1. DScovery

Orientasi Adalah: Jenis, Manfaat, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan

Biasanya kegiatan tersebut diisi dengan berbagai kegiatan seru dan menantang

Pernah mendengar kata orientasi? Pada dasarnya kata tersebut bukanlah kata yang asing, terutama dalam dunia pendidikan. Pada setiap awal tahun ajaran baru, siswa yang baru naik ke jenjang berikutnya menjalani serangkaian orientasi.

Jadi apa itu orientasi? Apa tujuan dari orientasi? Fase atau proses induksi ini biasanya dimana siswa baru dikenalkan dengan sejarah sekolah dan berbagai hal yang berkaitan dengan sekolah.

Dengan demikian diharapkan akan memudahkan siswa baru dalam menyelesaikan kegiatan belajar atau bersosialisasi dengan teman-teman satu sekolah. Nah, jika kamu bertanya-tanya tentang orientasi menyeluruh. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Definisi Orientasi

Pada dasarnya pengertian orientasi adalah sikap dan perilaku terhadap orang lain untuk menciptakan keharmonisan di tempat yang baru. Orientasi tidak hanya bermanfaat, tetapi juga meningkatkan kinerja seseorang saat berhadapan dengan tempat baru sehingga bisa lebih maksimal.

Berdasarkan pemahaman tersebut, dapat disimpulkan bahwa mengenal dunia pendidikan sangat membantu untuk mempresentasikan latar belakang pendidikanmu, kemudian bertemu dengan siswa baru dan menciptakan suasana yang lebih akrab untuk membantu mencapai tujuan yang diharapkan.

Pada masa orientasi siswa, atau sering disingkat menjadi MOS, biasanya siswa baru dikenalkan dengan lingkungan sekolah. Dalam proses ini, sekolah menerima siswa baru.

Biasanya kegiatan tersebut diisi dengan berbagai kegiatan seru dan menantang. Hampir semua sekolah melakukan ini. Mulai dari SMP, SMA, hingga Universitas atau Perguruan Tinggi.

Program tersebut dapat dijadikan sebagai wadah untuk melatih kedisiplinan, tekad dan pola pikir serta mempererat persaudaraan sesama mahasiswa baru.

Masa orientasi bisa dilalui dengan wawancara dengan teman sekelas, guru, senior dan staf sekolah lainnya dapat diselenggarakan lebih optimal. Bahkan setelah fase orientasi seseorang bisa mendapatkan pengalaman seru dan menarik.

Penerapan Orientasi

Sebagai sebuah proses pengarahan tujuan dan juga pengenalan kehidupan organisasi, orientasi juga bisa diterapkan di beberapa tempat sebagai berikut:

a. Institusi pendidikan
b. Institusi perusahaan
c. Institusi militer
d. Institusi pemerintah

Secara umum, orientasi digunakan dan diterapkan dalam semua aspek kehidupan manusia, baik formal maupun informal. Pengenalan dan bimbingan umum juga dilakukan ketika seseorang bergabung dengan komunitas atau organisasi tertentu.

Apakah bersifat struktural seperti sekolah atau abstrak seperti lembaga keagamaan? Di lembaga pendidikan, biasanya orientasi sepenuhnya diiringi peraturan tertentu.

Prinsip-prinsip panduan dari beberapa lembaga pendidikan juga berbeda-beda sesuai dengan jenis sekolah dan basis pendidikannya. Orientasi yang dominan dalam pendidikan biasanya berupa bimbingan dan kepemimpinan dalam bentuk pedoman pengaturan dan kepatuhan.

Sementara itu dengan bentuk kelembagaan yang abstrak, seperti lembaga keagamaan, biasanya dijadikan kompas moral bagi orang sebelum mau masuk atau mempelajari suatu agama tertentu. Keyakinan dan perintah dalam lembaga keagamaan cenderung bersifat doktrinal dan dogmatis secara tertutup dan kaku.

Berbeda dengan institusi pendidikan dan agama, keselarasan dalam institusi korporasi cenderung lebih konsisten dengan nilai-nilai organisasi dan job description yang jelas. Ini hampir sesuai dengan jenis orientasi di lembaga pendidikan.

Bimbingan dari perusahaan atau lembaga pemerintah biasanya tentang kepatuhan terhadap persyaratan hukum dan penjelasan lebih lanjut tentang hak dan kewajiban karyawan.

Jenis-jenis Orientasi

Orientasi Formal

Orientasi formal adalah program orientasi yang biasanya dibentuk melalui perencanaan dan penetapan tujuan. Orientasi formal diselenggarakan di bidang pendidikan, pemerintahan dan bisnis untuk memperkenalkan orang baru pada lingkungan.

Orientasi formal diberikan kepada pegawai atau karyawan untuk mengenalkan lingkungan kerja.

Orientasi Individu

Orientasi individu adalah program orientasi terencana bagi seorang individu yang tujuannya untuk membimbing atau memperjelas karir pribadi. Jenis orientasi ini biasanya digunakan untuk eksekutif yang baru bergabung dengan perusahaan atau untuk anggota dewan baru.

Orientasi Spasial

Orientasi spasial mengacu pada kemampuan untuk mengenali lokasi atau arah objek dan titik dalam ruang. Selain itu, orientasi spasial juga biasanya digunakan dalam tes psikologi untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam menempatkan suatu objek.

Orientasi spasial, atau yang sering disebut sebagai kemampuan navigasi, biasanya berkaitan dengan transformasi rangsangan otak ke dalam ruang. Orientasi jenis ini merupakan kemampuan manusia yang kompleks untuk mengikuti posisi tubuh dan juga beradaptasi dengan lingkungan dengan mengubah dan mencari arah.

Orang yang kesulitan menentukan arah dan membaca peta biasanya memiliki kendala dalam orientasi spasial.

Orientasi Serial

Orientasi serial adalah bentuk orientasi yang dicapai dengan menerapkan kriteria dan standar kepada seseorang yang lebih berpengalaman. Hal ini biasanya terjadi dalam pendidikan dimana seorang siswa yang telah diterima dan sebelumnya telah menyelesaikan masa orientasi.

Serialisasi biasanya dalam bentuk simultan dan berkesinambungan. Sehingga orang-orang terlatih terus menawarkan pelatihan lebih lanjut terus menerus.

Orientasi Disjungtif

Orientasi disjungtif biasanya terjadi secara personal, yaitu berupa refleksi diri dan adaptasi diri terhadap orang lain yang berperilaku tidak tepat. Jenis orientasi ini biasanya terjadi ketika seseorang melihat orang lain yang dianggap sebagai panutan yang tidak pantas.

Manfaat Orientasi

Menurut situs Human Resource Oregon State University, dijelaskan bahwa orientasi merupakan salah satu hal penting karena mempunyai berbagai manfaat. Ada beberapa manfaat orientasi yang perlu kamu pahami. Berikut adalah penjelasan selengkapnya:

Memberikan Informasi

Manfaat pertama yang dapat kita peroleh dari pengenalan adalah proses pemberian informasi singkat dan padat yang ditujukan kepada berbagai pihak baru.

Biasanya orientasi berlangsung dalam waktu singkat, sehingga berbagai persoalan yang kompleks tidak dijelaskan dan dipraktekkan secara lebih detail. Namun, pemahaman tentang masalah khusus ini dijelaskan secara efektif dan ringkas.

Mendorong Kepercayaan Diri

Pada dasarnya orientasi adalah suatu waktu atau fase dimana seseorang atau sekelompok orang dapat membangun kepercayaan diri untuk memasuki suatu lembaga baru. Karena orientasi tersebut bertujuan untuk mengenalkan mereka pada lembaga-lembaga baru. Sehingga menutup jarak antar anggota yang masih terisolasi.

Meningkatkan Produktivitas

Individu atau kelompok yang percaya diri memiliki landasan yang kuat untuk bekerja dan bekerja secara produktif. Inilah salah satu keunggulan orientasi, yaitu sekelompok individu dapat bekerja lebih sinergis dan harmonis dengan orang-orang yang telah lama terlibat, tanpa perpecahan atau kecenderungan negatif lainnya.

Meningkatkan Retensi

Manfaat keseluruhan yang kita dapatkan dari pengenalan adalah untuk meningkatkan retensi individu atau sekelompok individu baru di lembaga tersebut. Orientasi dapat memberikan alasan kepada orang baru untuk tinggal dan bertahan di institusi tersebut.

Ini biasa disebut retensi. Orientasi dapat mencegah karyawan berhenti atau meninggalkan pekerjaannya lebih awal. Pada saat yang sama, orientasi dan keterikatan pada siswa menyebabkan keengganan untuk pindah sekolah atau universitas, yang biasanya disebabkan oleh hubungan timbal balik individu selama masa induksi.

Membentuk Komunikasi

Manfaat orientasi selanjutnya adalah terciptanya komunikasi. Hal ini nantinya memiliki makna atau kaitan dengan produktivitas dan juga dengan kerjasama antar orang dalam lembaga tersebut. Baik dalam pendidikan maupun dalam dunia kerja.

Orientasi membentuk ruang komunikasi awal bagi anggota baru. Sehingga proses hubungan berkembang secara alami.

Kelebihan dan Kekurangan Orientasi

Keuntungan Orientasi

Kegiatan orientasi yang bekerja secara efektif juga dapat berkontribusi pada kesuksesan jangka pendek dan jangka panjang. Praktik karyawan dan SDM berikut menawarkan saran tentang bagaimana orientasi karyawan dapat dibuat lebih efektif.

Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi adalah dengan menggunakan praktek orientasi elektronik. Beberapa perusahaan telah menerbitkan informasi orientasi karyawan secara umum di internet perusahaan dan di situs web resmi mereka.

Kekurangan Orientasi

kekurangan yang biasanya muncul dari adanya program orientasi terletak pada pelatih. Meskipun SDM secara efektif membuat program induksi dan melatih manajer untuk membiasakan diri dengan area mereka, hal ini sering kali gagal.

Untuk menghindari kesalahan yang biasa dilakukan oleh manajer, SDM harus memberikan panduan yang jelas tentang apa yang harus dilakukan manajer dalam program orientasi. Pilihan lainnya adalah sistem buddy, di mana karyawan berpengalaman dipekerjakan untuk mengundang karyawan baru.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again