Smartphone dengan RAM 6GB Resmi Diungkap

Vivo Xplay 5 Elite dibekali RAM 6GB, sementara varian standar XPlay 5 hanya 4GB

Vivo merealisasikan apa yang menjadi harapan para fans dengan menghadirkan dua smartphoneflagship terbarunya, Xplay 5 dan Xplay5 Elite. Varian kedua adalah smartphone Android pertama di dunia yang menawarkan RAM sebesar 6GB. Bermodalkan RAM sebesar itu, bisa dibayangkan bagaimana kecepatan yang dihasilkan oleh Vivo Xplay 5 Elite dan kemampuannya dalam mengerjakan banyak tugas dalam waktu bersamaan.

Jadi untuk sementara, khususnya dalam hal kapasitas RAM, di atas kertas Xivo Xplay 5 Elite menumbangkan trio flagshipLG G5, Samsung Galaxy S7 bersaudara dan Xiaomi Mi 5 yang sudah melenggang mulus di Tiongkok sana.

Tetapi keunggulan Vivo Xplay 5 Elite tak berhenti di RAM saja. Sederet komponen berteknologi mutakhir juga dibenamkan. Ayo kita bahas satu per satu.

Layar

Duo Vivo  Xplay 5 mengandalkan Gorilla Glass 4 untuk membalut penampang layar selebar 5,43 inci dengan resolusi Quad HD super bening. Tak mau kalah dengan Samsung, Vivo pun merancang jagoannya ini dengan garis desain melengkung di bagian tepi layaknya Galaxy S7 Edge, plus dibangun dari komponen AMOLED yang keseluruhannya dibalut apik oleh mayoritas material aluminium alloy.

Prosesor dan Memori

Di bawah permukaan Vivo juga tak mau tanggung-tanggung. Untuk menyamai kompetitornya, di varian Elite, Vivo membenamkan chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 820 yang dipasangkan dengan penyimpanan internal 128GB berteknologi UFS 2.0 yang diklaim punya kinerja super cepat.

Yang juga cukup mengejutkan, Vivo mengklaim perangkatnya ini mempunyai sistem pendingin cairan custom yang bakal membantu perangkat berada di suhu dingin saat harus memroses sekian banyak tugas, di mana biasanya prosesor akan mengalami peningkatan suhu.

Sementara untuk varian yang lebih rendah, Vivo Xplay hanya mengemas RAM 4GB dan chipset Snapdragon 652. Bagi Anda yang belum familiar dengan chipset ini, ia mengemas prosesor octa-core dengan 4 inti Cortex-A72 berkecepatan 1.8GHz ditambah dengan  4 inti  Cortex-A53 1.4GHz, dan pasangannya berupa kartu grafis Adreno 510.

Kamera

Geser ke bagian kamera, duo smartphone berbasis Android 6.0 Marshmallow ini memperoleh dua buah kamera belakang dan depan masing-masing 16MP dan 8MP. Di kamera utamanya sudah dilengkapi teknologi-teknologi seperti phase-detection AF dan dual-tone LED flash.

Harga

Dikutip dari GSMArena, Vivo Xplay 5 dengan RAM 4GB dan memori internal 128GB bakal dibanderol seharga $565. Sementara untuk varian teratas, Xplay 5 Elite dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB seharga $655. Keduanya bakal mulai dijajakan pada tanggal 8 Maret 2016, sayangnya belum ada informasi ketersediannya di pasar internasional.

Sumber berita Androidheadlines dan GSMArena.