bisa lupa waktu saat memainkan game ini.

SOE sama sekali tidak tanggung-tanggung, terdapat tiga buah benua di dalam game ini dan diisi oleh tiga faksi yang bertikai: Terran Republic, New Conglomerate dan Vanu Sovereignty. Tiga buah benua ini merepresentasikan keberagaman planet fiktif tempat game ini di-setting. Amerish diisi pegunungan dengan tanah subur, Indar merupakan tempat berpadang pasir yang tandus, kemudian Esamir adalah benua yang membeku.

Sebagai cerita latar belakang pertikaian ini, SOE menjelaskan bahwa ketiga faksi ini memperebutkan planet untuk mendapatkan sebuah mineral langka bernama Auraxium. Mereka tadinya tergabung dalam satu republik besar, kemudian New Conglomerate memisahkan diri karena merasa mereka dipimpin oleh pemerintahan tangan besi.

Pemberontakan terhadap Terran Republic tidak berhenti sampai di sana: para ilmuan yang mengatasnamakan Vanu Sovereignty berpendapat bahwa masa depan terletak pada penggabungan DNA manusia dengan alien. Sebagai anggota New Conglomerate, saya memiliki satu opini untuk Vanu: mereka sudah gila.

Tujuan game ini cukup sederhana: kuasai seluruh permukaan planet Auraxis. Tiap benua memiliki bangunan dan instalasi yang bisa pemain ambil alih: bio lab, pembangkit tenaga dan hydroponic plants adalah beberapa di antaranya. Hal yang menarik adalah Anda harus menguasai instalasi-instalasi ini dengan strategi. Di sinilah game menjadi sangat menarik, hal ini membuat para gamer di tiap faksi harus bermain secara terkoordinasi. Ada ribuan pemain dalam satu server, kemudian bagaimana caranya agar terkoordinir?

Untuk bermain efektif, yang pertama adalah Anda harus bermain dalam satu regu, atau bahkan tergabung dalam satu platoon. PlanetSide 2 adalah satu dari sedikit game yang memungkinkan pemain menciptakan reputasi mereka sendiri. P

emimpin-pemimpin pasukan handal akan selalu dicari oleh para pemain, perintah mereka akan menentukan kalah menangnya faksi Anda. Mungkin bagi Anda medan perang adalah padang berdebu yang dipenuhi korban bombardir pesawat jet, bagi pemimpin platon, peta digital yang jadi panduan mereka adalah medan tempur sesungguhnya.

Dengan banyaknya pemain seperti ini, variabel kemenangan dan kekalahan menjadi jauh lebih kompleks. Satu misi bisa gagal hanya karena pilot pesawat yang membawa belasan tentara tidak berhasil menghindari serangan misil. Namun kalah dan menang di dalam PlanetSide 2 memberikan kisah tersendiri bagi tiap pemainnya.

Salah satu momen yang tak pernah saya lupakan adalah saat bertempur di sebuah gurun di benua Indar. Pasukan New Conglomerate terdesak, tank musuh mengapit posisi kami dari arah utara sedangkan pesawat musuh terus membombardir posisi-posisi strategis. Ditengah kekacauan ini, badai pasir menghantam kami semua, jarang pandang berkurang menjadi hanya beberapa meter. Kami akhirnya bisa bersembunyi dari serangan musuh, namun senapan penembak jitu saya sama sekali tidak berguna dalam situasi ini.

Salah satu keajaiban PlanetSide 2 adalah teknologi dan infrastruktur yang diusung oleh SOE. Seperti yang saya bilang, ia adalah permainan free-to-play, tetapi item yang Anda bayarkan semuanya hanya bersifat kosmetik: kamuflase, desain helm dan seragam berbeda. Pemula level 1 memiliki kesempatan yang sama untuk mengalahkan veteran level 100. Saya sendiri sudah sering membungkan pemain yang memiliki puluhan level di atas saya.

Dalam game ini, Anda bisa menggunakan segala jenis kelas prajurit serta kendaraan yang tersedia, gunship, pesawat jet, buggy, tank ringan, tank berat, pesawat hingga mobil transport. Untuk menjaga agar Anda tidak menyia-nyiakan sumber daya dan mencoba kendaraan lain, PlanetSide 2 menyajikan sistem cooldown. Jika pesawat jet hancur, Anda baru bisa mengendarainya lagi beberapa belas menit kemudian - silakan gunakan kendaraan lain.

Game ini juga memiliki sistem bullet trajectory: tingkat efektivitas tiap peluru yang Anda tembakkan akan dipengaruhi gravitasi dan jarak - walaupun headshot sangat membantu. Sistem ini juga telah dianut Battlefield 3, namun sekali lagi PlanetSide 2 diisi ribuan pemain. Bayangkan berapa banyak peluru yang ditembakkan dalam waktu satu detik. Kemudian bayangkan bagaimana server harus mengolah data ini secara real-time. Saya masih bingung bagaimana SOE melakukannya...

Bermain di gaming notebook MSI GT70, PlanetSide 2 berjalan sangat mulus. Setelah melakukan update driver Nvidia, frame-rate tetap terjaga di atas 100. Menariknya, bermain selama berjam-jam tidak membuat bagian palmrest notebook berubah panas - saya tidak menggunakan AC. Tentunya terdapat masalah klasik yang biasa muncul di notebook: bagian keyboard tidak senyaman menggunakan varian mechanic. Namun secara keseluruhan, GT70 bisa menjalankan PlanetSide 2 dengan mumpuni.

 

Berikut video gameplay-nya:


(Game ini dijalankan di notebook gaming MSI GT70 dengan spesifikasi 4th generation Intel® Core™ i7 Processor @3.0GHz, kartu grafis Nvidia GeForce GTX 780M, 16GB RAM, penyimpanan Super RAID 2 dengan 3 SSD RAID, teknologi Cooler Boost 2 dan desain NOS ekslusif yang meningkatkan performa GPU hingga 10%. Anda bisa mengunduh dan menikmati PlanetSide 2 sekarang juga secara cuma-cuma).

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again