Red Ocean Strategy: Definisi, Contoh, dan Perbedaan dengan Blue Ocean Strategy

Strategi bisnis di mana perusahaan berusaha untuk lebih baik dibandingkan rival bisnisnya dapat dipayungi dalam istilah red ocean strategy. Apakah sebenarnya red ocean strategy ini?

Kompetisi merupakan salah satu hal yang wajar ditemui dalam bisnis. Terkadang, suatu perusahaan perlu untuk menjalankan berbagai cara untuk dapat lebih unggul dari kompetitor bisnis.Strategi bisnis di mana perusahaan berusaha untuk lebih baik dibandingkan rival bisnisnya dapat dipayungi dalam istilah red ocean strategy. Mungkinkah kamu merasa lebih familiar dengan blue ocean strategy?

Blue ocean strategy merupakan strategi ofensif unik yang dilakukan perusahaan dengan membuat industri atau target market baru dan tentunya belum ada persaingan dalam industri tersebut. Kontras dengan strategi blue ocean, red ocean strategy merupakan cara-cara yang dipakai oleh bisnis dengan banyak kompetitor dan bertujuan untuk bersaing dengan kompetitor tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai red ocean strategy, simak artikel yang membahas pengertian, konsep, contoh red ocean strategy dan perbedaan red ocean strategy dengan blue ocean strategy ini!

Pengertian Red Ocean Strategy

Ilustrasi red ocean strategy | Pexels

Menurut Kim, W. C., dan Mauborgne, R. (2014), red ocean strategy adalah strategi di mana perusahaan berusaha untuk mengungguli pesaing dengan tujuan untuk memperoleh pangsa pasar yang lebih besar.

Red ocean strategy kurang lebih merupakan strategi yang kebanyakan bisnis saat ini lakukan. Hampir semua perusahaan berusaha untuk menyaingi kompetitor mereka dengan berbagai cara, pada misalnya dengan menawarkan produk yang lebih baik, bekerja sama dengan distributor tertentu, dan lain sebagainya.

Perusahaan yang menerapkan strategi red ocean strategy biasanya akan berkompetisi pada suatu industri yang sudah matang dan tidak akan berusaha untuk menciptakan permintaan baru. Persaingan bisnis dari suatu perusahaan tentunya harus sesuai dengan aturan yang berlaku tiap negara.

Di Indonesia, segala aktivitas persaingan usaha diawasi oleh lembaga yang bernama Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Selain itu, adanya kasus persaingan usaha tidak sehat akan  melanggar UU No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Konsep Red Ocean Strategy

Ilustrasi red ocean strategy dalam bisnis | Pexels

Konsep red ocean strategy pertama kali dikenalkan oleh Kim, W. C., dan Mauborgne, R di tahun 2005. Pada dasarnya Kim, W. C., dan Mauborgne, R mengungkapkan bahwalingkup dunia bisnis memiliki dua jenis pasar (market) yaitu red ocean market dan blue ocean market.

Red ocean market adalah pasar yang terdefinisi dengan baik, pasar ini memiliki aturan yang dimengerti semua anggotanya, dan perusahaan dalam pasar ini akan berusaha mengungguli rival dengan cara melawan keberhasilan kompetitor.

Nama red ocean sendiri ternyata memiliki analogi tersendiri. Pasar red ocean merupakan pasar yang mana perusahaan memiliki banyak kompetitor. Ketika persaingan dalam pasar itu cenderung sengit, profit yang diterima oleh perusahaan akan menjadi semakin kecil.

Karena persaingan yang ketat tersebut, dapat terjadi kompetisi ‘berdarah’ antar pelaku bisnis. Nah, karena itulah istilah strategi ini dinamakan red oceanstrategy

Sementara itu, pasar satunya adalah “blue ocean” di mana industri belum terdefinisi dan pasar ini belum memiliki persaingan.  Blue ocean market memiliki potensi untuk menjadi Red ocean market. Hal ini terjadi ketika pasar blue ocean diminati dan akhirnya berjejeran masuk kompetitor-kompetitor baru ke dalam pasar.

Pada misalnya adalah Netflix, Netflix pada awalnya merupakan perusahaan pertama yang menawarkan platform streaming video berbasis user subscription dan tidak memiliki kompetitor lain (blue ocean strategy).

Akan tetapi, saat ini banyak pelaku bisnis yang melakukan penawaran serupa pada misalnya Disney+, IQIYI, Viu, Iflix, dan lain sebagainya (red ocean strategy). Tentunya Netflix perlu untuk menyesuaikan dengan keadaan pasar saat ini untuk tetap bertahan di tengah persaingan platform streaming video ini.

Strategi yang Netflix lakukan untuk lebih unggul dari kompetitor pada misalnya adalah membuat series orisinal berkualitas yang mana hanya Netflix yang dapat mempublikasikan series tersebut. Dengan begitu, konsumen tidak ada pilihan selain memilih platform Netflix untuk menonton series kesayangan mereka.

Contoh Red Ocean Strategy

Contoh dari red ocean strategy sebenarnya dapat dengan mudah kita temukan di sekitar kita. Pada dasarnya, banyak sekali perusahaan yang menerapkan strategi-strategi untuk mengungguli kompetitornya. Dailysocial.id akan memberikan contoh penerapan red ocean strategy pada perusahaan-perusahaan di dalam negeri.

Ilustrasi strategi red ocean | Pexels

Contoh Red Ocean Strategy pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk

PT Indofood Sukses Makmur adalah salah satu perusahaan terbesar di Indonesia dengan misi “A Total Food Solution Company”. Kita dapat melihat bahwa pasar consumer good diramaikan oleh berbagai perusahaan besar seperti Indofood, Mayora, dan Wings.

Untuk dapat bertahan dari pada industri consumer goods dengan persaingannya yang sengit, tentu saja Indofood perlu menerapkan strategi sehingga ia dapat unggul dari kompetitornya.

Strategi yang diterapkan oleh Indofood untuk lebih unggul dari kompetitornya di antaranya adalah dengan pengelolaan integrasi yang sangat baik. Indofood memiliki pangsa pasar yang sangat besar pada produk mie instan (Indomie). 

Hal tersebut terjadi karena brand awareness dan loyalty yang sangat tinggi akan produk Indomie. Tidak hanya itu, dari segi efisiensi value chain Indofood memiliki manajemen yang baik.

Logo Indofood | Indofood.com

PT Indofood memerlukan tepung untuk memproduksi produk mie instannya yaitu Indomie, Supermi, dan Sarimi. Kebutuhan tersebut telah terpenuhi dengan baik oleh anak perusahaan dari Indofood yaitu Bogasari.

Bogasari diakuisisi oleh Indofood di tahun 1995 dan kini ia merupakan produsen terigu terbesar di Indonesia. Akuisisi PT Indofood pada Bogasari ini dinamakan sebagai integrasi vertikal.

Menurut Gamble, J., Thompson Jr, A., & Peteraf, M. (2019), integrasi vertikal adalah di mana perusahaan berusaha menjangkau segala aktivitas yang membentuk sistem rantai nilai pada perusahaan dari pemerolehan bahan baku hingga sampai pada distribusi ke konsumen.

Contoh lainnya adalah Indofood juga memiliki Grup Agribisnis yang memiliki kegiatan meliputi penelitian, pemuliaan benih bibit, pembudidayaan dan pengolahan kelapa sawit. Nah, pasokan kelapa sawit ini kemudian akan dapat dikirim pada produk Bimoli maupun produk Indofood lainnya yang memerlukan sawit maupun minyak.

Strategi integrasi dalam suatu perusahaan adalah salah satu  cara untuk mengungguli kompetitor bisnis. Dengan adanya strategi ini,  perusahaan mampu menawarkan produk yang murah dan hal tersebut akan sangat menarik bagi konsumen. Nah, jadi Indofood memiliki strategi integrasi sebagai red ocean strategy mereka. 

Perbedaan Red Ocean Strategy dan Blue Ocean Strategy

Salah satu perbedaan utama dan yang paling mencolok dari red ocean strategy dengan blue ocean strategy adalah keadaan kompetisi yang dimiliki oleh kedua pasar. Redocean strategy merupakan strategi di mana perusahaan berusaha untuk lebih unggul dibanding pesaing bisnisnya.

Sementara, blue ocean strategy merupakan strategi di mana perusahaan membuat industri baru di mana tidak ada kompetisi di dalamnya.

Kim, W. C., dan Mauborgne, R. menjelaskan secara gamblang mengenai perbedaan kedua strategi bisnis ini. Berikut adalah alih bahasa dari perbedaan red ocean strategy dengan blue ocean strategy menurut Kim, W. C., dan Mauborgne, R.

Perbedaan red ocean strategy dan blue ocean strategy | Kim, W. C., dan Mauborgne, R. Alih bahasa oleh DailySocial.id

Strategi bisnis red dan blue ocean merupakan dua istilah dalam bisnis yang cukup baru dan sangat cocok dengan perkembangan bisnis masa kini. Dewasa ini, banyak sekali bisnis rintisan (startup) yang menggunakan strategi blue ocean strategy.

Walaupun begitu, istilah red ocean blue merupakan strategi yang cenderung sering sekali ditemui dalam suatu bisnis, yakni usaha untuk lebih baik dibanding kompetitor. Menarik sekali bukan? Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai red ocean strategy ya!

Referensi:

Gamble, J., Thompson Jr, A., & Peteraf, M. (2019). Essentials of Strategic Management: The Quest for Competitive Advantage, 6e.

Kim, W. C., & Mauborgne, R. (2014). Blue ocean strategy, expanded edition: How to create uncontested market space and make the competition irrelevant. Harvard business review Press.

Sumber gambar header: Pexels

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again