1. Entrepreneur

Catat Nih, Beberapa Syarat untuk Mengaktifkan Instagram Shop

Syarat Instagram Shop yang Wajib Diketahui

Instagram Shop adalah salah satu fitur yang dimiliki oleh Instagram untuk memudahkan bisnis yang Anda jalani menemukan pembeli. Instagram shop ini akan memudahkan pembeli yang menyukai produk dari soft selling yang dilakukan di Instagram.

Instagram shop ini harus anda coba aktifkan, karena Instagram shop ini memiliki halaman khusus di mana pengunjung yang memang sudah memiliki niat berbelanja akan dibawa ke halaman yang berbeda dengan halaman ketika orang mencari informasi di video atau foto. Hal ini akan sangat menguntungkan ketika kompetitor Anda belum melakukan hal ini.

Istilah Instagram Shop yang Harus Anda Ketahui

Instagram ini bukan marketplace, jadi ada beberapa istilah yang mungkin sedikit asing untuk Anda bagi para pebisnis.

  • Shops

Ini adalah sebutan untuk tampilan toko Instagram yang bisa dilihat di profil akun. Jika dibandingkan dengan toko langsung shops ini memiliki sebutan etalase.

  • Shopping Tags

Ini adalah fitur yang dimiliki Instagram shop yang dapat menampilkan produk dari karaloh dan mengarahkan pelanggan untuk membeli produk.

  • Shop in Explore

Ini adalah sebutan untuk kegiatan seseorang yang membeli barang bukan dari halaman shop melainkan dari explore, hal ini sangat memungkinkan terjadi karena barang di Instagram shop bisa muncul di explore.

  • Collections

Fitur ini akan memperlihatkan barang yang Anda pilihkan untuk pembeli, mungkin bisa disebut rekomendasi. Tujuan dari fitur ini adalah membantu pelanggan menemukan produk yang mereka suka.

  • Product Detail Page

Halaman ini adalah halaman yang akan menjelaskan detail produk yang dimiliki oleh akun Instagram kita, mulai dari harga hingga spesifikasi. 

Syarat Mengaktifkan Instagram Shop

Tidak semua akun bisa mengaktifkan Instagram shop, ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi terlebih dahulu sebagai berikut.

  • Akun Harus Memiliki Barang 

Instagram Shop harus memilik barang yang dijual, baik fisik maupun digital. Dulu Instagram shop memang hanya bisa menerima barang fisik, tetapi sekarang barang digital juga sudah bisa dijual di Instagram shop.

  • Akun Bisnis

Seperti yang kita ketahui bahwa Instagram memiliki dua jenis akun yaitu akun personal dan akun bisnis. Jika Anda ingin mengaktifkan Instagram shop pastikan akun Anda sudah menjadi akun bisnis.

  • Hubungkan Facebook Page

Akun Instagram Anda harus terhubung dengan Facebook page jika ingin mengaktifkan Instagram Shop. Anda juga harus menghubungkan katalog produk di Facebook, baik katalog baru ataupun katalog lama, untuk mengaktifkan Instagram shop.

  • Website Produk

Instagram shop di Indonesia belum bisa memfasilitasi untuk langsung membeli di Instagram, jadi Anda harus memiliki website yang menampilkan produk bisnismu. Websitenya tidak harus, website khusus, Anda bisa menggunakan marketplace untuk website Instagram shop Anda.

  • Verifikasi

Akun Instagram dan Facebook yang Anda miliki harus memenuhi kebijakan Facebook dan Instagram, hal ini untuk memastikan bahwa penjual setidaknya tidak memiliki pelanggaran sebelum bisa berjualan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again