Orami Luncurkan Fitur Same-Day Delivery

Orami Luncurkan Fitur Same-Day Delivery

Same-day delivery disajikan menggunakan kurir internal, layanan yang paling mendekati adalah Go-Kilat
Tidak banyak layanan e-commerce yang berani menawarkan fitur same-day delivery / Flickr - Matthew Oliphant
Tidak banyak layanan e-commerce yang berani menawarkan fitur same-day delivery / Flickr - Matthew Oliphant

Orami, hasil merger Bilna dan Moxy, meluncurkan fitur pengiriman VIP berupa same day-delivery atau pengiriman (dan penerimaan) di hari yang sama. Kami belum mendapatkan konfirmasi kota-kota mana saja yang mendapat fitur ini, tetapi kami berasumsi setidaknya diuji coba di Jabodetabek terlebih dahulu. Sebelumnya tak banyak layanan e-commerce yang berani menawarkan fitur ini. Tokopedia dan Go-Jek dengan program Go-Kilat adalah salah satunya.

Same day-delivery kami persiapkan untuk membuat pengalaman berbelanja pelanggan menjadi lebih mudah dan cepat. Hal inilah yang menjadi dasar dari visi kami dan fitur ini adalah salah satu prioritas dalam strategi inisiatif kami,” ujar Hendrawan Kartika, Chief Operating Officer Orami, dalam keterangan resmi yang diterima DailySocial, Senin (18/7).

Dia mengatakan tidak semua kebutuhan produk sehari-hari cocok untuk diberikan pelayanan same-day delivery. Namun, bagi pelanggan Orami, di mana sebagian besar adalah wanita karier dan ibu rumah tangga, hal itu sangat dibutuhkan.

“Selain Orami, mayoritas pelaku e-commerce di Indonesia tidak dapat menawarkan opsi pengiriman yang cepat seperti ini. Ini menyebabkan hilangnya belanja online di benak masyarakat sebagai pilihan untuk berbelanja khususnya terkait dengan produk yang dibutuhkan secara mendesak,” ujarnya.

Hendrawan melanjutkan, tantangan terbesar sebuah layanan e-commerce ketika menawarkan layanan pengiriman kilat adalah ketersediaan produk. Hendrawan mengklaim Orami memiliki stok tersendiri yang selalu tersedia di gudang atau hubs di beberapa kota sekitar Jakarta.

“Di Orami, kami memiliki tim dan infrastruktur yang terdedikasi untuk same-day delivery service mulai dari gudang dan distribution center hingga tim kurir internal.”

Pihaknya mengklaim, selama beberapa minggu terakhir, keterlambatan pengiriman tidak pernah terjadi. Namun, apabila terjadi, Orami akan memberitahukan konsumen dengan cepat, menjadwalkan pesanan untuk dikirim esok harinya, dan membebaskan biaya klaim.

Untuk mitra distribusi ke seluruh Indonesia, Orami telah bekerja sama dengan JNE, SAP Express, dan First Logistics.

Persaingan pengiriman kilat

Dari semua e-commerce B2C di Indonesia, Orami menjadi layanan e-commerce pertama yang mengusung layanan tersebut menggunakan kurir internal. Lazada Express hanya menawarkan layanan next-day delivery dan berlaku pada hari kerja saja.

Service grocery e-commerce, seperti Go-Jek dan Happy Fresh juga telah menawarkan same-day delivery, tapi kedua perusahaan tersebut tidak memiliki stok, mereka membelinya dari toko/pasar swalayan yang ada di sekitarnya.

Go-Kilat yang disajikan Tokopedia dan Go-Jek adalah satu-satunya layanan yang paling mendekati fitur same-day delivery ini.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…