1. DScovery

Tanggung Jawab: Definisi, Contoh, Ciri-ciri, Bentuk dan Caranya

Tanggung jawab termasuk tingkat perilaku manusia dimana seseorang sadar akan tindakan dan kewajiban yang perlu dilakukan.

Setiap orang secara hakikatnya diberi tanggung jawab, yang secara alami merupakan bagian dari kehidupan manusia. Namun tidak semua orang mengerti apa arti tanggung jawab sebenarnya. 

Apa sebenarnya arti tanggung jawab ini? Definisi, contoh, bentuk, dan karakteristik tanggung jawab akan dirincikan pada artikel di bawah ini.

Definisi Tanggung Jawab

Menurut kamus umum bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah kewajiban yang ditanggung seorang individu termasuk menanggung akibatnya.

Setiap tindakan dan keputusan membutuhkan tanggung jawab. Tanggung jawab diberikan kepada seseorang atau orang lain diterima sebagai kewajiban.

Sikap tanggung jawab ini terwujud dalam diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Sikap ini terbentuk saat anak tumbuh menjadi dewasa.

Mengutip buku “Pendidikan Orang Tua: Mengembangkan Tanggung Jawab pada Anak” (2016) terbitan Kemendikbud, dijelaskan bahwa rasa tanggung jawab terbentuk saat anak tumbuh dan berkembang, lahir dari dalam, dan membantu anak tumbuh. Kehendak seseorang untuk melakukan tugasnya.

Ciri-ciri Tanggung Jawab

  1. Menentukan jalan yang benar
  2. Tetap termotivasi
  3. Tetap menjaga kehormatan diri sendiri
  4. Tetap waspada
  5. Komitmen dalam tugas
  6. Melakukan tugas sesuai dengan standar yang sesuai
  7. Menepati janji
  8. Berani menerima resiko yang diambil.

Bentuk Tanggung Jawab

Sikap tanggung jawab timbul dari kemauan terhadap kewajiban yang harus dilakukan. Dikutip dari buku Tema Kreatif 6 Kelas V, berikut bentuk tanggung jawabnya:

  • Tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa 

Manusia memiliki tanggung jawab untuk beriman kepada Tuhan. Tanggung jawab ini misalnya dalam menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

  • Tanggung jawab pada Keluarga 

Keluarga terdiri dari orang tua, anak, dan anggota keluarga lainnya. Keluarga termasuk dalam pengaturan komunitas yang lebih kecil. Sebagai anggota keluarga, Anda memiliki tanggung jawab untuk melindungi reputasi keluarga Anda.

Di rumah, ayah, ibu dan anak akan memainkan peran kesejahteraan, pendidikan dan keamanan. Umumnya semua keluarga memiliki aturan dan hukuman untuk mendidik anggotanya.

  • Tanggung jawab kepada diri sendiri

Setiap individu memiliki kewajiban untuk memenuhi hak dan kewajibannya. Tujuan dari tanggung jawab diri ini adalah untuk memecahkan masalah dan mengenal diri sendiri.

  • Tanggung jawab kepada masyarakat

Setelah keluarga, individu membentuk kehidupan yang lebih besar dalam kerangka masyarakat. Keselamatan adalah tanggung jawab warga negara.

  • Tanggung Jawab Negara dan Kebangsaan

Individu memiliki status kewarganegaraan. Setiap negara memiliki norma, aturan, dan hukum yang berlaku bagi warga negaranya. Warga negara bertanggung jawab kepada negara dan tidak melakukan apa yang mereka inginkan.

Cara Membangun Tanggung Jawab

Seiring bertambahnya usia akan semakin banyak tanggung jawab. Sebelumnya, kita tidak sempat berpikir untuk menyisihkan uang untuk membeli pulsa dan lain-lain. Maka untuk mewujudkan masa depan cerahmu berikut adalah beberapa cara untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab.

  1. Menghentikan secara perlahan kebiasaan mengeluh
  2. Membuang kebiasaan membuat banyak alasan
  3. Tidak menunda pekerjaan
  4. Menjadi orang yang konsisten
  5. Belajar mengatur keuangan sendiri

Tanggung jawab merupakan kewajiban untuk melaksanakan apa yang telah diberikan kepadamu. Sikap bertanggung jawab ini dapat melatih kamu menjadi pribadi yang disiplin yang menghargai waktu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again