Categories

Opini

SBYPresidenku.com Diluncurkan Hari ini!

Rama Mamuaya - 1 May 2009

Situasi politik di Indonesia pasca pemilu yang berantakan ini memang makin memanas saja. Strategi politik dengan berbagai jurus-pun dilancarkan oleh semua pihak, tak kalah juga Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden RI yang juga tak kalah sibuk mempertahankan tahtanya sebagai orang nomor 1 di negeri ini. Selain gerakan-gerakan politik secara offline, dunia online-pun tak luput didaulat sebagai media untuk memantapkan langkahnya. Presiden SBY dibantu oleh Fox Indonesia hari ini meluncurkan sebuah website SBYPresidenku.com sebagai manifestasi dan wadah bagi komunitas pendukung SBY di ranah daring.

Dan tentu saja saya tidak akan membahasnya dari sisi politik, cukup ayah saya saja yang membahasnya di rumah. Tapi cukup membingungkan juga, atau istilahnya de ja vu dengan situs komunitas milik Obama ketika dulu sedang berebut kursi kepresidenan dengan McCain. Mirip sekali, tentunya dengan sedikit perbedaan.

Kenapa bisa mirip sekali ya? Apakah Fox Indonesia kekurangan ide? Ah.. saya menemukan sebuah alasan yang saya pikir cukup masuk akal.

Bagaimana? Mengerti maksud saya? Ya, saya pikir bangsa kita adalah bangsa yang kreatif dalam banyak hal dan memang sangat membanggakan. Namun ketika pemimpin-pemimpin kita bersikap "kurang kreatif", atau beberapa orang menggunakan istilah "kere-aktif" (kere = miskin), bagaimana mau memberi contoh kepada rakyat untuk menjadi kreatif? Saya tidak bilang menjiplak, saya hanya bilang "kurang kreatif" :)

Selain dari design, kontennya pun kurang lebih serupa dengan sistem membership keanggotaan yang dimasukkan ke dalam kategori dukungan terhadap SBY untuk menjadi presiden, dan juga bisa melakukan donasi untuk SBY dengan beberapa syarat, untuk perorangan dilarang melebih satu milyar, kelompok dilarang melebihi 5 milyar. Agak berbeda dengan strategi Obama yang menyamaratakan sumbangan per anggota sebanyak 5 dollar saja.

Nampaknya memang situs ini masih dalam tahap awal sehingga masih banyak link mati dan konten yang masih berserakan. Tapi overall, not bad lah. Soal efektif atau tidak, kita lihat berapa jumlah sumbangan yag dikumpulkan melalui situs ini.

postingan serupa dari ndorokakung.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter