1. DScovery

Pasar Persaingan Sempurna: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Contohnya

Pasar persaingan sempurna ditandai dengan penjual dan pembeli yang banyak dan barang yang dijual bersifat homogen.

Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Dalam ekonomi, pasar memiliki struktur yang digolongkan berdasarkan beberapa ciri, seperti jenis produk yang dihasilkan, adanya persaingan dalam industri, dan lain sebagainya.

Nah, kali ini DailySocial.id akan menjelaskan salah satu struktur pasar, yakni pasar persaingan sempurna, mulai dari pengertian, ciri-ciri dan contohnya. Simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Definisi Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna didefinisikan sebagai struktur pasar yang memiliki banyak penjual dan pembeli yang tidak memengaruhi keadaan di pasar. Pasar persaingan sempurna dianggap sebagai struktur pasar yang paling ideal karena menjamin terwujudnya kegiatan produksi barang dan jasa secara optimal.

Penjual dan pembeli dalam pasar ini memiliki jumlah yang sama rata banyaknya, sehingga menjadikan penawaran dan permintaan berjalan seimbang. Maka dari itu, pasar jenis ini disebut sebagai pasar persaingan sempurna, karena persaingan yang terjadi tidak dapat memengaruhi harga barang yang dijual.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna merupakan bentuk pasar paling klasik yang paling sering digunakan dalam analisis ilmu ekonomi. Dilansir dari laman BPMPK Kemdikbud, berikut adalah beberapa ciri-ciri pasar persaingan sempurna, yaitu:

1. Jumlah Pembeli dan Penjual Banyak

Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang paling sering ditemui, karena terdapat banyak penjual dan pembeli yang melakukan transaksi jual beli. Jumlah penjual dan pembeli yang banyak ini membuat harga barang maupun jasa relatif stabil, karena tidak dipengaruhi oleh besarnya jumlah pembelian.

Naik turunnya harga barang dalam pasar persaingan sempurna ditentukan oleh banyaknya permintaan dan penawaran. Semakin tinggi tingkat permintaan, maka harga barang juga akan semakin tinggi.

2. Barang dan Jasa yang Diperjualbelikan Bersifat Homogen

Pasar persaingan sempurna menjual barang yang sifatnya homogen atau dapat digantikan dengan produk lain. Dengan kata lain, barang yang dijual di pasar persaingan sempurna dianggap bermutu sama, sehingga sulit dicari letak perbedaannya.

3. Faktor Produksi Bebas Bergerak

Ciri lain dari pasar persaingan sempurna adalah memiliki faktor produksi seperti bahan baku maupun tenaga modal yang bebas berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Sebab, pasar persaingan sempurna jarang menemui hambatan berupa peraturan maupun kendala teknik.

4. Pembeli dan Penjual Mengetahui Keadaan Pasar

Pasar persaingan sempurna memungkinkan penjual dan pembeli mengetahui keadaan pasar, termasuk mengenai harga barang yang berlaku hingga kualitas dan kuantitas barang. Selain itu, penjual atau produsen juga dapat mengetahui informasi mengenai perubahan harga, penemuan sumber bahan mentah, tingkat upah, dan teknologi produksi.

5. Produsen Bebas Keluar Masuk Pasar

Salah satu ciri yang menjadi keuntungan pasar persaingan sempurna adalah kemudahan bagi produsen untuk dapat keluar masuk secara bebas ke dalam industri. Dalam hal ini, produsen bebas membuka maupun menutup usahanya tergantung dengan kondisi pasar.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Ada banyak contoh pasar persaingan sempurna. Sebab, jenis pasar ini dapat ditemui dengan mudah di Indonesia. Berikut merupakan beberapa contoh pasar persaingan sempurna yang mungkin sering kamu temui.

1. Pasar Beras

Beras merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Dalam pasar beras, besar kecilnya pembelian tidak akan memengaruhi harga beras. Sebab, keseimbangan harga beras tergantung pada jumlah permintaan dan penawaran beras secara keseluruhan.

More Coverage:

2. Pasar Sayur dan Buah

Hampir sama seperti pasar beras, pasar sayur dan buah juga menjadi komoditi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Harga buah dan sayur juga tidak tergantung pada besar kecilnya jumlah pembelian, karena harga jual buah dan sayur merupakan hasil dari kegiatan tawar menawar antara penjual dan pembeli.

3. Pasar Modal atau Bursa Efek

Tahukah kamu bahwa pasar modal atau bursa efek merupakan salah satu contoh dari pasar persaingan sempurna? Hal ini dikarenakan pasar modal sudah memiliki beberapa informasi yang diketahui oleh penjual maupun pembeli. Selain itu, harga jual saham juga tidak dipengaruhi oleh pihak lain.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai pasar persaingan sempurna, dari definisi hingga ciri-ciri dan contohnya. Tentunya, masih ada banyak contoh lain dari pasar persaingan sempurna, karena jenis pasar ini paling mudah ditemui di Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again