Google Analytics -->
MSME Tutorial

7 Kiat Mengelola Stok Barang Jualan

Untuk mengelola stok barang Anda, ini dia tips yang bisa Anda ikuti!

Mengelola barang jualan bukanlah suatu pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, meskipun ada aplikasi yang membantu Anda untuk melihat stok ketersediaan barang, Anda juga tetap harus melihat waktu dan tenaga untuk melakukan penyimpanan barang yang berjumlah banyak.

Maka dari itu di bawah ini ada tips-tips mengelola stok barang dengan mudah, teliti dan benar, Yuk cari tahu!

Tips Mengelola Stok Barang

Sebagai pemilik bisnis, mengelola stok barang harus dilakukan secara tepat guna untuk memperkirakan produksi barang yang harus dibuat di penjualan selanjutnya maka dari itu Anda harus mengelola stok barang dengan cepat, berikut beberapa tips yang Anda terapkan yaitu:

  • Berikan Ciri Warna pada Barang Jualan

Memberikan ciri warna mampu untuk memudahkan Anda dalam proses pengelolaan barang yang ada, dengan menggunakan ciri warna juga bisa memudahkan anda untuk menuliskan stok barang Anda menggunakan ciri warna tersebut.

Dengan mengetahui ciri warna pada jualan Anda, hal ini juga akan membantu dalam melihat pengelolaan stok barang yang menipis sehingga Anda bisa mempersiapkan pengelolaan produksi barang Anda.

  • Persiapkan Forecast Produk!

Maksud dari Forecast adalah bagaimana Anda mencoba untuk memperkirakan jumlah barang yang bisa Anda tambahkan untuk di stok dalam gudang persediaan barang. Dengan melakukan tips ini akan membantu Anda dalam melihat data penjualan yang dilakukan pada periode sebelumnya dan mempersiapkan kemungkinan akan lakunya barang jualan Anda. Jangan lupa untuk mempertimbangkan momen khusus seperti hari libur sekolah dan lainnya untuk persiapan kemungkinan meningginya permintaan barang.

  • Cek Stok Barang Lama Anda

Salah satu prinsip pengelolaan barang yang penting yang bisa dilakukan adalah dengan menjual barang yang usianya paling lama, dengan menjual barang dengan usia yang paling lama tentunya bisa membuat Anda menghindari resiko rusaknya barang yang dijual. Mengikuti tips ini juga bisa membantu Anda untuk menghindari kerugian dan membantu Anda untuk tetap menjual barang yang selalu baik keadaannya.

  • Stok Barang Mahal Coba Untuk Dipisahkan

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola kontrol barang ANda, cobalah untuk memisahkan antara barang mahal serta murah yang Anda jual, dengan memisahkan hal tersebut Anda bisa mengantisipasi kehilangan stok barang yang mahal dan apabila ada pembelian terkait barang tersebut, hal tersebut akan mudah terlihat dan Anda bisa langsung mengontrol penjualan barang mahal maupun murah yang Anda jual.

  • Sistem Acak Adalah Solusi Terbaik

Apabila Anda ingin melakukan promo untuk barang barang tertentu, sistem Acak ini tentu bisa membantu Anda dalam mengatasi hal tersebut, yang dimaksud dengan sistem Acak adalah Anda bisa menjual barang dengan harga yang berbeda setiap bulan, bisa lebih tinggi maupun lebih rendah, dengan pengontrolan stok serta harga juga Anda akan membuat kesan bahwa pembelian hari ini adalah pilihan terbaik bagi para pembeli produk Anda.

  • Kontrol Stok Barang Yang Terjual

Sebagai seseorang yang melakukan pencatatan antara stok barang yang berbeda, Anda haruslah mengatur stok barang yang sudah terjual, Anda haruslah juga mencatat barang-barang yang telah terjual demi menghindari adanya selisih antara keuntungan yang didapatkan dengan persentase produksi, dengan pencatatan yang seperti ini juga mampu untuk melihat barang mana yang menjadi primadona dalam toko online Anda

  • Cek Laku dan Tidak Laku

Memisahkan barang yang laku dan tidak laku akan mampu membuat Anda dalam mengeluarkan barang yang bisa tidak Anda produksi lagi untuk menekan jumlah biaya produksi, dengan melakukan ini juga akan mampu untuk melihat dimana Anda memiliki target konsumen yang lebih mempedulikan barang jualan dalam bentuk seperti apa.

Itulah tips mengelola stok barang yang bisa Anda praktikan dalam kegiatan berbisnis Anda, apabila Anda juga bersiap untuk menjadi pengusaha UMKM, tips ini bisa membantu Anda untuk mempersiapkan diri, jangan lupa untuk tetap memantau kemajuan dari bisnis yang Anda jalankan. Selamat Berjualan!

Gambar Header Pixabay

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter