1. Startup

Pengembang “Meta Human” GENEXYZ Umumkan Pendanaan Pra-Awal

Investor yang berpartisipasi adalah Future Creative Network, PT Ekonomi Baru Investasi Teknologi, Infia Group, dan Benz Budiman

Startup kreator meta human GENEXYZ mengumumkan perolehan pendanaan pra-awal dengan nominal dirahasikan. Sejumlah investor berpartisipasi dalam putaran tersebut, yakni Future Creative Network (FCN), PT Ekonomi Baru Investasi Teknologi (EBIT) sebagai anak perusahaan BOLA (Bali United), Infia Group (media holding dari Dagelan, Volix, dan Folkative), dan Benz Budiman (Creative Gorilla Capital sebagai strategic investor).

Dana segar akan dimanfaatkan untuk pengembangan teknologi agar semakin mutakhir dan merekrut lebih banyak talenta --- tak hanya untuk teknologi juga seni, yang merupakan bagian terpenting dari GENEXYZ. Perusahaan akan melakukan berbagai kolaborasi menerbitkan IP (intellectual property) unik bersama jajaran investor, mengingat mayoritas investor GENEXYZ adalah pembuat konten.

Secara bersamaan, perusahaan juga mengumumkan kehadirannya ke publik. Startup ini mendeklarasikan diri sebagai pionir untuk agregator virtual influence/human IPs di Indonesia.

GENEXYZ didirikan oleh tiga orang, yakni Belinda Luis (CEO), Christian Melvin (CPO), dan Adrianka (Creative Director) pada pertengahan tahun ini. Mereka bertiga datang dari berbagai latar industri yang saling mendukung satu sama lain dalam meluncurkan GENEXYZ. Belinda lama berkecimpung di dunia teknologi. Sementara, Melvin merupakan pendiri agensi OU Creative, bagian dari FCN dan Anka berprofesi sebagai digital imaging artist.

Ketiganya bertemu pada tahun lalu dan membahas soal ruang lingkup konten, interaksi, dan fungsi pemengaruh yang tak luput dari keterbatasan akses dan skalabilitas. Keterbatasan tersebut, mereka menilai bahwa Indonesia memerlukan solusi berdasarkan teknologi untuk menghubungkan setiap orang secara optimal dan merepresentasikan kredibilitas perusahaan dalam jangka panjang.

Menghadirkan cara baru menjangkau target pengguna

Dalam konferensi pers yang digelar kemarin (30/8), Co-founder dan CEO GENEXYZ Belinda Luis menyampaikan pihaknya meluncurkan GENEXYZ sebagai solusi bagi setiap brand yang membutuhkan voice of market secara optimal di industri kreatif, periklanan, dan ekosistem Web3. Dengan demikian, brand dapat menemukan cara baru dalam menjangkau target konsumer secara tepat dan efisien lewat teknologi meta human.

Perusahaan telah diintegrasikan dengan fitur IP dan teknologi meta human dan memiliki kemampuan untuk dapat bekerja nonstop layaknya robot pintar. Di samping itu, perusahaan juga dilengkapi dengan sistem berbasis data yang memungkinkan pengguna dapat menentukan IP DNA mereka sendiri berdasarkan alur cerita hidup karakter masing-masing dari virtual influencer atau customer service yang ingin dibangun.

“Keunggulan lainnya adalah untuk mengetahui voice of market dan mengontrol narasi, serta keterlibatan komunitas di dalamnya,” kata Belinda.

Melvin melanjutkan, dalam pengembangan meta human, perusahaan memanfaatkan sejumlah teknologi mutakhir yang memungkinkan proses pembuatan lebih cepat. Di antaranya, Unreal Engine yang merupakan alat pembuatan 3D real-time untuk visual foto riil dan pengalaman imersif.

Selanjutnya, Rokoko yang menggunakan teknologi gerak dan sensor grafis 3D yang dapat dipakai untuk membuat adegan kompleks secara langsung, memungkinkan pembuat konten mengubah ruang apapun menjadi tahap penangkapan gerak profesional untuk merekam, memvisualisasikan, dan mengekspor momen.

“Dalam membangun meta human kami ingin hyper realistic, jadi kami mempelajari anatomi tubuh manusia asli dan mengekstraknya agar hasil lebih detail.”

Baru-baru ini, perusahaan merilis IP pertama, hasil berkolaborasi dengan salah satu platform digital musik terbaru, Ujung-ujungnya Dangdut (UUD) dengan menghadirkan penyanyi dangdut virtual pertama yaitu Laverda Salsabila, yang akrab dipanggil Lavcaca. Ke depannya, UUD dan GENEXYZ akan memperkenalkan kecanggihan teknologi ini di generasi muda melalui Mega Tour ke beberapa wilayah Indonesia.

More Coverage:

Tidak hanya itu, GENEXYZ juga turut menghadirkan karakter IP lainnya lewat sederet virtual influencer terbaru, melalui kolaborasi epik bersama Infia dan Volix di tahun ini, serta beberapa rencana pipeline IP lainnya yang masih berlanjut dengan target market e-sport, lifestyle, film, entertainment, dan lainnya.

CEO dan Creative Chairman Future Creative Network Ivan Hadywibowo turut menambahkan, pihaknya sebagai jaringan ekosistem yang menjangkau para pelaku bisnis di bidang teknologi dan kreativitas, akan terus mendukung secara penuh langkah yang dilakukan oleh GENEXYZ dalam melakukan pembaruan-pembaruan fitur di dalam platformnya.

“Kami juga sangat optimis, prospek dalam mengembangkan teknologi meta human ini mampu meningkatkan performa pasar digital secara baik dan menyeluruh,” ucapnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again