1. Entrepreneur

5 Tips Agar Video YouTube Shorts Anda Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Beberapa tips untuk Anda yang baru memulai promosi melalui YouTube Shorts

Dalam dua tahun belakangan ini tren promosi di media sosial sedikit bergeser, awalnya poster foto lebih digemari tapi sekarang cenderung ke video pendek. Hal ini dikarenakan video pendek dinilai lebih interaktif dan humanis saat memberikan informasi terkait produk.

Salah satu platform video pendek yang bisa Anda jajal untuk promosi bisnis adalah YouTube Shorts. YouTube Shorts memiliki banyak audiens yang bisa Anda jadikan sasaran promosi Anda.

Tips dalam Membuat YouTube Shorts

1) Riset Kata Kunci

YouTube cara kerjanya hampir sama seperti Google, yaitu kata kunci. Jadi sebisa mungkin Anda meriset terlebih dahulu kata kunci untuk caption Anda. Walaupun shorts jarang dilakukan pencarian, tetapi jika kita amati video yang muncul biasanya relevan dengan apa yang kita cari pada YouTube biasa.

Anda dapat menggunakan beberapa tool riset kata kunci seperti Vidiq, Tubebuddy, Google Trend, Ahref dan juga Semrush.

Tetapi sebagian besar dari tool tersebut hanya bisa digunakan jika Anda berlangganan. Jadi, pilih dengan bijak. Menggunakan tool riset gratis bisa jadi awalan yang cukup membantu proses penemuan kata kunci yang tepat.

2) Gunakan Fitur Musik

Sebagaimana TikTok dan Instagram, YouTube Shorts juga menyediakan fitur musik yang bisa Anda gunakan untuk mempermanis video Anda. Musik ini juga berguna untuk mempertemukan konten Anda dengan audiens. Anda bisa menggunakan musik yang sedang tren atau viral untuk menaikan video Anda.

Kendati banyak orang beranggapan musik viral tidak menentukan jangkauan video. Tetapi musik yang relevan akan membuat penonton merasa "relate", yang mendorong mereka untuk menonton lebih lama. Hal ini akan memberikan nilai lebih ke channel Anda.

3) Gunakan Hashtag

Seperti pada media sosial lain, YouTube Shorts juga memiliki hashtag. Gunakan hashtag yang relevan dengan video yang Anda buat. Anda juga bisa meriset terlebih dahulu hashtag apa yang sering digunakan dan berpotensi untuk menambah audiens ke video Anda.

4) Durasi Video

Anda harus memerhatikan berapa lama video Anda, karena YouTube Shorts paling sedikit batas maksimal waktu videonya yaitu 60 detik. Jadi, Anda harus memastikan video Anda kurang dari durasi tersebut.

Durasi yang singkat membuat Anda harus memikirkan bagaimana caranya agar video Anda bisa singkat dalam waktu, tetapi tetap padat dalam isi promosinya.

5) Angle Video

Tidak semua video promosi cocok untuk dimasukkan ke dalam Youtube Shorts, Anda bisa riset terlebih dahulu bagaimana kompetitor dan beberapa brand melakukan promosi melalui YouTube Shorts.

Setelah itu Anda bisa memodifikasi hasil baik dari shorts yang Anda temukan untuk diimplementasikan ke video shorts Anda sendiri.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again