MSME Tutorial

6 Perbedaan Instagram Reels VS Tiktok, Penting Agar Tidak Salah Strategi Promosi

Instagram Reels VS TikTok, apa perbedaannya?

Perbedaan dari fitur Instagram Reels vs TikTok menjadi topik yang kerap dipertanyakan oleh warganet, terutama pengguna kedua media sosial tersebut, sejak Instagram Reels diluncurkan.

Secara fungsi, Instagram Reels dan TikTok sangat serupa. Lalu, apa yang membedakan keduanya? Simak informasinya pada artikel ini.

Instagram Reels VS TikTok

Setelah TikTok ramai digunakan sebagai platform pembuatan konten bentuk video, kemudian Instagram membuat fitur serupa bernama Instagram Reels. Meskipun terlihat sama, ternyata terdapat perbedaan antara Instagram Reels dan TikTok jika dilihat dari beberapa sisi. Berikut adalah enam perbedaan di antara keduanya.

Durasi Video

Jika Anda mencoba membuat video dengan Instagram Reels dan TikTok, Anda pasti akan melihat perbedaan yang cukup jelas dari segi durasi video. Untuk Instagram Reels, maksimal durasi video yang bisa Anda buat adalah selama 60 detik. Sedangkan TikTok kini telah menambah durasi video yang bisa diunggah yakni selama 3 menit.

 

 

Meskipun Instagram telah menambah durasi video yang semula maksimal 30 detik menjadi 60 detik, namun TikTok masih lebih unggul karena TikTok juga meng-upgrade durasi videonya dari 60 detik hingga 3 menit.

Tampilan

Setelah melihat perbedaan dari segi durasi video, selanjutnya mari lihat perbedaan Reels dan TikTok dari segi tampilan. Dari segi tampilan, Reels dan TikTok memang terlihat hampir serupa. Mulai dari tombol like, comment, share, caption, hingga audio berada pada posisi yang sama.

 

 

Perbedaan yang terlihat hanya ada pada tombol profil di atas tombol like di TikTok yang tidak ada di Reels. Lalu, untuk tema warna, Reels lebih mengusung tema putih dan TikTok lebih dominan ke hitam. Namun, jika Anda menggunakan Instagram dark mode, perbedaan akan sulit terlihat.

Pilihan Musik

Perbedaan selanjutnya adalah perbedaan dari segi audio atau pilihan musik yang bisa digunakan. Untuk pilihan musik, TikTok masih lebih unggul dibandingkan Instagram Reels. TikTok juga terkenal sebagai platform yang sukses memviralkan banyak lagu, entah itu lagu lama atau lagu baru.

 

 

Sedangkan pilihan dan penggunaan lagu pada Instagram Reels sejauh ini masih hanya mengikuti trend pada TikTok.

Fitur Video Editing

TikTok dan Instagram Reels adalah dua platform konten video dimana Anda juga bisa mengedit video secaralangsung. Sehingga, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi edit video pihak ketiga. Dengan menawarkan fungsi tersebut, keduanya tentu memiliki fitur yang mendukung untuk mengedit video.

Pada Instagram Reels, Anda dapat menemukan fitur video editing berupa trimming video, efek, layout, speed, aligning, voice over, menambahkan stiker, serta tulisan.

 

 

Kemudian, sebelum Anda mengunggah video di TikTok, Anda dapat melakukan trimming, menambahkan filter, menambahkan voice effects, melakukan voice over, menambahkan efek pada video, menambahkan tulisan, serta stiker. 

Jika melihat jumlah fitur, Reels dan TikTok termasuk seri. Namun, untuk pilihan efek video serta filter, TikTok memiliki lebih banyak pilihan untuk dipakai oleh penggunanya.

Algoritma Reels VS TikTok

Di TikTok, algoritma dari halaman For You Page (FYP) bekerja secara customized. TikTok akan menyesuaikan video-video pada halaman FYP Anda sesuai dengan interests Anda.

Kemudian, apabila Anda membuat konten dan ingin agar video Anda masuk ke halaman FYP, Anda bisa mengusahakannya dengan cara lebih aktif berinteraksi di TikTok, seperti aktif membuka TikTok, menyukai video lain, mengomentari video lain, dan bentuk interaksi lainnya dengan pengguna TikTok yang lain.

Selain itu, audio yang digunakan juga mempengaruhi apakah video Anda akan masuk FYP atau tidak. Menggunakan audio yang sedang viral akan memudahkan video Anda masuk halaman For You Page. Jika video Anda berhasil masuk ke halaman FYP, itu artinya video Anda berpotensi lebih besar untuk dilihat banyak orang dan banyak orang.

Sedangkan algoritma Instagram Reels sejauh ini masih cenderung berubah-ubah dan belum diketahui apakah ada cara yang bisa dilakukan pengguna agar videonya dapat dilihat banyak pengguna Instagram lain dan menjadi viral.

Variasi Konten dan Pengguna

Selain dari lima aspek di atas, Anda juga bisa melihat perbedaan Reels vs TikTok dari jenis konten dan penggunanya. Di TikTok, pengguna lebih cenderung menampilkan konten yang apa adanya, tanpa dipoles terlalu banyak. Sedangkan pada Instagram Reels, estetika menjadi hal yang penting karena Instagram juga merupakan platform untuk branding.

Selain itu, dari sisi pengguna, TikTok dan Reels juga memiliki perbedaan yang cukup terlihat. Pada Reels, penggunanya tentu mayoritas adalah milenials yang umumnya memang aktif menggunakan Instagram. Sedangkan TikTok lebih didominasi oleh Gen-Z.

Demikian enam perbedaan dari Reels vs TikTok. Apakah informasi di atas menjawab pertanyaan Anda? Semoga selain bisa menjawab pertanyaan Anda, informasi di atas dapat membantu Anda platform konten video mana yang lebih cocok untuk Anda gunakan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter