1. DScovery

Observasi: Pengertian, Karakteristik, Tujuan, Manfaat, Jenis, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Observasi adalah cara untuk mengetahui tentang sesuatu. Pengamatan manusia terhadap objek terkecil kehidupan disebut observasi.

Observasi merupakan kegiatan yang harus kamu pahami jika ingin melakukan penelitian terhadap suatu objek. Teknik ini berguna untuk mengumpulkan berbagai data primer atau informasi penting untuk tujuan tertentu. Keuntungannya adalah metode observasi berbasis fakta dan diketahui dapat dilacak.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak, DailySocial.id telah merangkumnya: Dimulai dengan pengertian observasi, karakteristiknya, tujuan dan manfaatnya, jenisnya, dan diakhiri dengan kekuatan dan kelemahannya. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

Pengertian Observasi

Kata observasi berasal dari bahasa Latin yang artinya melihat, memperhatikan. Dalam dunia nyata, pengamatan terkait erat dengan objek dan fenomena dan mencakup faktor penyebab dan implikasi yang lebih luas. Orang yang mengamati disebut pengamat. 

Pengertian umum observasi adalah kegiatan mengamati suatu objek secara langsung dan dekat untuk memperoleh informasi yang tepat tentangnya. Tes investigasi dan pengamatan dimaksudkan untuk mengumpulkan data atau penilaian.

Namun menurut beberapa ahli, pengertian observasi sangatlah rumit. Sebagai contoh, Patton menjelaskan bahwa observasi adalah cara yang tepat dan spesifik untuk mengumpulkan data dan mencari informasi yang relevan dengan semua kegiatan yang diteliti.

Terakhir, Larry Christensen, di sisi lain, mendefinisikan observasi sebagai cara untuk mendapatkan informasi penting tentang seseorang.

Untuk mendapatkan informasi yang akurat, metode observasi harus dilaksanakan secara sistematis. Kegiatan observasi yang dilakukan memiliki ciri khas yaitu bersifat objektif, faktual dan sistematis. Pengamatan dapat dilakukan tidak hanya oleh satu orang, tetapi juga dengan melibatkan lebih banyak orang. 

Klasifikasi observasi dibagi menjadi beberapa jenis seperti observasi partisipan, observasi sistematik, dan observasi eksperimen. Dalam kategori Pengamatan Eksperimental, pengamat sudah memiliki rencana yang matang untuk mengeksplorasi apa yang akan diamati.

Karakteristik Observasi

Untuk lebih memahami pentingnya observasi, beberapa karakteristik diberikan di bawah ini.

  1. Obyektif, pada dasarnya pengamatan harus objektif atau langsung diamati dari keadaan satu kesatuan.
  2. Fakta dan observasi juga harus berdasarkan fakta dan observasi lapangan, dibuktikan kebenarannya tanpa ambiguitas. 
  3. Pengamatan sistematis harus dilakukan secara tidak acak sesuai dengan rencana atau metode yang telah ditetapkan sejak awal.

Tujuan dan Manfaat Observasi

Observasi bertujuan untuk:

  1. Menjelaskan benda dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya melalui pengamatan panca indera.
  2. Kita dapat menerima data informasi berupa angka, font, gambar, dll sebagai bukti konkrit yang dapat dianalisis lebih lanjut.
  3. Pada awal penelitian, hipotesis mengarah pada kesimpulan.

Manfaat observasi adalah:

  1. Pengamatan dapat digunakan untuk mengkonfirmasi temuan atau penelitian sebelumnya.
  2. Deskripsi objek yang diamati dapat menggambarkan apa yang terjadi di dunia atau kehidupan nyata.
  3. Ini memberi pembaca gambaran umum dan memungkinkan pembaca untuk menginterpretasikan hasil dan interpretasi.
  4. Jelaskan kejadian-kejadian yang diperiksa kualitas dan spekulasinya berdasarkan peraturan yang berlaku.
  5. Dapat memahami petunjuk dan objek yang tidak ada, dan situasi yang tidak dapat direproduksi dalam eksperimen. 
  6. Catat peristiwa secara berurutan atau kronologis untuk menggambarkan fenomena dengan jelas.
  7. Pengamatan dapat digabungkan dengan sistem lain untuk menghasilkan laporan yang detail dan jelas.

Jenis-jenis Observasi

Observasi Sistematis

Pengamatan sistematis adalah jenis pengamatan yang didasarkan pada prosedur dan penilaian yang telah ditentukan sebelumnya. Biasanya, ketika menggunakan jenis pengamatan ini, pertama-tama kita perlu mengidentifikasi faktor-faktor yang melatarbelakangi pengamatan menurut kategorinya.

Observasi Partisipatif

Sedangkan konsep observasi partisipatif adalah observasi yang berlangsung secara aktif. Artinya, kamu harus terlibat langsung dalam proses penelitian atau observasi untuk memahami dan menerima informasi dengan jelas.

Observasi Eksperimental

More Coverage:

Kemudian ada observasi eksperimen, yaitu suatu jenis observasi eksperimen. Observasi jenis ini biasanya dimaksudkan sebagai upaya penelitian terhadap objek tertentu. Namun, pengamatan eksperimental cenderung lebih memakan waktu dan mahal.

Kelebihan dan Kelemahan Observasi

Pengamat melakukan observasi dengan berbagai cara, antara lain tes, kuesioner, rekaman gambar, dan audio. Lengkapi pengamatan dengan celah yang berisi peristiwa atau perilaku objek yang diamati. Kemudian, pengamat cukup memeriksa kolom yang sesuai dengan pengamatan mereka.

Adanya kelebihan dan kekurangan untuk mempelajari objek dengan observasi, dan kita perlu memahaminya terlebih dahulu. Lihat rangkuman dari pengamatan berikut!

Kelebihan Observasi:

  1. Bisa mencatat segala sesuatu yang berkaitan dengan perilaku pertumbuhan atau fenomena objek yang dapat direkam saat suatu peristiwa terjadi.
  2. Kamu dapat menerima data langsung dari orang tersebut, baik secara lisan maupun tidak. 
  3. Memberikan hasil data atau informasi yang faktual, objektif dan dapat diverifikasi

Kekurangan Observasi:

  1. Butuh waktu lama untuk mengamati peristiwa dan kejadian tertentu.
  2. Pengamatan terhadap fenomena membutuhkan waktu dan tidak dapat dilakukan secara langsung.
  3. Insiden, peristiwa, atau masalah yang bersifat pribadi dapat mengganggu aktivitas pemantauan kita.. Misalnya mengamati perilaku anak yang bermasalah dengan pertengkaran orang tuanya atau konflik tertentu. Ruang pribadi adalah titik lemah pengamatan, sehingga kita tidak dapat mengamati aktivitas secara optimal.

Begitulah informasi mengenai observasi. Semoga artikel di atas dapat membantumu untuk melakukan observasi yang hendak dikerjakan!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again