3 March 2015

by Aditya Daniel

Apple Watch Akan Tersedia di Luar AS Pada April, dan Beberapa Info Dukungan Aplikasi Pihak Ketiga

Menjelang Apple Event tanggal 9 Maret, Tim Cook membagikan sedikit petunjuk mengenai perangkat wearable pertama dari Apple, Apple Watch.

Lewat lawatannya ke sebuah Apple Store di Berlin, Tim Cook menyampaikan kepada para pegawainya bahwa Apple Watch tak hanya akan tersedia di AS pada April mendatang. Lebih lagi, Apple Watch akan didukung dengan berbagai macam aplikasi pada saat peluncurannya kelak.

Seperti yang dikutip dari 9to5Mac, Tim Cook kepada karyawan Apple Store di Berlin menyampaikan bahwa Apple Watch akan dirilis di Jerman pada bulan April. Analis menyebutkan bahwa kemungkinan Apple Watch akan rilis pada awal bulan April di AS dan kemudian Jerman beserta beberapa negara lainnya pada akhir April.

Selain Jerman, rumor menyebutkan bahwa negara lain yang kebagian jatah rilis Apple Watch pada bulan April adalah Australia, Inggris, dan Prancis. Bahkan beberapa karyawan retail Apple Store di Australia sudah dipilih untuk mengikuti briefing dan pelatihan tentang Apple Watch di Sidney.

Info Menarik: MacID: Buka Perangkat Mac dengan TouchID

Tak hanya menyampaikan mengenai kabar peluncurannya, Tim Cook juga sedikit memberi bocoran mengenai aplikasi pendukung untuk Apple Watch setelah diluncurkan nantinya.

Cook menyatakan bahwa beberapa hotel nantinya akan mengizinkan pengguna untuk membuka kamar yang dipesan menggunakan Apple Watch. Tim Cook menambahkan bahwa tak hanya sebagai kunci namun Apple Watch nantinya juga dapat mempermudah proses check-in. Seperti yang diketahui, pada Apple Event 2014 yang lalu, Starwood Hotels telah bekerja sama dengan Apple untuk sebuah aplikasi Apple Watch.

Aplikasi kesehatan yang memanfaatkan sensor gerak dan denyut jantung juga sedang dalam tahap pengembangan. Nantinya pengguna bisa mengatur jenis aktivitas yang diinginkan untuk memantau kesehatannya.

Mitra lain yang diinformasikan akan menggunakan integrasi jam tangan pintar dari Apple ini antara lain Penera Bread yang akan menyediakan fasilitas pembayaran lewat Apple Watch. Lalu ada Salsesforce yang sedang mengembangkan sebuah aplikasi pendukung untuk Apple Watch

Info Menarik: Aplikasi IFTTT Berganti Nama Menjadi IF, Sekaligus Luncurkan 3 Aplikasi Baru

Jika benar beberapa negara akan kebagian Apple Watch di pengujung bulan April maka jelas peluncuran Apple Watch lebih agresif daripada iPhone ataupun iPad. Lebih lagi, dukungan aplikasi pihak ketiga serta pilihan kustomisasi untuk Apple Watch sendiri dapat menjadi kunci sukses dari produk terbaru Apple ini nantinya.

Sumber: 9to5Mac: 1 dan 2.