1. DScovery

Sales Advisor Adalah: Pengertian, Deskripsi Pekerjaan, Skill dan Kualifikasinya

Berbagai tanggung jawab dari sales advisor yang tentunya mereka adalah para profesional dengan keahlian khusus. Tanpa kualifikasi yang memadai, memang sulit untuk menjalankan tugasnya.

Saat ini, sales advisor sangat diminati oleh perusahaan ternama. Layanan ini diperlukan untuk memandu pelanggan dengan lancar melalui proses pembelian. Dengan demikian, peran ini memainkan peran kunci dalam kepuasan pelanggan dan penjualan produk.

Nah, memang apa yang dimaksud dengan sales advisor? Bagaimana tugas dan mengenai hal lebih dalam tentang pekerjaan ini? Kamu perlu simak ulasan artikel di bawah ini!

Apa itu Sales Advisor?

Sales advisor adalah suatu pekerjaan marketing yang juga bertindak sebagai konsultan produk agar calon pelanggan mengetahui fungsi produk dan cara menggunakannya.  Pekerjaan ini disebut juga konsultan penjualan karena selain tugasnya menjual produk, mereka juga memberikan saran untuk membantu pelanggan menemukan produk yang mereka sukai.

Sebagai contoh pekerjaan seorang konsultan, misalnya untuk mencari laptop ketika menjual produk elektronik, seorang sales advisor dapat menanyakan jenis laptop apa yang diinginkan konsumen, kebutuhan kantornya yang biasa, kebutuhan gamingnya, atau kebutuhan multimedia. Jadi peran konsultan di sini adalah merekomendasikan produk yang diinginkan konsumen, biasanya tidak jauh dari spesifikasi laptop.

Maka dalam memasarkan suatu produk, seorang konsultan penjualan berinteraksi dengan banyak orang dan menjadikan mereka sebagai penghubung langsung antara perusahaan dengan calon pelanggan.

Deskripsi Pekerjaan Sales Advisor

Sales advisor harus siap untuk melakukan berbagai tugas yang sejalan dengan tujuan karirnya dalam menjual produk dan meningkatkan keuntungan bisnis.

Tanggung jawab sales advisor tidak selalu sama. Pekerjaan mereka akan disesuaikan dengan kebutuhan penting perusahaan. Namun, ada beberapa tugas yang sama-sama dilakukan oleh semua konsultan penjualan. Lihat pemaparan di bawah ini untuk lebih jelasnya.

  • Mengelola Prospek

Salah satu tanggung jawab utama sales advisor adalah mengelola prospek perusahaan. Mereka perlu mencari pelanggan yang kemungkinan tertarik dengan produk perusahaan.

Mereka juga perlu menjangkau pelanggan dan memberikan presentasi untuk menarik perhatian mereka. Misalnya, sales advisor perangkat medis biasanya menghubungi otoritas kesehatan atau menghadiri konferensi medis untuk memamerkan produk perusahaan mereka.

  •  Mempelajari Produk atau Layanan Perusahaan

Pekerjaan sales advisor selanjutnya adalah secara aktif meneliti produk dan layanan perusahaan. Mereka harus memiliki pengetahuan yang sangat baik tentang produk atau layanan yang mereka jual.

Keahlian ini memungkinkan mereka kemampuan menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin dimiliki prospek. Tidak hanya itu, pengetahuan produk juga membantu mereka menemukan apa yang benar-benar dibutuhkan pelanggan.

  • Mengadakan Training Khusus

Sales advisor bertanggung jawab atas peningkatan skill dan keterampilan negosiasi anggota baru tim penjualan. Mereka juga perlu membantu anggota baru mengembangkan prospek dan mengajarinya cara mempresentasikan penawaran secara efektif.

Tak jarang juga memberikan pemaparan yang rinci bagaimana kelemahan dalam proses penjualan perusahaan dapat diidentifikasi.

  • Mengatasi Keluhan Pelanggan

Mirip dengan customer service, sales advisor memiliki tanggung jawab untuk membantu konsumen mengatasi kendala yang mereka hadapi. Namun, jenis keluhan biasanya yang berkaitan langsung dengan produk atau layanan perusahaan. Kontras dengan customer service yang menangani hampir semua bentuk keluhan.

Pada dasarnya, seorang advisor sangat dibutuhkan perusahaan untuk memberikan masukan kepada seseorang yang mengalami kendala. Jadi ini merupakan tugas yang perlu diperhatikan.

  • Mendampingi Pelanggan

Selain membantu menangani keluhan, peran advisor biasanya diperlukan mulai dari proses awal hingga keputusan akhir pembelian pelanggan. Oleh karena itu, pekerjaan yang satu ini meliputi kemampuan menjelaskan dan memandu produk serta menyarankan keputusan pembelian produk.

Dalam beberapa kasus, konsultan menangani proses pemesanan secara langsung dan dapat dihubungi melalui telepon, email, atau pesan.

  • Mengontrol Product Display

Mengelola semua bagian tampilan produk biasanya merupakan tugas sales advisor yang bekerja di offline retailer. Mereka perlu memeriksa penempatan yang tepat, diskon, label harga, dll.

Jangan biarkan fakta bahwa informasi tentang produk ternyata salah saat mengarahkan pelanggan ke bagian tersebut. Tidak hanya terlihat tidak profesional, tetapi juga bisa membuat frustrasi.

Hal yang sama berlaku untuk toko online yang perlu memeriksa informasi deskripsi produk, tingkat persediaan, diskon, dan informasi penting lainnya.

Skill yang Harus Dimiliki Sales Advisor

  • Menganalisis Peluang

Menganalisis peluang yang baik dapat memberikan prospek dalam mengembangkan pasar, memungkinkan produk yang dijual bersaing dengan pesaing. Jika sudah terbiasa melihat peluang, keuntungan menarik pelanggan akan semakin besar.

  • Pendengar yang Baik

Kemampuan menjadi pendengar yang baik sangatlah penting. Diperlukan memahami apa yang diinginkan pelanggan, sehingga dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka inginkan, dan hal itu akan membuat konsumen lebih tertarik untuk membeli.

  • Kemampuan Bernegosiasi

Seorang sales advisor tidak hanya harus menjadi pendengar yang baik dan memahami masalah konsumen, tetapi juga menjadi negosiator yang baik untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumen. Keterampilan negosiasi dapat membantu dalam meningkatkan penjualan dan menghasilkan keuntungan untuk bisnis.

  • Wawasan Produk

More Coverage:

Salah satu tugas sales advisor adalah mengkomunikasikan informasi produk secara akurat dan detail, sehingga mereka juga perlu menguasai wawasan produk.

  • Paham Teknologi

Sebagai sales advisor saat ini diharuskan dapat menggunakan perangkat teknologi seperti smartphone dan komputer untuk mendukung aktivitas kerja seperti menjalankan promosi, berkomunikasi dan membangun hubungan dengan konsumen, serta menulis laporan kerja.

  • Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang ramah dan sopan juga sangat penting karena membantu menarik pelanggan dan meningkatkan citra perusahaan.

Selain sikap dan keterampilan, tenaga penjualan juga harus memperhatikan penampilan mereka. Tampilkan sesuai standar perusahaan atau tampilkan dengan rapi seperti kenakan kemeja, celana panjang formal, ikat pinggang, sepatu hitam, perhatikan gaya rambut, dan jangan lupakan parfum.

Kualifikasi Sales Advisor

Seperti apa daftar kualifikasi yang perlu dimiliki bila ingin menjadi sales advisor? Berikut adalah penjelasannya sesuai ujaran Workable.

  • Memiliki gelar sarjana
  • Memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang sales, marketing, retail, atau bidang serupa
  • Melek teknologi dengan pengetahuan tentang sistem komputer dan database yang baik
  • Kemampuan produk yang mumpuni
  • Mampu menyeimbangkan pendekatan yang berorientasi pada pelanggan dan hasil
  • Mampu bekerja di lingkungan yang berkembang dengan cepat
  • Memiliki skill konsultasi dan komunikasi
  • Memiliki basic kemampuan customer service

Demikianlah deskripsi mengenai sales advisor. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam memilih karir apalagi di bidang sales advisor.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again