1. DScovery

Resesi Global 2023, Inilah Daftar Negara yang Diprediksi Lolos

Meskipun resesi global diprediksi terjadi di tahun 2023 mendatang, inilah beberapa negara yang diprediksi lolos.

Beberapa ahli telah memprediksi bahwa resesi global akan melanda beberapa negara di dunia. Meningkatnya suku bunga secara signifikan disertai lonjakan inflasi akibat situasi pandemi dan geopolitik global disebut sebagai pemicunya.

Resesi global adalah penurunan kegiatan ekonomi global yang berlangsung dalam jangka waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Kondisi ini tentunya mengakibatkan berbagai dampak negatif pada perekonomian, seperti naiknya harga kebutuhan, meningkatnya angka pengangguran, melemahnya nilai tukar uang, dan lain sebagainya.

Namun, dari beberapa negara yang diprediksi mengalami resesi, ada beberapa negara yang justru disebut lolos dari resesi. Dilansir dari cnnindonesia.com, berikut beberapa daftar negara yang diprediksi lolos dari resesi global:

1. Indonesia

Indonesia diprediksi memiliki potensi resesi yang cukup kecil. Hal ini dikarenakan pertumbuhan ekonomi Indonesia berhasil mengalami peningkatan. Pada kuartal I dan II, perekonomian Indonesia berhasil tumbuh di atas 5 persen. Angka ini bahkan diprediksi akan semakin meningkat pada kuartal III.

Selain pertumbuhan ekonomi yang meningkat, ada beberapa faktor lain yang dapat menyelamatkan Indonesia dari jurang resesi. Faktor tersebut di antaranya, seperti kinerja ekspor yang masih kuat dan tekanan inflasi yang tidak terlalu berdampak signifikan.

2. Singapura

Hampir sama seperti Indonesia, pertumbuhan ekonomi Singapura dilaporkan mengalami peningkatan sejak awal tahun ini. Pada kuartal I, perekonomian Singapura berhasil tumbuh sebesar 3,8 persen, sementara pada kuartal II berhasil tumbuh mencapai angka 4,4 persen. Dengan kondisi ini, Singapura yakin tidak akan mengalami resesi pada tahun 2023.

3. Malaysia

Tingkat pertumbuhan ekonomi Malaysia diperkirakan mencapai 6,4 persen pada akhir tahun ini. Meskipun angka ini lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi pada kuartal II yang mencapai 8,9 persen, namun Malaysia optimis tidak akan mengalami resesi. Perlu diketahui, pertumbuhan ekonomi Malaysia di kuartal II tahun ini memang telah meningkat signifikan sebesar 5 persen dari kuartal sebelumnya.

4. Vietnam

Vietnam disebut sebagai salah satu negara di ASEAN yang mengalami pertumbuhan ekonomi paling tinggi. Bahkan dalam laporan Bank Dunia bertajuk World Bank East Asia and The Pacific Economic Update October, pertumbuhan ekonomi Vietnam berhasil menyentuh angka 7,2 persen pada tahun ini.

Melesatnya pertumbuhan ekonomi Vietnam didukung oleh pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor, seperti sektor industri dan konstruksi, sektor jasa, hingga sektor pertanian. Bahkan, Kantor Statistik Umum (GSO) Vietnam mencatat ekspor melonjak 17,3 persen menjadi US$282,52 miliar. pada kuartal III 2022.

5. Thailand

Pasca pandemi COVID-19, pertumbuhan ekonomi Thailand dilaporkan bangkit mencapai 2,5 persen pada kuartal II tahun ini. Meski diiringi sejumlah tekanan, namun Thailand optimis tren pemulihan perekonomiannya akan terus meningkat hingga akhir tahun ini.

6. Filipina

Meskipun laju pertumbuhan ekonomi Filipina bisa dibilang melambat dibanding awal tahun ini, namun Filipina mempertahankan proyeksi pertumbuhan ekonominya sebesar 6,5-7,5 di tahun ini. Pertumbuhan ekonomi Filipina juga telah melampaui Indonesia dengan berhasil mencapai angka 8,2 persen pada kuartal I dan 7,4 persen pada kuartal II.

Nah, itulah beberapa negara yang diprediksi berhasil lolos dari resesi global pada tahun 2023. Meskipun dampak resesi mungkin tidak dapat terhindarkan, namun negara-negara dalam daftar di atas tetap optimis dapat mengatasinya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again