1. Lifestyle

Rambah Sistem Kendaraan, Google Umumkan 'Android Auto'

Selain memperkenalkan generasi baru Android L, Google juga memastikan munculnya sejumlah 'program' baru untuk perangkat Android seperti Android One, lalu ada Androit TV dan yang tak kalah baru adalah Android Auto.

Munculnya Android Auto menjadi pertanda Google mulai merambah sistem kendaraan khususnya di sektor piranti lunak. Sekaligus melengkapi sektor-sektor lain yang juga sudah dijamah meliputi ponsel, TV, jam tangan dan sekarang sektor otomotif.

Menurut Google, Android Auto adalah sebuah sistem integrasi yang mengutamakan faktor keamanan karena memungkinkan pengendara untuk mengakses informasi baik berupa sistem navigasi, pesan singkat dan musik tanpa melepaskan tangan dari kemudi. Teknologi di dalamnya dirancang sedemikian rupa sehingga mampu memberikan informasi ketika pengguna menginginkannya.

 

Info Menarik: Android One, Program Google Untuk Sediakan Perangkat Android Rp 1 Jutaan

 

Android Auto dirancang menggunakan teknologi pengelanan suara  Google Now yang telah dioptimalkan, dalam artian pengemudi dapat memperoleh informasi hanya dengan perintah suara. "Ada cara yang lebih baik", ujar Patrick Brady saat membawakan materi Android Auto di salah satu sesi presentasi gelaran I/O. Dalam presentasinya Brady menyoroti angka kecelakaan di jalan raya yang tak sedikit melibatkan perangkat teknologi di dalamnya.

Android Auto lebih aman karena pengemudi nantinya dapat mengakses Google Maps lengkap dengan petunjuk arah dan belokan tanpa harus melepaskan pandangan dari jalan, semua dikendalikan oleh perintah suara.

 

Info Menarik: Respawn Kembali Luncurkan Trailer Game Titanfall Baru?

 

Pengedara juga tetap dapat membalas pesan singkat, hanya dengan men-tap tombol yang ada di panel kemudi. Untuk mewujudkan sistem ini, Google mengatakan bahwa 25 produsen mobil sudah berjanji akan membangun kendaraan dengan dukungan Android Auto. Mobil pertama dengan teknologi ini akan menampakkan diri di akhir tahun 2014 ini.

Untuk itu di saat yang bersamaan Google juga mengumumkan ketersediaan Android Auto SDK, berupa API untuk sistem audio dan pesan.

Selain itu Google juga sudah melakukan kontak ke sejumlah layanan seperti Spotify, Pandora, MLB.TV, Stitcher, dan Pocket Casts guna menyempurnakan Android Auto.

Sumber berita Techcrunch dan Theverge.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again