1. DScovery

Runway: Pengertian, Dampak dan Cara Menerapkannya di Bisnis Startup

Seperti pesawat, sebuah startup juga membutuhkan runway untuk lepas landas sebelum kehabisan bahan bakar.

Pernahkah kamu mendengar istilah runway? Umumnya, istilah runway digunakan untuk menyebut landasan pacu pesawat untuk lepas landas. Jika landasan pacu yang digunakan pesawat terlalu pendek, maka pesawat akan gagal lepas landas. Sebaliknya, jika landasan pacunya terlalu panjang, maka pesawat akan kehabisan bahan bakar sebelum benar-benar melakukan lepas landas.

Sama seperti pesawat, dalam dunia startup, runway adalah istilah lain yang digunakan untuk menyebut jumlah waktu yang dimiliki oleh sebuah startup sebelum kehabisan uang. Startup runway harus diperhitungkan secara benar dan detail, agar terhindar dari kerugian bahkan kegagalan.

Lantas, apa yang disebut sebagai runway dan seberapa penting runway dalam startup? Simak penjelasannya dalam artikel ini!

Pengertian Runway

Pada dasarnya, runway adalah landasan pacu yang digunakan oleh pesawat untuk lepas landas. Mengutip dari Forbes, runway dalam konteks startup adalah jumlah waktu yang dimiliki oleh sebuah startup sebelum kehabisan uang.

Jumlah waktu tersebut merupakan salah satu perhitungan terpenting yang harus dibuat oleh founder startup. Pasalnya, apabila perhitungan yang dibuat benar, maka startup akan memiliki lebih besar untuk mencapai kesuksesan.

Jika sebuah startup tidak memiliki runway yang cukup, maka mereka memiliki risiko yang lebih tinggi untuk gagal dalam mengembangkan produk mereka. Sementara apabila runway yang dimiliki terlalu panjang, maka startup akan berisiko untuk menyia-nyiakan equity atau modal mereka.

Cara Mengetahui Runway yang Dibutuhkan oleh Startup

Agar dapat memperhitungkan periode runway yang tepat untuk sebuah startup, kamu perlu mempertimbangkan dua hal, yakni gross burn rate dan net burn rate.

Gross Burn Rate

Gross burn rate adalah jumlah uang yang dihabiskan oleh sebuah startup setiap bulan. Untuk mengetahui jumlahnya, kamu bisa mengurangi sisa dana dari jumlah dana asli lalu membaginya dengan 12 bulan.

Net Burn Rate

Net burn rate mengacu pada perbedaan antara jumlah uang yang masuk dan jumlah uang yang keluar. Untuk menghitungnya, kamu harus mengurangi penghasilan bulanan perusahaan dari gross brun. Dalam hal ini, kamu bisa mengetahui startup runaway dengan membagi jumlah uang yang kamu miliki di awal dengan net burn rate.

Dampak Startup yang Kehabisan Waktu Runway

Menurut pemodal ventura dan investor profesional, Paul Graham dan Peter Sandberg, yang dikutip dari situs Duitku, runway “zona merah” dimulai pada waktu tiga bulan. Dalam tahap ini, founder startup memiliki posisi yang cukup genting, karena investor cenderung tidak akan berinvestasi di perusahaan mereka.

Apabila sebuah startup kehabisan waktu runway, maka potensi kegagalan akan semakin besar. Maka dari itu, banyak startup yang mengumpulkan uang untuk meningkatkan runway mereka hingga bisnisnya menghasilkan pendapatan.

Cara Memperpanjang Waktu Runway

Salah satu kunci untuk memperpanjang waktu runway adalah dengan mengurangii atau dengan meningkatkan arus kas masuk dan mengurangi pengeluaran. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya.

Memangkas Biaya

Salah satu cara untuk memperpanjang runway adalah dengan memangkas biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Pemangkasan biaya ini dilakukan untuk mengurangi kerugian yang disebabkan oleh produk atau jasa yang tidak menghasilkan profit.

Kamu bisa melakukan hal ini dengan menghentikan produk atau jasa yang kurang laku, memotong jumlah karyawan, hingga mempertimbangkan penggunaan ruang kerja bersama daripada menyewa gedung untuk kantor.

Meningkatkan Pendanaan

Kamu juga bisa memperpanjang runway dengan cara meningkatkan pendanaan. Selain dengan modal ventura, kamu bisa menggunakan alternatif lain, seperti sistem bagi hasil.

Bagi hasil sendiri adalah strategi pendanaan yang dilakukan dengan meminjam uang dari investor dan mengikat pembayarannya dengan jumlah pendapatan yang dihasilkan. Jadi, ketika bisnis berkembang, maka jumlah pembayaran juga akan meningkat.

Membuat Dana Darurat

Mencegah adalah cara terbaik dibandingkan mengobati. Dalam hal ini, perencanaan yang direncanakan dengan baik adalah cara terbaik untuk memperpanjang startup runway. Salah satu bentuk dari perencanaan ini adalah dengan membuat dana darurat. Dengan mempersiapkan dana darurat berarti kamu sudah memiliki persiapan untuk menghadapi kemungkinan terburuk.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai runway pada startup. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa runway adalah sebuah periode yang dimiliki oleh startup untuk lepas landas sebelum kehabisan dana.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again