Categories

Gadget

[Rangkuman] Sederet Smartphone yang Membintangi MWC 2018

Dari Samsung, Sony, Nokia, hingga Alcatel

Lukman Azis - 5 March 2018

Pameran gadget akbar tahuanan Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona telah berakhir, namun kemeriahannya seolah-olah masih terasa sampai sekarang. Banyak sekali perusahaan teknologi yang unjuk kebolehan dan mempertontonkan inovasi-inovasi mereka ke depan publik.

Pun demikian dengan sejumlah pabrikan ponsel yang tak ketinggalan memanfaatkan momen ini untuk meluncurkan smartphone terbaru mereka. Berikut ini rangkuman pengumuman smartphone yang menjadi ‘bintang’ di MWC 2018 yang mungkin tak boleh sampai Anda lewatkan.

Samsung

‘Raja smartphone‘ asal Korea Selatan ini resmi meluncurkan flagship seri Galaxy S mereka, apalagi kalau bukan Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+. Mereka mencuri perhatian karena membawa inovasi kamera yang canggih dengan lensa dual aperture, perekam video super slow-mo 960fps, dan AR Emoji.

Sebagai informasi, bahkan Samsung Galaxy S9+ telah berhasil menggeser Google Pixel 2 dan menjadi kamera smartphone dengan rating tertinggi di DxOMark dengan skor 99 poin.

Sony Mobile

‘Bintang’ MWC 2018 selanjutnuya dari Sony, pabrikan ponsel yang berbasis di Jepang itu resmi merilis smartphone bezel-less perdana mereka yaitu dua bersaudara Xperia XZ2 dan XZ2 Compact.

Keduanya begitu menarik karena membawa banyak perubahan dibanding pendahulunya. Mulai dari desain baru yang disebut Ambient Flow dengan punggung yang agak melengkung, aspek rasio layar 18:9 dengan bezel tipis, kamera Motion Eye, dan tentu saja sudah bertenaga chipset terkuat dari Qualcomm Snapdragon 845.

Tapi yang paling menarik bagi saya ialah Xperia XZ2 Compact, dengan layar 5 inci Full HD beraspek rasio 18:9 dan bezel tipis, membuatnya menjadi smartphone berlayar kecil dengan spesifikasi monster.

Nokia

Mengakhiri tahun 2017 dengan ‘manis, HMD Global pemegang lisensi merek Nokia membuka lembaran baru dengan penuh percaya diri. Mereka resmi mengumumkan empat smartphone dan satu feature phone.

Adalah Nokia 8 Sirocco, Nokia 7 Plus, Nokia 6 2018, Nokia 1, dan feature phone Nokia 8110 4G atau dulu lebih dikenal dengan ‘Banana Phone‘. Menjual ‘nostalgia’ tampaknya merupakan strategi jitu guna menarik pengguna lama di masa kejayaannya dulu.

Asus 

Smartphone besutan Asus juga tak kalah dinanti-nanti dan mereka akhirnya resmi meluncurkan seri terbaru jajaran Zenfone 5. Tampak depan, tampilan Zenfone 5 dan Zenfone 5Z amat mirip dengan iPhone X, namun tetap dengan punggung yang sangat khas Asus – Anda langsung tahu begitu melihatnya.

Teruntuk Zenfone 5Z, Asus membenamkan chipset Snapdragon 845 yang dijodohkan dengan pilihan RAM 8GB dan penyimpanan 256GB untuk varian teratas. Satu lagi ada Zenfone 5 Lite atau Zenfone 5Q, versi dari model standar yang disederhanakan.

Alcatel

Sesuai janjinya, Alcatel mencoba membawa tren aspek rasio 18:9 ke lebih banyak pengguna. Total ada lima smartphone layar penuh ramah di kantong yang lahir di MWC 2018.

Adalah Alcatel 5, 3V, 3X, 3, dan 1X. Perusahaan Perancis yang berada di bawah bender TCL Corporation itu juga membekali fitur face unlock yang disebut face key dan beberapa dari lima smartphone di atas dibekali sistem kamera ganda – tapi sekedar memuaskan keinginan pasar saja.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter