1. DScovery

Perfeksionis Adalah: Definisi, Ciri, Peyebab, Manfaat dan Bahayanya

Seorang perfeksionis biasanya mengharapkan kesempurnaan dari dalam atau dari orang lain berdasarkan standar tertentu yang biasanya tidak masuk akal dan terlalu tinggi

Seseorang yang selalu menegaskan bahwa setiap pekerjaan yang dilakukannya pasti memberikan hasil yang terbaik bisa disebut perfeksionis. Tidak ada yang salah dengan keinginan untuk tampil sempurna.

Mungkin perfeksionisme sebenarnya bisa membuat seseorang lebih sukses dalam masyarakat yang selalu kompetitif. Tapi apakah boleh menjadi seseorang yang selalu perfeksionis? Nah, pada artikel kali ini DailySocial.id akan membahas perfeksionisme, ciri-cirinya, manfaat dan dampaknya.

Definisi Perfeksionis

Seperti yang kita tahu, tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa berusaha menjadi pribadi yang lebih baik. Namun, ada perbedaan penting antara yang terbaik di bidangnya dan perfeksionis.

Menjadi orang terbaik dalam bisnis berarti kita harus mengerahkan semua yang kita miliki untuk melakukan pekerjaan yang berbeda. Siapa pun yang bekerja keras dapat mencapai tujuan pencapaian ini. Sehingga kamu termotivasi untuk terus berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Namun, ingin menjadi yang terbaik dalam suatu hal tidak sama dengan menjadi perfeksionis. Seorang perfeksionis biasanya mengharapkan kesempurnaan dari dalam atau dari orang lain berdasarkan standar tertentu yang biasanya tidak masuk akal dan terlalu tinggi.

Mereka adalah sekelompok orang yang bekerja keras atau dikatakan gila kerja dan menginginkan kesempurnaan dalam apapun yang mereka atau orang lain lakukan. Namun sayangnya, perfeksionisme tidak selalu bisa dinilai sebagai sifat atau sikap yang positif.

Biasanya, perfeksionisme didorong oleh rasa takut gagal tanpa menyenangkan orang lain. Selain itu, orang dengan sikap perfeksionis takut ditolak dan dikritik oleh orang lain.

Maka jangan heran jika ingin menjadi seseorang yang sempurna dan tanpa kekurangan bisa membuat mereka lebih mudah stress dan cemas ketika kesempurnaan tidak tercapai.

Terakhir, rasa takut datang dalam bentuk perasaan tidak pernah puas atau bangga. Karena seorang perfeksionis tidak berpikir mereka telah melakukan sesuatu dengan baik, meskipun mereka tidak sempurna.

Itu sebabnya perfeksionis melakukan berbagai hal secara berbeda​​​​​​​​​​​. Jika apa yang mereka lakukan tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan, mereka harus mengulanginya hingga benar-benar sempurna.

Nyatanya, perfeksionis tidak segan-segan mengkritik orang lain atau menuntut agar mereka melakukan pekerjaan yang lebih baik. Mereka sangat fokus pada detail terkecil. Oleh karena itu, mereka cenderung melupakan tujuan tindakan mereka.

Apa yang menyebabkan seseorang menjadi perfeksionis?

Biasanya, perfeksionisme muncul karena ketika kita masih kecil, orang-orang di sekitar kita menilai  kita atas pencapaian dan apa yang sudah kita miliki. Namun tidak hanya itu, masih banyak faktor lain yang dapat menyebabkan seseorang menjadi perfeksionis, diantaranya:

  • Rasa takut yang berlebihan terhadap penilaian orang lain.
  • Memiliki gangguan mental seperti OCD (obsessive compulsive disorder) dan gangguan kecemasan lain.
  • Orang tua yang selalu perfeksionis kerap tidak menghargai usaha yang telah dilakukan oleh sang anak ketika tidak memberikan hasil yang terbaik.
  • Sikap ketergantungan yang sudah terbentuk sejak masih kecil.

Ketika kamu mencapai prestasi yang cukup besar, kamu mungkin merasa kewalahan karen merasa perlu mencapai prestasi yang lebih besar dari sebelumnya.

Itu juga dapat merangsang perfeksionisme dalam diri kamu. Jadi, jika kamu merasa memiliki kualitas yang mengarah pada perfeksionisme hingga stres, coba ubah cara berpikir kamu.

Tidak ada salahnya mencari bantuan dari ahli yang sudah mengetahui masalah ini. Ini karena kamu memiliki sikap dan pola pikir yang lebih positif dalam menetapkan standar dan tujuan sehingga kamu tidak membebani diri sendiri.

Berbagai ciri-ciri seorang perfeksionis

Ada berbagai macam ciri-ciri yang dimiliki oleh orang perfeksionis yang mana perlu kamu waspadai. Di bawah ini adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu adalah orang perfeksionis, antara lain:

Berusaha untuk sempurna di segala hal

Nyatanya, melakukan yang terbaik adalah sikap positif, terutama dalam hal pekerjaan dan karier. Misalnya, seorang koki cenderung menyajikan makanan yang enak dan disukai pengunjung restoran tempatnya bekerja.

Namun, jika ada pengunjung yang hanya memberikan rating 9/10 dan hal itu membuat mereka merasa gagal, sedih dan tertekan, bisa jadi koki tersebut adalah seorang perfeksionis.

Merasa harus menjadi yang terbaik

Nyatanya, menjadi versi terbaik dari diri sendiri adalah hal yang sangat baik. Namun, jika kamu merasa selalu perlu menjadi yang terbaik di antara orang-orang di sekitar kamu, bisa jadi ini adalah salah satu ciri perfeksionis.

Bagi perfeksionis, menjadi nomor dua saja tidak cukup untuk membuktikan bahwa mereka memiliki kualitas yang baik. Padahal, tanda kesuksesan seseorang tidak selalu harus menjadi yang pertama.

Butuh pengakuan

Perfeksionis tidak hanya merasa sempurna, mereka juga membutuhkan orang lain untuk mengakui bahwa mereka adalah orang yang sempurna. Jika selama ini kamu lebih berfokus pada evaluasi bisnis kamu daripada bisnis itu sendiri, kemungkinan perfeksionis dalam diri kamu telah dikompromikan secara serius.

Sulit menerima saran dan kritik

Kata-kata yang tidak menyenangkan atau berbicara tentang diri kita sendiri mungkin tidak mudah diterima. Namun, orang yang hanya berbicara buruk tidak sama dengan orang yang dengan tulus ingin memberikan saran atau kritik yang membangun untuk membantu kamu menjadi orang yang lebih baik.

Secara umum, perfeksionis kesulitan membedakan komentar buruk dari kritik yang membangun. Jadi keduanya sama-sama tidak dapat diterima. Jika kamu berpikir seperti ini, mungkin kesempurnaan batin kamu berdampak buruk pada cara kamu bersikap dan menanggapi komentar orang lain.

Seringkali terlalu kritis terhadap orang lain

Meskipun mereka tidak menyukai kritik, perfeksionis suka mengomentari dan mengkritik orang lain secara berlebihan. Ini mungkin karena keinginan mereka untuk menjadi yang terbaik. Agar hal itu terjadi, mereka berusaha menurunkan citra orang lain demi memperbaiki citra diri sendiri.

Suka menunda pekerjaan

Tahukah kamu bahwa menunda-nunda sesuatu, terutama pekerjaan, bisa menjadi salah satu ciri dari sikap perfeksionis. Hal ini bisa terjadi karena seorang perfeksionis memiliki ketakutan yang besar akan kegagalan. Sebaliknya, mereka ingin menghindarinya dengan menundanya.

Tapi pikiran-pikiran ini pasti akan menyulitkan kamu. Semakin banyak pekerjaan yang tertunda di luar itu, semakin banyak pekerjaan yang menumpuk dan perlu segera diselesaikan. Hal ini dapat menyebabkan stres jika tidak segera ditangani.

Selalu merasa bersalah

Menjadi perfeksionis itu sendiri membuat kamu berpikir bahwa kesalahan kecil yang kamu lakukan adalah bentuk kegagalan untuk menyelesaikan pekerjaan, padahal sudah menjadi sifat manusia untuk melakukan kesalahan.

Itu sebabnya kamu sering merasa gagal karena tidak bisa melakukan semuanya dengan sempurna. Hal ini dapat menyebabkan perasaan bersalah terhadap diri sendiri dan orang lain yang terus muncul kembali. Jika kamu mengabaikannya, kamu tidak akan pernah bisa menikmati hidup.

Manfaat dan Kekurangannya

Di bawah ini adalah beberapa manfaat dan juga kekurangan dari sikap perfeksionis.

Memiliki standar dan kualitas yang tinggi, tapi tidak pernah merasa puas

Sikap perfeksionis biasanya memiliki standar dan kualitas yang cukup tinggi dalam segala hal. Mereka tidak pernah puas melakukan sesuatu yang biasa-biasa saja atau tidak sesuai dengan standar versi mereka.

Itu sebabnya mereka melakukan banyak pekerjaan berbeda yang mereka butuhkan. Hal itu dilakukan dengan maksud untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Sangat teliti, namun memerlukan waktu yang lama untuk sebuah pekerjaan

Perfeksionis dikenal mengharapkan segalanya menjadi sempurna. Itu sebabnya mereka sangat teliti dalam berbagai profesi dan tidak mengabaikan hal sepele sekalipun.

Namun, karena sikap teliti mereka, mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Dapat dikatakan bahwa produktivitas perfeksionis rendah.

Selalu ingin memberikan citra dan image yang baik, tapi mengerjakan suatu hal yang tidak perlu

Seorang perfeksionis tidak ingin terlihat jelek di mata orang lain. Itu sebabnya mereka menempuh jalan yang berbeda dan juga berusaha menyampaikan citra diri dan pekerjaan mereka yang baik. Namun, karena berusaha menciptakan citra yang baik, mereka cenderung melakukan hal-hal yang tidak perlu.

Misalnya, seorang desainer perfeksionis lebih fokus pada pembuatan model atau pola yang terlalu detail. Di mana pelanggan mereka tidak mendapatkannya dan bahkan tidak membutuhkannya.

Ingin semua hal berjalan dengan lancar, tapi mudah stres dan frustasi

Seorang perfeksionis bekerja lebih keras dan membutuhkan waktu lebih lama dari orang pada umumnya. Karena melakukan ini untuk hasil yang sempurna. Dengan cara ini, perfeksionis cenderung lebih mudah stres dan frustrasi ketika hasil yang mereka capai tidak sesuai dengan harapan mereka.

Menjadi seseorang yang kritis, tapi cenderung membuang waktu

Seorang perfeksionis memikirkan segalanya dari atas ke bawah. Kamu kritis dan berpikir dengan hati-hati. Karena mereka membenci hal-hal yang tidak sesuai rencana.

Mungkin pemikir kritis memang diperlukan, tetapi dalam beberapa situasi dan kebutuhan yang biasanya mendesak, kesempurnaan hanya membuang-buang waktu.

Itulah penjelasan mengenai perfeksionis yang harus kamu ketahui. Semoga pengetahuan ini bermanfaat untukmu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again