1. DScovery

Remunerasi: Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Remunerasi merupakan suatu hal yang diberikan perusahaan sebagai apresiasi kinerja karyawannya.

Remunerasi merupakan istilah yang sering digunakan dalam dunia kerja. Istilah remunerasi biasanya berkaitan dengan gaji tambahan sebagai bentuk apresiasi dari perusahaan terhadap kinerja karyawannya.

Remunerasi diberikan oleh perusahaan, baik swasta maupun instansi pemerintah. Biasanya, karyawan yang diberi remunerasi merupakan karyawan yang cakap, berpengalaman, maupun yang berkontribusi lebih terhadap perusahaan.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan remunerasi? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini.

Pengertian Remunerasi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), remunerasi adalah uang yang diberikan sebagai balas jasa untuk pekerjaan yang dilakukan atau imbalan. Remunerasi biasanya diberikan oleh perusahaan kepada karyawan maupun eksekutif perusahaannya.

Remunerasi memiliki dua unsur utama, yakni kompensas dan bonus. Kompensasi merupakan suatu hal yang diterima oleh tenaga kerja baik dalam berupa fisik maupun non fisik. Sementara bonus atau komisi merupakan bentuk imbalan yang diberikan kepada karyawan dengan perhitungan presentase hasil penjualan karena telah mencapai target.

Tujuan Remunerasi

Remunerasi memiliki beberapa tujuan. Adapun tujuan remunerasi adalah sebagai berikut.

1. Memotivasi Karyawan untuk Mengembangkan Diri

Dengan adanya remunerasi, karyawan diharapkan dapat termotivasi untuk mengembangkan potensi dirinya. Hal ini juga diharapkan akan meningkatkan kompetisi antar karyawan dalam hal produktivitasnya. Sebab, karyawan yang memiliki semangat kerja dan produktivitas tinggi akan diberi apresiasi oleh perusahaan.

2. Meningkatkan Kualitas SDM Karyawan

Remunerasi juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM karyawan. Sebab, dengan pemberian pendapatan tambahan akan turut serta mendorong karyawan untuk meningkatkan kualitas kerjanya.

3. Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Pemberian pendapatan tambahan tentunya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan. Dengan kesejahteraan yang meningkat, tentunya produktivitasnya juga akan ikut meningkat.

4. Meningkatkan Keuntungan bagi Perusahaan

Pemberian remunerasi akan berpengaruh pada meningkatnya produktivitas karyawan. Produktivitas yang meningkat akan sebanding dengan keuntungan yang akan didapat perusahaan juga akan meningkat.

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Pemberian Remunerasi

1. Memberikan Pendapatan Sesuai Kinerja

Remunerasi diberikan oleh perusahaan sebagai imbalan atas kinerja yang dicapai oleh karyawannya. Karyawan yang mengerjakan pekerjaannya secara cepat dan tepat yang berpengaruh terhadap perusahaan tentu patut diberikan imbalan tambahan.

Pemberian remunerasi juga penting untuk menjaga loyalitas dan kinerja karyawan. Dengan remunerasi, karyawan akan merasa bahwa kerja kerasnya dihargai oleh perusahaan.

2. Memberikan Bonus untuk Karyawan yang Berprestasi

Remunerasi juga perlu diberikan untuk karyawan yang berprestasi atau meraih pencapaian yang menguntungkan perusahaan. Dengan remunerasi, tentunya akan memicu semangat karyawan lain berlomba-lomba untuk memberikan kinerja yang terbaik.

3. Menaikkan Gaji Karyawan

Salah satu cara untuk menjaga kinerja dan loyalitas karyawan adalah dengan menaikkan gajinya. Besar kecilnya gaji dapat dijadikan sebagai salah satu tolak ukur kualitas karyawan di sebuah perusahaan.

Nah, itulah penjelasan mengenai remunerasi yang telah dirangkum untukmu. Selain diberikan sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada karyawan, pemberian remunerasi juga diharapkan dapat menciptakan hubungan baik antara karyawan dengan perusahaan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again