1. DScovery

Seminar: Pengertian, Tujuan, hingga Fungsi dan Pihak yang Terlibat

Seminar adalah pertemuan kelompok dimana suatu topik dibahas dan ditemukan solusi dari topik atau masalah yang relevan

Kegiatan seminar bukan hal yang asing bagi kamu setelah melewati bangku pendidikan. Bahkan sebagai sebuah acara yang bisa menjadi konsep bagi semua kelompok masyarakat, seminar salah satu hal yang tak asing di dunia kerja.

Kali ini DailySocial.id akan memaparkan mengenai seminar agar kamu semakin paham, konsep kegiatan ini lebih jauh lagi!

Pengertian Seminar

Seminar adalah pertemuan kelompok dimana suatu topik dibahas dan ditemukan solusi dari topik atau masalah yang relevan dengan mempresentasikan solusi dari masalah yang dibahas dan menjelaskannya oleh seorang mentor yang ahli di bidangnya.

Secara etimologis, kata seminar berasal dari bahasa Latin seminary yang berarti tanah tempat benih ditanam.

Ungkapan ini tidak dapat diartikan secara harfiah, tetapi merupakan bentuk konotatif yang lebih berkaitan dengan pengajaran akademik dan pengembangan diri yang dilakukan oleh suatu komunitas atau organisasi pendidikan.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa seminar adalah pertemuan massal yang diselenggarakan dengan teknik-teknik tertentu yang sarat informasi, termasuk diskusi ilmiah, yang bermanfaat bagi banyak pihak.

Tujuan Seminar

Tujuan utama seminar adalah untuk memberikan informasi, pendapat, motivasi atau inovasi kepada peserta seminar. Selain itu, beberapa tujuan seminar adalah sebagai berikut:

  • Memberikan kesimpulan atau solusi dari seminar tersebut adalah untuk memberikan kesempatan kepada para peserta untuk menerapkan pengetahuan atau pemahaman tersebut dalam kehidupan mereka.
  • Seminar merupakan salah satu cara menyampaikan keinginan dan gagasan kepada para seminaris agar informasinya dapat disebarluaskan kepada khalayak yang lebih luas.
  • Tujuan seminar tidak hanya untuk mentransfer dan memperkenalkan pengetahuan baru, tetapi juga untuk memperluas pengetahuan para peserta.
  • Seminar sebagai kesempatan untuk mengasah keterampilan para frater.
  • Seminar sebagai salah satu syarat untuk memperoleh sertifikat pengakuan kehidupan profesional atau kualifikasi.
  • Seminar sebagai tempat atau cara untuk mencari informasi.
  • Seminar sebagai ajang mempererat silaturahmi, pertemanan, jaringan.
  • Seminar ini merupakan upaya untuk melengkapi portofolio.
  • Seminar sebagai salah satu upaya untuk memperkuat rasa percaya diri.
  • Seminar adalah salah satu cara untuk bersosialisasi di forum resmi.

Fungsi Seminar

Fungsi seminar adalah guna menyampaikan sebuah gagasan maupun sesuatu yang baru terhadap para peserta seminar serta berharap para peserta bisa memperoleh ilmu dan nantinya bisa dikembangkan dengan baik guna menyelesaikan masalah.

Contoh Seminar

Seminar dapat dilakukan pada berbagai jenis bidang dan dibedakan berdasarkan maksud dan tujuan tertentu. Beberapa contoh seminar adalah sebagai berikut:

Seminar Nasional

Contoh seminar yang pertama adalah seminar nasional. Seminar ini bersifat nasional dan biasanya diselenggarakan oleh lembaga tertentu yang juga dapat bekerja sama dengan pihak lain. Biasanya mereka yang mengikuti seminar, sebagai peneliti, berbicara kepada masyarakat umum.

Seminar Internasional

Selain itu, contoh seminar adalah seminar internasional. Sama seperti seminar nasional, perbedaannya terletak pada ruang lingkup seminar. Seminar ini memiliki fokus internasional dan biasanya diselenggarakan oleh lembaga internasional. Berbagai pihak dari berbagai negara akan berpartisipasi dalam seminar tersebut.

Seminar Proposal

Contoh ketiga seminar adalah seminar proposal. Saat menjadi mahasiswa akhir, kamu mungkin pernah menjadi salah seorang yang menyelenggarakan seminar proposal ini. Tujuan seminar adalah untuk menyampaikan rencana penelitian tugas akhir oleh mahasiswa di hadapan dosen pembimbing.

Peserta seminar adalah dosen penguji, dosen pembimbing, dosen wali, serta mahasiswa dari prodi yang sama atau lainnya. Seminar ini biasanya menjadi syarat kelulusan mahasiswa.

Seminar Skripsi

Seminar ini adalah seminar lanjutan setelah seminar proposal. Bedanya, jika seminar proposal dilakukan di awal, maka seminar skripsi ini adalah seminar yang dilakukan di akhir. Tujuan seminar adalah untuk menyampaikan hasil penelitian tugas akhir oleh mahasiswa di hadapan dosen pembimbing dan dosen penguji.

Pihak yang Terlibat dalam Seminar

Keberhasilan dari berlangsungnya sebuah kegiatan seminar adalah berkat kerjasama dari beberapa pihak yang terlibat di dalamnya, adapun pihak-pihak yang terlibat dalam seminar antara lain seperti :

Pembawa Acara

Pembawa acara atau pembawa acara adalah orang yang membuka seminar, memperkenalkan pembicara, memoderasi risalah dan mengakhiri proses seminar.

Moderator

Moderator adalah pihak yang bertanggungjawab terhadap proses berjalannya seminar dan mengatur agar seminar berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati.

Pembicara

Pembicara atau pemateri adalah pihak yang menyajikan materi seminar yang sesuai dengan keahliannya.

Audiens

Peserta seminar adalah pihak yang menerima presentasi materi seminar dan memberikan tanggapan mengenai isi materi tersebut.

Notulen

Notulen adalah pihak yang bertanggungjawab untuk mencatat dan merangkum hal-hal penting dalam pembahasan materi seminar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again