1. DScovery

To Do List: Pengertian, Cara Membuatnya, dan Tips

Cara terbaik untuk memastikan kamu tidak kehilangan jejak semua tugas kamu adalah dengan membuat to do list. Simak artikel ini untuk mengetahui pengertian, cara membuat, hingga tips to do list.

Kebanyakan orang memiliki lebih banyak hal yang harus dilakukan daripada berjam-jam dalam sehari. Jika kamu ingin menyelesaikan lebih banyak dan memastikan semua tugas kamu selesai, penting untuk menetapkan tujuan untuk diri kamu sendiri dan membuat jadwal yang memungkinkan kamu melacak semuanya.

Salah satu cara hebat untuk membantu mengatur waktu kamu dan tetap pada jalurnya adalah dengan membuat to do list.

To do list hanyalah daftar dari semua hal yang perlu dilakukan pada hari atau minggu tertentu. Hal ini akan memungkinkan kamu memecah tujuan kamu menjadi langkah-langkah kecil sehingga dapat diselesaikan dengan lebih mudah.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut terkait to do list.

Pengertian To Do List

To do list adalah daftar tugas yang harus diselesaikan seseorang. Hal ini dapat digunakan untuk tugas harian, tugas mingguan, tugas bulanan, dan bahkan tugas tahunan.

To do list sangat penting karena membantu kita mengatur waktu dan memastikan bahwa kita menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Ini memberi kita gambaran tentang apa yang harus kita lakukan dalam sehari, seminggu atau sebulan.

Ada banyak alasan mengapa kamu harus membuat to do list, dan inilah beberapa yang terbaik:

  • Kamu dapat memprioritaskan tugas sehingga kamu tidak kewalahan oleh semuanya sekaligus.
  • Kamu dapat melihat apa yang perlu dilakukan dalam urutan prioritas.
  • Membantu kamu melacak tenggat waktu dan janji sehingga semuanya selesai tepat waktu.
  • Membantu tetap teratur dan mengurangi stres karena kamu tahu persis apa yang harus diselesaikan setiap hari/minggu/bulan/dll.

Cara Membuat To Do List

Membuat to do list adalah cara yang bagus untuk tetap teratur dan menyelesaikan pekerjaan. Inilah cara kamu dapat membuatnya sendiri:

  1. Buatlah daftar hal-hal yang ingin kamu lakukan di selembar kertas. Ini bisa berupa hal-hal seperti "menyelesaikan skripsi" atau "buat janji dengan dokter gigi". Sesuaikan dengan kebutuhan kamu.
  2. Memprioritaskan tugas sesuai dengan apa yang paling penting, apa yang bisa menunggu, dan apa yang harus segera dikerjakan. Jika mendesak, naikkan daftar; jika bisa menunggu sampai nanti di hari atau minggu, pindahkan ke bawah daftar.
  3. Mulailah melakukan tugas-tugas tersebut secara berurutan dari atas ke bawah (atau dari kiri ke kanan jika kamu menuliskannya). Setelah satu tugas selesai, centang.

Tips Membuat To Do List

Membuat to do list yang baik adalah cara yang bagus untuk tetap teratur, tetapi mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai.

Berikut ini beberapa tips untuk membuat daftar kamu efektif:

  1. Pastikan daftar kamu tertata dengan baik, kamu tidak harus menggunakan pemformatan yang sama untuk setiap item, tetapi jika kamu menuliskan beberapa tugas untuk satu hari atau minggu, kamu harus memastikan bahwa tugas tersebut dikelompokkan dengan cara yang masuk akal.
  2. Gunakan poin-poin atau angka-angka daripada paragraf untuk mencantumkan setiap tugas; ini membuatnya lebih mudah untuk memprioritaskan dan mencentang item saat selesai.
  3. Mulailah dengan tugas yang paling mendesak terlebih dahulu—tugas yang kemungkinan besar menghabiskan sebagian besar hari kamu jika kamu tidak segera memulainya—dan kerjakan dari sana. Ini akan membantu kamu tetap fokus pada apa yang perlu dilakukan sekarang alih-alih terganggu oleh hal-hal lain di kemudian hari.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai to do list, semoga bermanfaat

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again