1. DScovery

Staycation Adalah: Pengertian, Tren dan Cara Menikmatnya

Staycation menjadi salah satu aktivitas rehat sejenak khususnya bagi para pekerja kota besar, tapi sebenarnya apasih definisinya?

Tren staycation yang sebenarnya sudah berlangsung lama, pasca pandemi semakin merebak. Tidak bisa dipungkiri, berdiam diri terus di rumah juga bisa menimbulkan efek ruwet dalam pikiran. Terlebih jika kamu adalah masyarakat kota besar.

Obrolan mengenai staycation sebenarnya sudah banyak dituliskan. Namun kamu sendiri sebenarnya tau gak sih apa itu staycation? Jika belum, maka penjelasan oleh DailySocial.id berikut ini akan menjawabnya untukmu.

Pengertian Staycation

Arti Staycation sendiri berasal dari dua kata bahasa Inggris, yaitu "stay" dan "vacation". Stay yang berarti "tinggal" dan vacation yang memiliki arti liburan. Penggabungan ini dapat menerjemahkan diksi staycation artinya sebagai aktivitas berlibur dengan menetap di suatu tempat.

Sementara menurut Cambridge Dictionary, definisi staycation adalah liburan yang dilakukan di rumah atau di dekat rumah tanpa perlu melakukan perjalan jauh.

Meskipun dapat dikatan trend staycation baru meledak di Indonesia beberapa tahun belakangan ini, di Amerika Serikat tren ini sudah ada sejak tahun 2003. Selain itu, tren di Indonesianya sendiri biasa ditemukan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, maupun Medan.

Umumnya, pilihan lokasi favorit dari kegiatan ini adalah hotel, apartment, dan villa. Hal ini karena beberapa akomodasi tersebut sudah menyediakan fasilitas yang lengkap, dan mampu memberikan suasana daripada menghabiskan hari libur berdiam diri di rumah.

Lokasi hotel atau apartment yang berdekatan dengan pusat hiburan lainnya seperti mall atau kawasan kuliner menjadi nilai tambah.

Staycation sendiri bisa dilakukan sendiri, bersama teman-teman, atau bahkan bersama keluarga. Baik untuk mengisi hari libur, menghabiskan akhir pekan atau merayakan sesuatu seperti annivesary pernikahan dan ulang tahun, staycation kerap menjadi salah satu alternatif pilihan yang menarik.

Konsep Staycation

Budget yang terjangkau dan waktu liburan yang terbatas menjadi salah satu alasan mengapa konsep staycation begitu populer. Ini bukan konsep aslinya, tapi ini tentangnya. Stay atau tinggal di sisi lain, adalah "cara ekologis" untuk menghabiskan liburan atau liburan.

Karena polusi lebih sedikit, menghemat uang dan tidak berkontribusi terhadap degradasi lingkungan seperti yang sering terjadi di tujuan wisata populer.

Konsep staycation lahir saat krisis ekonomi AS 2008. Karena itu, banyak rumah tangga yang terpaksa membatasi pengeluarannya, seperti membatasi anggaran liburan. Karena minimnya dana untuk jalan-jalan ke luar negeri, banyak orang mulai menemukan hal-hal menarik di sekitar mereka.

Pada saat yang sama, tumbuh kesadaran akan dampak lingkungan yang terkait dengan pariwisata, terutama transportasi. Begitu juga persepsi bahwa semakin menarik suatu tempat atau negara, semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Pada akhirnya, menginap sepertinya merupakan solusi yang sangat baik untuk tantangan ini tentu saja, merupakan cara terbaik untuk menghemat uang dan menghargai lingkungan sambil menikmati liburan yang menyenangkan.

Alasan Staycation Menjadi Pilihan Liburan yang Digemari

Perencanaan yang lebih mudah

Alasan pertama staycation lebih populer adalah karena tren liburan ini jauh lebih mudah direncanakan daripada gaya liburan pada umumnya yang diharuskan keluar kota. Tidak perlu khawatir dengan rencana perjalanan kamu, cukup pesan hotel, apartemen, atau vila dan kamu pun siap untuk menginap.

Harga yang lebih terjangkau

Salah satu pertimbangan utama mengapa staycation menjadi pilihan adalah budgeting yang cenderung terjangkau. Kamu gak perlu memikirkan banyak dana untuk tiket perjalanan terutama penerbangan maupun ke tempat wisata tertentu.

Tidak memakan banyak waktu

Karena tidak perlu melakukan perjalanan jauh keluar kota, staycation bisa dilakukan tanpa perlu menunggu libur panjang atau mengajukan cuti. Umumnya cukup dilakukan di akhir pekan untuk staycation di dalam kota. Namun tak jarang jika ada waktu lebih staycation di luar kota yang terdekat juga bisa disempatkan.

Cukup memberikan efek refreshing

Meskipun terkesan sederhana dan cukup menyediakan waktu singkat, staycation juga dipilih sebab tetap berhasil memberikan atmosfer berbeda. Tak perlu jauh-jauh ke luar kota, cukup istirahatkan tubuh dan pikiranm sejenak.

Membantu memperbaiki kesehatan mental

Wabah covid-19 yang memaksa masyarakat mendekam di rumah diakui meningkatkan stres yang bahkan bisa berkepanjangan. Kondisi ini tentu dapat menjadikanmu burnout dan menurunkan produktivitas maupun motivasi hidup dan kerja.

Tubuh pada dasarnya dibuat untuk merespon stres yang terjadi dalam jangka waktu pendek. Saat stres berkepanjangan terjadi, respon stres dipicu berulang kali dan terus-menerus – pada akhirnya menyebabkan stres kronis dan memicu munculnya berbagai gangguan kesehatan secara keseluruhan.

Menurut Dr. Kevin Chapman, seorang psikologis klinis, mengubah suasana dan rutinitas, baik itu dengan pergi ke taman, menciptakan hobi baru, atau berlibur ke hotel terdekat dapat memperbaiki kesehatan mental seseorang.

Staycation dimana kamu bisa menikmati ruang untuk dirimu sendiri dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Beberapa manfaat yang bisa kamu nikmati, meliputi:

Menurunkan stres: Tentu saja tingkat stres yang kamu rasakan akan menurun, tetapi lebih daripada itu, kamu bisa memecah siklus stres yang biasa kamu rasakan saat bekerja.
Beristirahat: Dengan memutus siklus stres, kamu bisa memposisikan kesehatan mentalmu ke tempat yang seharusnya.
Pikiran jernih: Pola pikir yang lebih tajam dan kreativitas terbukti secara ilmiah dapat terpicu hanya dengan keluar dari rutinitas sehari-hari.
Meningkatkan produktivitas: Semua manfaat ini dapat membuat kamu lebih banyak berkarya di pekerjaan kamu sehari-hari, lebih terbuka pada hubungan baru, lebih dekat dengan keluarga, dan dapat menikmati kehidupan sehari-hari.

itulah hal-hal yang peru kamu tahu tentang staycation, jadi sudah ada rencana staycation kemana ?

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again