1. Entrepreneur

Panduan Lengkap Menggunakan TikTok Shop

Download eBook yang memandu Anda membuat toko di TikTok Shop, mengelola produk dan memasang iklan TikTok Ads

Media sosial semacam Facebook, Instagram dan TikTok awalnya menjadi ajang untuk berjejaring, terhubung dan berinteraksi secara personal. Namun, seiring pertumbuhan penggunanya, media sosial pelan-pelan memiliki fungsi baru yakni sebagai tempat berjualan.

Aktivitas tersebut kemudian disebut dengan social commerce, cara baru membeli barang yang menawarkan interaksi langsung ke penjual sembari tetap bercengkrama di jejaring mereka.

Di Indonesia sendiri, bertransaksi melalui media sosial bukanlah sesuatu yang benar-benar baru. Dalam laporan Populix berjudul “The Social Commerce Landscape in Indonesia”, menunjukkan bahwa 52% masyarakat Indonesia sudah mengetahui akan tren jual beli melalui media sosial.

Salah satu pemain yang serius menempatkan diri sebagai pionir di sektor ini adalah TikTok melalui layanannya, TikTok Shop.

Melalui TikTok Shop, pemilik brand dapat menjangkau konsumen melalui konten-konten yang lebih personal, mengedepankan nilai manfaat dan hiburan sembari menyediakan keranjang belanja.

Sementara di sisi konsumen, mereka dapat membeli produk secara langsung di aplikasi TikTok tanpa harus berganti aplikasi. Konsumen juga dapat memperoleh berbagai konten yang berguna untuk menunjang keputusan pembelian atau memahami produk dengan lebih baik. Interaksi keduanya terjadi dalam satu platform TikTok secara langsung.

Masih dari laporan yang sama terungkap 86 persen responden pernah berbelanja social commerce. Platform paling banyak digunakan adalah TikTok Shop (45 persen), diikuti WhatsApp (21 persen), Facebook Shop (10 persen), dan Instagram Shop (10 persen).

Kondisi ini menjadi pertanda akan besarnya potensi yang ditawarkan oleh TikTok Shop. Pemilik brand dengan berbagai skala sudah semestinya ikut memanfaatkan TikTok Shop untuk meningkatkan brand awereness sekaligus penjualan.

Dailysocial NeoSME sudah menyusun panduan lengkap berisikan 70 halaman step-step menggunakan TikTok Shop mulai dari cara daftar, cara upload produk, manajemen produk hingga memasang iklan di TikTok Ads. Download ebook gratisnya sekarang, klik di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again