1. Lifestyle

Quantum Dot, Teknologi Baru Yang Akan Digunakan Televisi LG

Salah satu vendor elektronik yang berbasis di Korea, LG Electronics, dikabarkan tengah menyiapkan beberapa produk baru yang akan mereka pamerkan pada perhelatan Consumer Electroic Show (CES) 2015 pada bulan Januari 2015 mendatang di Las Vegas, AS. Salah satu produk yang akan menghiasi booth LG adalah perangkat televisi yang mengusung teknologi quantum-dot.

Bagi sebagian besar dari pembaca, nama teknologi quantum-dot mungkin terdengar kurang familiar, ini merupakan teknologi baru dari teknologi layar yang menggunakan komponen dari butiran-butiran kristal yang sangat kecil, ukurannya mencapai 2 hingga 10 nanometer.

Namun begitu, butiran ini mampu merefleksikan cahaya dengan sangat detail dengan sifat kristal yang mampu mereproduksi cahaya lebih baik, LG telah membuat butiran ini agar dapat dipadukan pada teknologi layar televisi buatannya agar mampu menayangkan gambar jadi lebih jernih dengan efek warna yang tajam dan nyata.

Sebenarnya teknologi ini bukanlah barang baru, sebelumnya perangkat tablet (atau lebih tepatnya disebut sebagai eBook Reader) yakni Kindle Fire HDX besutan Amazon telah menyematkan teknologi ini pada komponen layarnya. Selain itu produsen elektronik yang berbasis di Tiongkok, TCL, juga telah mengusung teknologi ini pada perangkat televisi besutannya.

Dan kini LG telah menggunakan teknologi yang sama untuk disematkan pada pesawat televisi buatanya, dimana komponen ini dipercaya mampu meningkatkan ketajaman warna hingga 30% lebih baik dibanding layar LCD biasa pada umumnya.

 

Info menarik: 10 Pencarian Terpopuler Google Seputar Gadget dan Aplikasi Pesan di Indonesia Tahun 2014

 

Seperti yang dikutip dari Mashable, masalah utama dari penggunaan teknologi ini adalah kandungan kadmium yang merupakan salah satu unsur kimia berbahaya karena elemen ini beresiko tinggi terhadap pembuluh darah. Kadmium berpengaruh terhadap manusia dalam jangka waktu panjang dan dapat terakumulasi pada tubuh khususnya hati dan ginjal, namun pihak LG mengatakan bahwa teknologi quantum-dot yang dikembangkannya bebas dari bahan kadmium beracun.

Pihak LG berencana untuk siap memasarkan produk TV dengan teknologi layar quantum-dot ini pada tahun 2015 nanti, sehingga perangkat yang dipamerkan pada ajang CES 2015 nanti dipastikan merupakan produk akhir yang akan siap ditemukan dipasaran dan bukan merupakan perangkat purwarupa (prototype).

Sayangnya saat tulisan ini kami buat, pihak LG tidak mengatakan berapa harga untuk pesawat TV-nya itu, namun pihaknya menjanjikan bahwa harga televisi dengan teknologi quantum-dot miliknya akan ditawarkan dengan harga sepertiga lebih murah dari harga OLED TV yang ada saat ini.

Gambar Header: Mashable

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again