1. DScovery

Resolusi Adalah: Pengertian, Contoh, Fungsi dan Cara Membuatnya

Resolusi adalah suatu keputusan tentang sesuatu yang ingin dicapai oleh seseorang.

Menjelang pergantian tahun, istilah yang saat ini sangat populer di kalangan netizen dan menjadi berita hiburan adalah resolusi. Banyak orang kesulitan membedakan antara kata solusi, revolusi, dan evolusi.

Istilah resolusi juga sering dibingungkan. Ketika kita mendengar istilah ini, kita sering membayangkan kualitas gambar dan video yang dihasilkan oleh spesifikasi kamera tertentu. Banyak orang kesulitan membedakan antara kata solusi, revolusi, dan evolusi.

Resolusi adalah keputusan tentang apa yang ingin dicapai seseorang. Orang berkemauan keras berusaha untuk mencapai keinginan mereka. Biasanya pada akhir tahun seseorang membuat resolusi atas kinerja tahun yang akan datang. Pelajari lebih lanjut tentang resolusi dan cara menerapkannya. Simak paparannya di bawah ini!

Pengertian Resolusi

Menurut KBBI, kata resolusi merupakan putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan yang ditetapkan dalam rapat (musyawarah, sidang). Biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. Resolusi juga dapat diartikan sebagai pernyataan tertulis yang berisi permintaan atas suatu masalah.

Secara umum, resolusi berarti janji pada diri sendiri atau keputusan untuk melakukan sesuatu, khususnya untuk memperbaiki perilaku atau gaya hidup di tahun mendatang.

Mengambil keputusan itu mudah karena kamu hanya perlu memikirkan apa yang ingin  dicapai di tahun mendatang. Tekad mencakup harapan dan keinginan untuk menjadi orang baik dan sukses yang membantumu mencapai tujuan.

Selain itu, banyak yang menyatakan tekad itu untuk berubah ke arah yang lebih positif. Perubahan ini sering memanifestasikan dirinya sebagai perubahan sifat atau perilaku yang tidak diinginkan untuk mencapai tujuan yang disepakati atau ditetapkan secara teratur.

Cukup banyak orang gagal dalam mencapai resolusi karena mereka lupa, teralihkan, atau menyerah begitu saja. Resolusi bukan hanya daftar rencana, tetapi juga daftar tindakan yang harus diambil.

Alasan Kenapa Membuat Resolusi

Tiga alasan utama untuk membuat  resolusi dikutip dari Invisibra sebagai berikut:

  • Resolusi Akan Membantumu Mencapai Tujuan yang Diinginkan

Membuat resolusi itu penting karena akan membantu dirimu mendapatkan apa yang kamu inginkan di tahun mendatang. Menetapkan resolusi untuk diri sendiri adalah cara yang bagus untuk menjernihkan pikiran dan menentukan apa yang penting untuk dilakukan.

  • Resolusi Bisa Membuat Kamu Selalu Ingat akan Tujuan

Kamu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi akhir pekan ini, atau dalam lima tahun ke depan. Tetapi kamu dapat membuat rencana dan memutuskan untuk membuat keputusan yang tepat.

Resolusi membantumu tetap pada jalur saat kamu berusaha untuk mencapai impian.

  • Mendapat Dukungan dari Orang Sekitar

Ketika kamu menetapkan tujuan dalam hidup, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan dukungan dari orang-orang di sekitar untuk membantu dirimu mencapai tujuan.

Apa yang Membuat Resolusi Tidak Tercapai?

Pertanyaannya, ketika mau mendekati akhir tahun, kenapa tujuan yang diinginkan belum juga diselesaikan? Ada banyak faktor yang membuat resolusi menjadi tidak mungkin. Itu bisa karena kelalaian, ragu-ragu, kurang usaha, dan lain-lain.

Mengutip dari Pesan Diary Bernie Siegel: Inspirasi, Harapan, dan Cinta (2010: 369), mengatakan resolusi tahun baru itu baik karena setiap orang berhak mengungkapkan harapan baru.

Namun, kegagalan berulang juga harus diterima dengan bijak. Pengertian resolusi adalah saat kamu bisa menerima keterbatasan mu dan mulai mengejarnya. Kamu tidak harus menyerah untuk mencintai diri sendiri ketika terdapat kesalahan yang sudah final atau tidak dapat diperbaiki.

Cara Mewujudkan Resolusi

  • Buat Resolusi yang Lebih Kecil

Kunci kesuksesan nomor satu adalah tetap fokus pada tujuanmu. Kemudian lakukan pemeriksaan realitas dengan cepat. Lihatlah tingkat komitmen yang diperlukan untuk mencapainya dan pertimbangkan apakah kamu dapat mencapainya.

  • Tentukan Resolusi Secara Spesifik

Tanpa adanya beberapa parameter yang dapat ditentukan, niat terbaikmu bisa hilang dalam kekacauan. Semakin kamu menggali resolusi, semakin kamu dapat fokus pada apa yang perlu kamu lakukan untuk menjadi sukses. Menetapkan tujuan kecil dan spesifik juga membuatmu tetap termotivasi. Ini memberikanmu alasan untuk merayakan kemajuanmu.

  • Tuliskan Resolusi

Orang yang menuliskan tujuan mereka lebih bertanggung jawab dan lebih mungkin untuk mencapainya. Gantung resolusimu di cermin kamar mandi atau tulis di jurnal. Membuat jurnal juga membantu dirimu merenungkan kemajuanmu.

Berpikir jujur ​​dapat membantu kamu mengidentifikasi potensi sabotase diri dan pola perilaku.

  • Rencanakan Tindak Lanjut

Resolusi tidak boleh menjadi bagian dari daftar tugas yang sering tidak terpenuhi. Buat rencana anggaran bulanan atau rencanakan kegiatan yang mengarah pada resolusi.

Berdoa setiap hari untuk membuat resolusi pribadi yang telah kamu buat di tahun ini. Sekali-kali kita merenungkan setiap hari dan berdoa tentang resolusi pribadi kita, kita didorong untuk merenungkan semua tindakan hari itu. Apakah itu mengarah pada resolusi itu atau jauh dari resolusi pribadi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again