Categories

Berita

TCASH Resmi Dibuka untuk Semua Operator

Tahun ini targetkan 6-10 juta pengguna dari non Telkomsel

Marsya Nabila - 22 June 2018

TCASH kini resmi terbuka sebagai platform agnostik (bisa digunakan semua operator), sehingga semua pelanggan operator di luar Telkomsel bisa menjadi pengguna. Dari pantauan DailySocial, TCASH mulai terbuka sekitar awal bulan ini.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tiga tahun lalu, TCASH menganut sistem kendali tertutup (close loop) khusus untuk pelanggan Telkomsel saja. Strategi tersebut diharapkan dapat merealisasikan ambisi TCASH yang ingin menjadi pemain e-money terbesar di Indonesia menyaingi posisiĀ GO-PAY dari GO-JEK dalam hal jumlah pengguna.

“Secara teknis sudah [terbuka untuk semua operator]. Baru soft launch saja, belum ada pengumuman apa-apa. Nanti kita ada pengumuman resmi awal bulan depan,” terang CEO TCASH Danu Wicaksana kepada DailySocial, Jumat (22/7).

Sebelumnya Danu menuturkan pihaknya menargetkan total pengguna sampai akhir tahun ini mencapai 40 juta orang. Sekitar 15%-25% atau 6-10 juta orang diharapkan datang dari pengguna non Telkomsel. Saat ini total pengguna TCASH lebih dari 24 juta pelanggan terdaftar di seluruh Indonesia.

Dari segi tampilan UI/UX, tidak berbeda sama sekali dengan aplikasi TCASH yang digunakan oleh pengguna Telkomsel. Setelah berhasil melakukan registrasi, pengguna akan diarahkan untuk migrasi dari basic service jadi full service dengan mengisi identitas diri dan mengunggah data yang dibutuhkan.

TCASH dapat digunakan untuk membeli pulsa, membayar tagihan, donasi, dan transfer/tarik dana. Metode yang bisa dipilih fitur QR Code atau melalui Sticker Tap berteknologi NFC. Selain itu, kini TCASH bisa digunakan untuk pembayaran di moda transportasi seperti taksi Blue Bird, tiket Railink di Medan dan Jakarta, serta Trans Semarang.

Butuh independensi

Kendati sudah menjadi platform agnostik, Indosat Ooredoo belum menunjukkan ketertarikan untuk tertarik melakukan kerja sama khusus dengan TCASH. Hal tersebut disebabkan isu independensi TCASH dari Telkomsel yang dinilai cukup krusial apabila Indosat ingin melakukan kerja sama eksklusif. Meskipun demikian, perseroan tetap mempersilakan pelanggannya untuk terdaftar sebagai pengguna TCASH.

“Saat ini kita belum tertarik kerja sama dengan TCASH walau mereka declare sebagai agnostic e-money. Kita mau lihat dulu independensi mereka dari Telkomsel, biarkan saja waktu nanti membawa kami bertemu,” ungkap Presiden Direktur & CEO Indosat Joy Wahjudi dikutip dari Indotelko.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter