1. DScovery

Perbedaan Barang Bebas dan Barang Ekonomi: Pengertian dan Contohnya

Barang bebas maupun barang ekonomi merupakan barang yang sama-sama dibutuhkan oleh manusia untuk kebutuhan hidupnya.

Kita tahu kalau barang bebas dan barang ekonomi keduanya merupakan barang yang sama-sama dibutuhkan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan. Baik dari cara memperolehnya atau pun memproduksinya tentu akan ada perbedaan.

Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian barang bebas dan barang ekonomi. Baru bisa kita ketahui dari mana letak perbedaan yang ada pada kedua barang yang dibutuhkan oleh manusia ini dan apa saja contohnya.

Barang Ekonomi

Barang ekonomi adalah barang yang dapat memenuhi kebutuhan manusia tetapi jumlahnya terbatas. Keterbatasan ini mengacu pada barang dalam jumlah yang sedikit dari minat kebutuhan masyarakat. Karena keterbatasan ketersediaan barang tersebut, maka masyarakat harus berkorban untuk mendapatkan barang tersebut.

Barang ekonomi jumlahnya langka karena ketersediaannya kurang dari jumlah yang dibutuhkan orang.

Barang Bebas

Barang bebas adalah barang yang banyak tersedia dan tidak membutuhkan pengorbanan untuk mendapatkannya / Pixabay

Selain barang ekonomi, ada juga barang bebas dalam ekonomi yang sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Menurut pemahamannya, barang bebas adalah barang yang dapat diperoleh tanpa usaha atau melakukan pengorbanan khusus.

Menurut Pengantar Ekonomi Agoes Parera (2020), Barang bebas jumlahnya berlimpah (tidak terbatas).

Perbedaan dan Contohnya

Salah satu perbedaan antara barang ekonomi dan barang bebas adalah komoditi barang. Contoh dari barang ekonomi adalah pakaian, makanan dan minuman, tempat tinggal, dan jasa kesehatan. Lalu contoh barang bebas adalah oksigen, air, panas matahari, dan sebagainya. Meski semisal air bisa menjadi komoditi ekonomi apabila diperuntukkan untuk orang kota yang tidak sebebas orang yang tinggal di gunung dalam memperoleh air secara gratis.

Baik barang bebas maupun barang ekonomi, keduanya sama-sama dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Padahal, kedua jenis barang tersebut tidak selalu berupa barang, tetapi bisa juga berupa jasa.

Kuantitas Barang 

Jumlah barang ekonomi terbatas. Di sisi lain barang bebas jumlahnya tidak terbatas.Keterbatasan jumlah produk juga dapat dikatakan sebagai kekurangan produk. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah barang ekonomi sedikit.

Namun, jumlah kecil ini pun relatif dan membutuhkan perbandingan. Membandingkan batas komoditas berasal dari jumlah kebutuhan manusia yang terkait dengan barang tersebut.

Apabila kebutuhan manusia terbatas. Maka selama itu ketersediaan barang dapat memenuhi kebutuhan manusia. Bisa diartikan bahwa barang tersebut adalah barang bebas.

Sebaliknya jika suatu barang tidak dapat memenuhi kebutuhan manusia yang tanpa batas waktu tersebut. Maka barang-barang tersebut termasuk dalam kategori barang ekonomi.

Cara Memperoleh

Untuk memperoleh barang bebas Kamu tidak perlu melakukan upaya khusus untuk bisa mendapatkannya. Sedangkan barang ekonomi membutuhkan pengorbanan dan persaingan.

Jumlah barang tidak terbatas adalah faktor yang memastikan bahwa Kamu tidak perlu melakukan upaya khusus untuk mendapatkan barang bebas.

Proses Produksi

Barang ekonomi membutuhkan sejumlah usaha dalam mendapatkan dan proses produksinya. Hanya karena barang ekonomi yang terbatas yang diproduksi tidak secara massal. Selama proses produksi, barang-barang ini memiliki jumlah yang terbatas karena memiliki keterbatasannya sendiri.

Barang bebas dapat digunakan tanpa menggunakan sumber daya ekonomi. Contoh paling sederhana dari barang bebas adalah panas matahari dan udara. Produksinya saja tidak membutuhkan usaha agar bisa diperoleh.

Nah, bisa kita lihat dari penjelasan di atas itulah perbedaan antara barang bebas dan barang ekonomi berikut dengan contohnya. Meskipun begitu keduanya sama-sama dibutuhkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Semoga artikel ini membantu mu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again