1. DScovery

Project Officer: Definisi, Tugas, dan Skill yang Diperlukan

Hari ini kemampuan menjadi project officer sangat dibutuhkan apalagi di berbagai perusahaan.

Project Officer adalah orang yang membantu manajer proyek untuk mewujudkan rencana dalam proyek. 

Inilah mengapa kami mengatakan manajer proyek sangat bergantung pada project officer untuk keberhasilan proyek. Untuk memastikan keberhasilan suatu proyek, perusahaan biasanya mempekerjakan beberapa profesional manajemen proyek, termasuk project officer.

Kami merangkum secara mendetail mengenai project officer pada artikel di bawah ini!

Definisi Project Officer

Project officer adalah seseorang yang mendukung manajer proyek dalam menerapkan atau mengimplementasikan strategi proyek. Tanggung jawab proyek kemudian dikonsolidasikan ke dalam area proyek dan dikelola oleh manajer proyek.

Project officer biasanya bekerja di berbagai industri yang cukup luas, termasuk teknologi, manufaktur, dan perawatan kesehatan. Selain itu, beberapa project officer juga bekerja untuk NPO, nirlaba, LSM, dan organisasi non-pemerintah.

Tugas Project Officer

Meskipun bervariasi di setiap perusahaan, project officer biasanya memiliki tugas sebagai berikut:

Memastikan proyek berjalan sesuai rencana

Salah satu tanggung jawab project officer adalah memberikan arahan kepada pemangku kepentingan agar proyek tetap berjalan sesuai rencana. Dengan demikian, pemilik proyek harus mengadakan pertemuan rutin untuk meninjau proses dan mendiskusikan tugas selanjutnya.

Selain itu, mewajibkan laporan setiap masalah yang muncul selama proyek berlangsung kepada manajer proyek. Project officer juga terlibat dalam proyek pasca-evaluasi.

Mengembangkan proyek perusahaan

Tugas project officer selanjutnya adalah mengembangkan proyek perusahaan. Jika sebuah perusahaan memiliki program, project officer adalah orang yang perlu membantu manajer proyek membuat rencana dan strategi pelaksanaannya. Misalnya, melakukan penelitian dan menemukan sumber daya untuk persyaratan proyek.

Membuat timeline dan penyesuaian

Terakhir, tugas project officer adalah membuat jadwal proyek dengan tenggat waktu untuk setiap bagian. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa semua bagian proyek berjalan sesuai dengan rencana dan arahan manajer proyek.

Project officer juga bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan timeline dengan tim yang terlibat. Oleh karena itu, mereka perlu memastikan bahwa kerja tim berjalan lancar dan baik.

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Project Officer

Pada dasarnya skill yang dibutuhkan oleh seorang project officer harus sesuai dengan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang project manager. Hal ini karena project officer berada dalam posisi mendukung pelaksanaan proyek yang ditentukan oleh manajer proyek.

Berikut keterampilan yang perlu kamu kuasai untuk menjadi project officer yang baik dan bertanggung jawab:

Komunikasi yang baik

Keterampilan komunikasi diperlukan agar dapat berkoordinasi dengan anggota tim lain dan manajer proyek.

Manajemen waktu dan emosi

Project officer adalah orang yang harus selalu mengikuti jadwal pelaksanaan proyek. Itu sebabnya keterampilan manajemen waktu sangat penting agar tidak mengabaikan jadwal atau bekerja melewati tenggat waktu.

Selain itu, agar proyek berjalan lancar, project officer perlu mengelola emosi dengan baik jika terjadi perselisihan atau silang pendapat.

Kepemimpinan yang baik

Meskipun sudah memiliki manajer proyek, biasanya kamu akan menjalankan beberapa proyek sekaligus. Oleh karena itu, manajer proyek menunjuk seorang anggota tim dari departemen proyek sebagai PIC utama atau pemimpin proyek. 

Makanya kamu harus memiliki keterampilan yang baik dalam mengatur yang demikian sebagai project officer agar dapat menunjukkan kepemimpinan yang baik.

Menguasai project management tools

Mengimplementasikan proyek itu tidaklah mudah. Banyak kendala dan proses teknis yang harus dilalui. Selain itu aktivitas proyek biasanya lama sehingga diperlukan alat manajemen proyek untuk memastikan kelancaran implementasi.

Kemampuan dalam pengelolaan proyek

Jika project officer tidak memiliki keterampilan manajemen proyek, mereka akan kewalahan dengan pelaksanaan proyek yang tepat. Bahkan, dia bisa menghambat kinerja anggota proyek lainnya.

Problem solving

Dalam pelaksanaan proyek, karena banyak orang yang terlibat dalam tugas-tugas yang kompleks, sehingga pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah harus gesit dan responsif. Jadi, project officer memerlukan keterampilan problem solving yang bagus.

Nah, itulah mengenai ulasan project officer yang dapat kami bagikan. Semoga artikel ini bermanfat untukmu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again