1. DScovery

Omnichannel: Pengertian, Manfaat, dan Strateginya

Omnichannel memanfaatkan berbagai saluran untuk memaksimalkan pengalaman pelanggan.

Pernahkah kamu mendengar istilah omnichannel? Mungkin, sebagian dari kalian baru pertama kali mendengar istilah ini. Padahal, omnichannel merupakan suatu hal yang penting untuk bisnis, terutama dalam bidang bisnis ritel.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan omnichannel dan mengapa hal ini dianggap penting? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Apa Itu Omnichannel?

Pada dasarnya, omnichannel merupakan sebuah strategi tahap lanjut dari multichannel, sehingga penggunanya dapat mengetahui suatu perkembangan bisnis secara real time. Omnichannel sendiri berasa dari kata ‘omnis’ yang berarti universal.

Omnichannel menggabungkan berbagai saluran komunikasi ke dalam satu bentuk antarmuka secara universal. Saluran komunikasi yang tergabung ini memungkinkan interaksi perusahaan dengan konsumennya sehingga tercipta suatu garis waktu yang komprehensif.

Omnichannel biasa digunakan dalam bisnis ritel, karena strategi ini memudahkan pelanggan dalam mencari informasi terkait barang yang dijual. Omnichannel sendiri berfokus untuk memberian pengalaman pelanggan tanpa batas, saat berbelanja secara online melalui perangkat seluler, laptop, maupun secara offline di toko fisik.

Saat ini, penggunaan omnichannel yang sering ditemui adalah akun-akun toko online di Instagram yang menghubungkan akunnya dengan toko online mereka di berbagai marketplace atau website. Tujuannya, agar konsumen yang mengetahui produk mereka dapat langsung terhubung ke channel penjualan yang berbeda.

Manfaat Omnichannel

Omnichannel cukup banyak digunakan dalam bisnis, khususnya bidang bisnis ritel. Hal ini dikarenakan omnichannel memiliki berbagai manfaat yang dapat diperoleh. Berikut adalah beberapa manfaat omnichannel, antara lain:

Pengumpulan dan Analisis Data Lebih Baik

Omnichannel bermanfaat untuk mengumpulkan data pelanggan dari saluran dan sistem yang berbeda, seperti cookie, ID perangkat, keranjang belanja, media sosial dan lainnya. Informasi tersebut dapat menjadi sumber untuk menganalisis perilaku, minat, dan niat pelanggan dalam membuat strategi pemasaran yang lebih efektif.

Segmentasi Pelanggan yang Lebih Baik

Omnichannel memudahkan perusahaan dalam melakukan analisis data konsumen yang dapat memungkinkan dalam menemukan target audiens yang ideal. Hal ini tentunya juga akan memudahkan perusahaan dalam membuat iklan dan strategi pemasaran yang efektif.

Meningkatkan Brand Awareness

Omnichannel juga dapat meningkatkan brand awareness. Pasalnya, omnichannel dapat memaksimalkan pesan yang ingin disampaikan kepada konsumen secara konsisten, sehingga konsumen dapat menikmati pengalaman terbaiknya.

Mencapai ROI yang Lebih Tinggi

Selain itu, omnichannel juga dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan konversi dan angka ROI, karena keterlibatan pelanggan yang cukup tinggi.

Hemat Biaya

Terakhir, omnichannel biasa digunakan karena memungkinkan perusahaan dalam melakukan strategi pemasaran dan menerapkan sumber daya dengan lebih efisien dan hemat biaya. Pasalnya, analisis data omnichannel dapat membantu perusahaan dalam mengetahui di mana dan kapan harus fokus pada saluran tertentu.

Strategi Omnichannel

Untuk memaksimalkan strategi pemasaran, kamu dapat menerapkan beberapa strategi omnichanel, sebagai berikut.

Mengutamakan Pengalaman Pelanggan

Omnichannel memiliki fokus utama dalam memaksimalkan pengalaman pelanggan. Oleh sebab itu, hal pertama yang harus kamu lakukan dalam memaksimalkannya adalah dengan memahami saluran yang biasa mereka gunakan beserta perilaku pelanggan di semua saluran tersebut.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa fitur dan layanan yang kamu tawarkan dapat memberikan kemudahan bagi pelangganmu.

Menggunakan Data Pelanggan saat Menyusun Strategi

Dalam memaksimalkan omnichannel, kamu juga perlu menyesuaikan strategi yang kamu gunakan dengan data pelanggan. Dalam hal ini, Customer Relationship Management (CRM) berfungsi untuk membantumu dalam mengetahui bagaimana perilaku pelanggan serta solusi atas tantangan yang mungkin terjadi.

Melakukan Segmentasi Pengguna

Melakukan segmentasi pengguna ke dalam beberapa kategori berdasarkan pola perilaku umum juga penting dalam menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.

More Coverage:

Mengetahui Strategi Pemasaran yang Tepat

Jangan lupa untuk memastikan bahwa strategi pemasaran yang kamu lakukan telah tepat dan efektif. Sebab, apabila terjadi kesalahan maka akan menghambat pelanggan untuk berinteraksi.

Memilih Alat Bantu Optimasi Pemasaran yang Tepat

Kamu juga perlu menggunakan alat bantu optimasi pemasaran yang tepat untuk mengimplementasikan strategi yang kamu gunakan. Namun, jangan lupa lakukan analisis secara menyeluruh dalam memilih mana alat bantu yang kamu anggap paling tepat sesuai kebutuhanmu.

Fokus pada Pelanggan

Omnichannel memiliki kunci untuk fokus pada pelanggan. Oleh sebab itu, lakukan pendekatan customer-centric dengan merancang strategi berdasarkan kebutuhan dan minat pelangganmu.

Nah, itulah penjelasan mengenai omnichannel, mulai dari pengertian, manfaat, hingga strateginya. Jangan lupa juga untuk tetap memerhatkan pendekatan lainnya agar strategi yang kamu gunakan lebih maksimal.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again