13 March 2015

by Bambang Winarso

[Rumor] Jegal Samsung dan Apple, LG Siapkan Phablet Kelas Atas, G4 Note

Smartphone LG absen dari ajang MWC tahun ini, menurut rumor vendor yang semarkas dengan Samsung tersebut sudah merencanakan untuk mengungkap smartphone terbarunya, LG G4 di bulan April mendatang. Tapi laporan terbaru menyebut, G4 bukan satu-satunya perangkat yang disiapkan di tahun 2015 ini oleh LG.

Dilansir oleh sebuah media online lokal Koreaherald, bahwa di samping menggodok G4, LG juga sedang bekerja keras untuk mempersiapkan sebuah perangkat high-end lainnya bernama G4 Note yang konon sengaja dirancang sebagai penantang Samsung Galaxy Note dan iPhone 6 Plus buatan Apple.

Jika benar, G4 Note akan menjadi perangkat phablet premium besutan LG yang akan menemani G4 di tahun 2015 ini, namun belum ada informasi apakah keduanya akan diperkenalkan serentak dalam event April mendatang. Dari sumber yang sama dikatakan pihak LG telah mengajukan paten nama perangkat ke kantor Paten Korea bulan lalu.

Sayangnya belum ada informasi soal spesifikasi perangkat phablet LG tersebut. Namun bila berkaca pada spesifikasi yang dibawa oleh para pesaingnya seperti Galaxy Note dan iPhone 6 Plus, setidaknya G4 Note harus mempunyai layar 5,5 inci dan chipset terbaru Qualcomm Snapdragon 810 atau bisa jadi prosesor buatan LG sendiri untuk bisa bicara banyak.

Info Menarik:Olympus Stylus SH-2, Kamera Saku dengan 5-Axis Image Stabilizer

Upaya LG menjegal dominasi Samsung sebenarnya bukan kali pertama dilakukan. Sebelumnya pembuatan LG Optimus G Pro dan G Pro 2 merupakan perwujudan dari rencana tersebut. Namun entah bagaimana keduanya justru menelan pangsa pasar perangkat LG sendiri yang juga mempunyai layar berukuran lebar.

Peluncuran G4 Note ini bisa jadi merupakan duplikasi strategi yang dijalankan oleh Apple yang melepas varian terbaru dalam dua varian di kelas yang berbeda. Samsung pun menerapkan cara ini kendati sebelumnya tidak dalam rentang waktu yang bersamaan, kecuali untuk peluncuran Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge yang memang dilahirkan di hari yang sama.

Kita nantikan dan sama-sama buktikan apakah rumor ini akan menjadi kenyataan atau hanya akan hilang ditelan waktu.

Sumber berita Ubergizmo dan gambar header: Wikimedia.