1. DScovery

Project Manager: Pengertian, Tanggung Jawab, dan Skillnya

Tanpa project manager, proyek-proyek tidak akan dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Tahukah kamu bahwa seorang manajer proyek atau project manager memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah perusahaan? Proyek tidak dapat berjalan lancar dan sukses tanpa manajer proyek.

Apa sebenarnya posisi manajer proyek? Sederhananya, seseorang yang memimpin proyek besar dikenal sebagai manajer proyek. Posisi penting ini tidak diragukan lagi berperan sebagai orang yang menentukan keberhasilan proyek yang dilaksanakan oleh perusahaan.

Pengertian Project Manager

Project manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengatur, merencanakan, dan melaksanakan proyek sesuai dengan anggaran dan jadwal.

Manajer proyek juga bertanggung jawab untuk memimpin tim, menetapkan tujuan, berkomunikasi dengan pemangku kepentingan, dan melaksanakan proyek dari awal hingga selesai.

Tanggung Jawab Seorang Project Manager

Project manager memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab utama diantaranya:

Memulai proyek seperti memeriksa kelayakan dan menyiapkan anggaran, tim, dan sumber daya

  • Melakukan perencanaan yang mencakup menetapkan tujuan, menentukan peran, dan menjadwalkan tugas berdasarkan kebutuhan pelanggan
  • Memimpin dan memotivasi tim proyek dan pemangku kepentingan
  • Mengelola proyek, termasuk mengkoordinasikan tim proyek agar tetap sesuai jalur dan sesuai anggaran proyek
  • Melakukan pemantauan dan kontrol kegiatan untuk melacak proyek
  • Mengidentifikasi dan mengelola risiko untuk memastikan proyek tepat waktu
  • Membuat perubahan yang diperlukan saat proyek berlangsung
  • Menyiapkan laporan berkala kepada manajemen dan klien
  • Menilai prestasi dan tantangan untuk meningkatkan pembelajaran untuk proyek masa depan.

Skill Project Manager

  1. Komunikasi

Seperti kebanyakan profesi lainnya, komunikasi adalah keterampilan yang sangat dibutuhkan manajer proyek.

Sebagai manajer proyek, kamu harus lebih mahir mengungkapkan pikiran dan mengkomunikasikan pesan-pesan penting. Karena kamu tidak hanya berurusan dengan anggota tim, tetapi juga klien proyek.

Dengan keterampilan komunikasi yang baik, manajer proyek dapat menyampaikan visi, tujuan, gagasan, dan masalah yang mereka hadapi untuk menyukseskan proyek.

  1. Kepemimpinan

Sebagai manajer proyek, diharuskan untuk tahu bagaimana memimpin dengan baik. Mampu memimpin anggota tim untuk mengerjakan tugas-tugas, memotivasi mereka, dan memungkinkan penyelesaian proyek.

  1. Negosiasi

Project manager membutuhkan keterampilan ini saat bekerja dengan supplier, klien, dan pemangku kepentingan lain yang tertarik dengan proyek tersebut.

Negosiasi adalah keterampilan yang juga sangat berguna saat berkomunikasi dengan anggota tim. Terkadang kita harus bernegosiasi tentang tugas yang diberikan, mendiskusikan ide dan keputusan, dan sebagainya.

  1. Manajemen Tim dan Waktu

Sumber daya waktu dan anggota tim adalah dua hal yang sangat penting bagi seorang project manager. Oleh karena itu, sebagai seorang manajer, kamu perlu mengetahui cara terbaik untuk mengelola kedua hal tersebut.

Anggota tim harus bekerja secara efisien dalam tenggat waktu yang ditetapkan. Tenggat waktu ini juga harus dipilih setelah pertimbangan yang matang agar proyek selesai tepat waktu.

  1. Manajemen Risiko

Sebuah proyek mungkin tidak akan berhasil karena banyak risiko yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, project manager harus memiliki keterampilan manajemen risiko.

Dengan bantuan fungsi manajemen risiko, project manager dapat menilai dimana risiko kegagalan tinggi. Mengetahui hal ini, manajer proyek harus memikirkan cara mengatasi kendala tersebut dengan baik.

  1. Paham Teknologi

Pekerjaan project manager terkait erat dengan berbagai teknologi. Teknik-teknik ini dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja tim selama proyek berlangsung.

Tanpa alat yang tepat, sangat sulit untuk menyelesaikan proyek tepat waktu. Jadi, jika kamu tertarik menjadi project manager, penting untuk mengikuti teknologi terbaru yang dapat menguntungkan mu dan tim.

  1. Riset

Riset merupakan hal yang penting bagi project manager. Terkadang ada hal-hal yang tidak kita ketahui tentang sebuah proyek.

Untuk menambah ketidaktahuan ini, diperlukan penelitian menyeluruh agar rencana proyek dapat berjalan dengan baik. Jadi keterampilan ini harus dikuasai.

  1. Penyelesaian Masalah

Kemampuan project manager dalam menyelesaikan berbagai masalah tentunya sangat berguna untuk kelangsungan proyek.

Jika project manager dapat melakukan penelitian yang baik dan mendengarkan umpan balik dari anggota tim, pelanggan, dan pemangku kepentingan, ini seharusnya tidak sulit.

Pengolahan informasi ini sangat berguna untuk menarik sebuah kesimpulan yang dapat menjadi solusi atas kendala dalam proyek tersebut.

  1. Mengelola Biaya

Tentu saja di dalam pelaksanaan sebuah proyek akan ada dikenakan biaya. Biaya-biaya tersebut dikeluarkan oleh Perseroan berdasarkan pertimbangan tertentu.

Tugas project manager juga akan mengelola biaya-biaya ini. Pengeluaran kantor harus dikelola sebaik mungkin agar tidak dibelanjakan secara tidak perlu.

Karena proyek idealnya harus murah, tetapi menghasilkan keuntungan sebanyak mungkin. Project manager harus dapat mengetahui bagian proyek mana yang membutuhkan banyak uang dan memprioritaskannya dan sebaliknya.

  1. Kemampuan Interpersonal

Jangan lupakan pentingnya skill interpersonal yang baik, oke?

Project manager harus percaya diri, membangun hubungan baik dengan semua pihak, dan bekerja sama secara efektif. Dengan percaya diri kamu dapat memotivasi anggota tim dan meyakinkan pelanggan dan pemangku kepentingan.

Tentu saja, hubungan yang baik dengan pihak-pihak penting menjadi kunci keberhasilan proyek. Jadi, tanpa hal ini, sulit untuk mengimplementasikan suatu proyek.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again