1. DScovery

PPIC: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab di Perusahaan

Seorang PPIC staff bertanggungjawab dalam proses dan pengendalian produksi secara menyeluruh.

PPIC merupakan salah satu bidang pekerjaan yang biasa ditemui di industri manufaktur. Pasalnya, PPIC selalu berkaitan dengan proses produksi dan persediaan (supply). PPIC staff memiliki tanggung jawab terhadap setiap kegiatan yang berkaitan dengan proses dan pengendalian produksi secara menyeluruh.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan PPIC dan apa saja fungsi dan tugas dari PPIC staff? DailySocial.id akan memberikan penjelasan lengkapnya melalui artikel ini.

Pengertian PPIC

PPIC merupakan kepanjngan dari Production, Planning and Inventory Control. Sesuai kepanjangannya, PPIC merupakan bidang pekerjaan yang bertanggungjawab untuk mempersiapkan proses produksi dari menyiapkan bahan baku hingga akhirnya diproduksi menjadi barang jadi.

Seorang PPIC staff harus mampu menentukan berapa jumlah persediaan bahan baku yang harus diproduksi. Tujuannya, agar barang yang diproduksi bisa sesuai dengan kebutuhan yang akan dipasarkan ke para konsumen.

Oleh sebab itu, dalam menjalankan tugasnya, PPIC biasanya berkaitan dengan divisi marketing. Pasalnya, divisi inilah yang bertugas untuk menentukan estimasi jumlah produk yang akan dijual ke konsumen.

Tugas dan Tanggung Jawab PPIC Staff

Sama seperti bidang pekerjaan lainnya, PPIC staff juga memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab khusus. Dilansir dari mbizmarket, berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab PPIC staff:

Menyiapkan Bahan Jadi

PPIC staff memiliki tanggung jawab untuk menyiapkan barang produksi yang sudah jadi sesuai dengan estimasi yang telah ditentukan oleh pihak marketing. Jumlah tersebut harus tepat dan akurat karena akan didistribusikan langsung ke konsumen.

Meninjau Forecast dari Marketing

Umumnya, PPIC staff berkoordinasi langsung dengan marketing mengenai data forecast untuk menentukan jumlah estimasi barang. Data forecast merupakan data yang berisi perkiraan informasi yang bersifat prediktif untuk masa depan, dengan menggunakan data historis sebagai acuan.

PPIC staff harus mampu meninjau dan melaksanakan kegiatan produksi sesuai data tersebut, agar produk yang dihasilkan terjaga kualitas dan kuantitasnya.

Menghitung dan Memastikan Keperluan Produksi

Tugas utama PPIC staff adalah mengoperasikan dan memastikan kelancaran proses produksi secara menyeluruh, tak terkecuali dengan menghitung dan memastikan apa saja yang diperlukan dalam proses produksi. PPIC staff juga bertanggung jawab untuk memenuhi bahan baku dan material yang dibutuhkan selama proses produksi, agar kegiatan produksi berlangsung tanpa hambatan.

Memastikan Kualitas Barang yang Diproduksi

Selain memastikan kuantitas barang yang diproduksi sesuai dengan data forecast, PPIC staff juga bertanggungjawab dalam memastikan kualitas barang yang diproduksi. Quality control harus dilakukan sebelum dan sesudah proses produksi agar kualitas barang yang dihasilkan terjamin.

Melakukan Penjadwalan Proses Produksi

Terakhir, PPIC staff juga bertugas untuk melakukan penjadwalan proses produksi agar berjalan sesuai waktu yang telah ditentukan.

Skill yang Diperlukan oleh PPIC Staff

PPIC staff juga memerlukan keahlian khusus, sama seperti pekerjaan lainnya. Berikut adalah beberapa skill yang diperlukan oleh PPIC staff.

  • Kemampuan analisis
  • Kemampuan manajemen risiko
  • Kemampuan negosiasi
  • Kemampuan problem solving
  • Kemampuan komunikasi
  • Kemampuan perhatian terhadap detail
  • Kemampuan kepemimpinan

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai PPIC staff. Karena keberadaannya sangat krusial dalam industri manufaktur, apakah kamu tertarik untuk melamar pada posisi ini?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again