Categories

Interview

Sekolah.mu Ramaikan Industri Edtech, Usung Konsep “Blended Learning”

Turut berpartisipasi dalam inisiatif Kartu Prakerja

Prayogo Ryza - 15 May 2020

Sekolah.mu merupakan salah satu platform teknologi pendidikan yang beroperasi di Indonesia. Memulai kiprahnya sejak tahun 2019, mereka mengusung konsep blended learning (memadukan pembelajaran online dan offline) dengan variasi program di berbagai jenjang pendidikan. Sekolah.mu juga menjadi salah satu platform yang ditunjuk pemerintah untuk pelaksanaan program kartu prakerja.

COO Sekolah.mu Radinka Qiera kepada Dailysocial menjelaskan bahwa platform dan layanan mereka dirancang dengan memadukan keunggulan kurikulum, kekuatan teknologi, dan relevansinya dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam kegiatan pendidikan, karier, dan kehidupan profesional peserta didik di masa mendatang.

“Program belajar-mengajar di Sekolah.mu didesain secara personal dan fleksibel untuk memungkinkan penggunanya mengembangkan lebih banyak kompetensi dan meraih prestasi lebih tinggi. Seluruh program yang ada di Sekolah.mu disusun berbasis kompetensi untuk meraih prestasi di masa depan dan dikemas dengan personalisasi, mulai dari pemilihan program hingga penilaian yang terakreditasi secara resmi dan telah teruji selama lebih dari 20 tahun,” terang Radinka.

Berada di bawah naungan PT Sekolah Integrasi Digital, Sekolah.mu sudah satu tahun berjalan dan berhasil memiliki 500 program belajar dari lebih dari 100 mitra korporasi dan dunia industri serta memiliki 500 mitra sekolah.

[ID COMM] Sekolah.mu - Dashboard Website

Produk dan kartu prakerja

Sekolah.mu saat ini tercatat memiliki dua produk, Kelas.mu dan Karier.mu. Kelas.mu ini dirancang untuk membantu meningkatkan kemampuan literasi, matematika, dan sains para penggunanya. Juga dilengkapi kegiatan praktik. Fitur Kelas.mu ini dirancang untuk murid dari tingkat pra-sekolah hingga mahasiswa.

Sementara itu Karier.mu merupakan layanan yang menawarkan proses pengembangan keahlian melalui program magang dan mentoring, sehingga pengguna siap memasuki dunia kerja. Pihak Sekolah.mu mengklaim telah menyediakan pakar di berbagai bidang yang berasal dari ratusan perusahaan dan universitas untuk membantu pengguna berkembang.

“Fitur ini menyediakan pendidikan vokasi yang terintegrasi bagi siapa pun yang ingin menyiapkan diri untuk memenuhi tuntutan berbagai profesi yang tersedia saat ini, maupun profesi di masa depan yang belum bisa diprediksi,” lanjut Radinka.

Sekolah.mu adalah salah satu platform pembelajaran yang ditunjuk pemerintah sebagai mitra penyelenggara pelatihan kartu prakerja. Di dalam situsnya Sekolah.mu juga memiliki laman khusus untuk pengguna kartu prakerja.

Disinggung mengenai kegaduhan mengenai penyelenggaraan pelatihan kartu prakerja, pihak Sekolah.mu menjelaskan bahwa mereka membantu pemerintah dalam kurasi ratusan mitra lembaga pelatihan, sekolah vokasi, dan profesional dalam memberikan layanan pendidikan dan keterampilan.

“Program-program Sekolah.mu yang disediakan bagi peserta Kartu Prakerja telah mengikuti standar prosedur dan ketentuan yang telah diatur oleh Kemenerian Koordinasi Bidang Perekonomian RI dan diawasi oleh Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja,” terang Radnika.

Sekolahmu di tengah industri edtech yang kian ramai

Dalam dua tahun terakhir industri edtech Indonesia menjadi sorotan banyak pihak. Baik itu investor maupun masyarakat umum. Akhirnya, munculah nama-nama penyedia layanan ke permukaan, mulai dari Ruangguru, Skill Academy by Ruangguru, Zenius, Pahamify, Dicoding, Kode.id, MauBelajarApa dan lain-lain.

Tak hanya menyasar sektor pendidikan formal, para pemain tersebut juga ada yang fokus pada pendidikan keterampilan, baik teknik, seni, maupun lainnya. Bukan tidak mungkin dengan banyaknya pemain di industri ini membawa dampak positif bagi ekosistem pendidikan di Indonesia. Tinggal bagaimana penerimaan masyarkat dan kualitas yang diberikan para penyedia layanan.

Pihak Sekolah.mu sendiri menegaskan bahwa mereka saat ini berpegang pada visi “Kolaborasi untuk Masa Depan Pendidikan Indonesia” dan fokus untuk mendorong pengembangan kualitas pendidikan di Indonesia yang merata dan mudah diakses oleh semua.

“Sekolah.mu akan fokus pada program-program pengembangan karier dan program belajar untuk siswa PAUD yang dapat dilihat pada laman resmi Sekolah.mu,” tutup Radnika.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter