1. DScovery

Outbound Marketing: Pengertian, Proses, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Outbound marketing adalah aktivitas marketing yang dinilai sebagai jenis tradisional dan sangat umum untuk dilakukan.

Sejak strategi marketing memainkan peran yang sangat penting dalam pengembangan bisnis, hal itu selalu menjadi salah satu perhatian utama. Nah, outbound marketing adalah salah satu dari banyak strategi yang diterapkan oleh perusahaan.

Selain outbound marketing, ada juga inbound marketing. Secara umum, kedua metode tersebut dibedakan menurut fokusnya.

Yuk simak pembahasan di bawah ini untuk lebih memahami outbound marketing!

Apa Itu Outbound Marketing?

Outbound marketing adalah metode pemasaran tradisional yang dilakukan dengan mengirimkan pesan kepada calon konsumen tanpa adanya permintaan dari calon konsumen tersebut.

Mengirim email marketing ke telemarketer adalah contoh outbound marketing karena tim marketing mendorong pengiriman pesan ke calon konsumen dan berharap pesan tersampaikan dengan baik.

Dulu, pesan pemasaran ini bisa disampaikan melalui radio, televisi, majalah atau surat kabar. Seiring kemajuan teknologi, pesan pemasaran keluar kemudian mengambil bentuk email atau pesan teks.

Terlepas dari media yang digunakan, cara ini dinilai kurang efektif dari waktu ke waktu. Saat ini, orang dibanjiri sekitar 2.000 pesan pemasaran keluar setiap hari. Selain persaingan dari tim pemasaran lain, konsumen sendiri menggunakan berbagai cara untuk menghindari pesan-pesan ini, dari ekstensi pemblokiran iklan browser hingga filter ID penelepon.

Namun, bukan berarti cara ini tidak bisa memberikan hasil yang optimal. Sebelum kita berbicara tentang bagaimana menerapkan strategi outbound marketing yang sukses, mari kita bahas dulu prosesnya.

Proses Outbound Marketing

Secara umum, proses outbound marketing diterapkan dalam empat tahap di bawah ini.

1. Direct Communication

Direct Communication adalah metode yang digunakan perusahaan untuk berkomunikasi secara langsung dengan konsumen.

Dengan bentuk komunikasi ini, perusahaan menjangkau konsumen secara langsung melalui berbagai media seperti media sosial, email, telepon atau SMS.

Meskipun perusahaan mengirimkan banyak pesan pemasaran, komunikasi langsung biasanya menggunakan strategi personalisasi untuk membuat pelanggan merasa istimewa dan tertarik.

2. Mass communication model

Kemudian outbound marketing disampaikan dalam bentuk model komunikasi ini dengan pemberian informasi kepada banyak khalayak yang posisinya jauh dari sumber informasi.

Seperti yang telah disebutkan, oleh karena itu perusahaan menggunakan media, yaitu jejaring sosial, email atau telepon. Dalam hal ini perusahaan juga dapat menggunakan media lain seperti televisi dan radio.

3. Percepatan ROI

Metode ini dianggap sebagai salah satu cara tercepat untuk mencapai ROI atau laba atas investasi.

ROI adalah pengembalian modal yang ditanamkan di perusahaan.

4. Target tercapai lebih cepat

Diharapkan proses outbound marketing dapat membidik target perusahaan.

Kelebihan dan Kekurangan Outbound Marketing

Mari kita lihat kelebihan outbound marketing. Meskipun dapat dilihat dari penjelasan di atas bahwa outbound marketing mulai ditinggalkan, bukan berarti tidak digunakan untuk promosi. Berikut adalah kelebihan outbound marketing:

• Calon pelanggan lebih percaya pada produk atau layanan karena bentuk iklannya terlihat nyata.

• Kreativitas yang ditumpahkan ke dalam iklan membuat produk atau layanan terlihat lebih menarik.

• Iklan outbond marketing bisa lebih mudah diingat dan bahkan menjadi viral.

• Masih banyak orang yang senang menonton iklan di televisi atau di koran.

Meskipun kelebihan outbound marketing cukup besar, namun masih terdapat beberapa kekurangannya yaitu:

• Kesulitan melacak laba investasi (ROI)

• Meningkatkan teknik pemblokiran (blokir nomor ponsel, pemblokir iklan, filter spam, dan lainnya)

• Biaya mahal

• Terlihat kuno dan ketinggalan jaman.

• Target pemasaran tidak jelas karena langsung dilempar ke masyarakat luas.

• Ditulis untuk persyaratan produksi saja.

• Masih bersifat mencari calon pelanggan.

• Tidak fleksibel dan satu arah. • Dapat menggangu konsumsi konten.

Tips Menjalankan Outbound Marketing

Untuk berhasil menerapkan outbound marketing, pemilik usaha harus menggunakan elemen dan teknik yang berbeda agar strategi pemasaran berhasil.

• Kenali konsumen potensial dan tetapi target

• Miliki tim penjualan yang andal

• Sesuaikan teknik pemasaran dengan karakter calon konsumen

• Gunakan framework tertentu untuk menilai calon konsumen

• Lakukan follow up dan analisis hasilnya

Demikianlah ulasan mengenai outbound marketing. Apakah kamu tertarik untuk memakai metode ini di bidang bisnis mu?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again