Categories

Berita

Tokopedia Umumkan Perolehan Dana Baru 14 Triliun Rupiah yang Dipimpin Alibaba (UPDATED)

Tidak menjual perusahaan, Alibaba menjadi pemegang saham minoritas

Amir Karimuddin - 18 August 2017

Dalam acara ulang tahun Tokopedia yang ke-8 hari ini (17/8), Co-Founder dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengumumkan perolehan pendanaan senilai total 1,1 miliar dollar (atau lebih dari 14 triliun Rupiah) yang dipimpin Alibaba. Alibaba masuk menjadi pemegang saham minoritas dan William menegaskan tidak akan menjual perusahaan.

Masuknya Alibaba ke Tokopedia menegaskan cengkeraman raksasa teknologi Tiongkok ini di Asia Tenggara, setelah sebelumnya mengakuisisi Lazada tahun lalu. Lazada dan Tokopedia bisa dibilang adalah dua marketplace online terbesar di tanah air saat ini.

Tidak ada informasi soal berapa valuasi Tokopedia pasca akuisisi, tapi investasi ini memantapkan posisi Tokopedia sebagai unicorn bersama Go-Jek dan Traveloka. Secara resmi, ini adalah pendanaan terbesar yang pernah diperoleh startup Indonesia dalam satu putaran. Go-Jek sebelumnya dirumorkan memperoleh pendanaan $1,2 miliar (16 triliun Rupiah) yang dipimpin Tencent tapi tidak belum ada konfirmasinya.

Penegasan ini mementahkan rumor masuknya rival terdekatnya, JD.com, yang juga berminat berinvestasi di Tokopedia. Awalnya di bulan Mei JD.com memang berminat berinvestasi, bahkan mengakuisisi, tapi akhirnya Tokopedia memilih Alibaba sebagai investornya.

Dalam acara tersebut William juga mengumumkan sejumlah pencapaian perusahaan, seperti 2 juta merchant yang telah bergabung, 35 juta pengunjung (unique visit) per bulan yang secara total (situs dan aplikasi) memberikan 150 juta kunjungan (visit) per bulan. Perusahaan pun kini memiliki 1500 pegawai dan bekerja di Tokopedia Tower yang terletak di bilangan Jalan Prof Dr. Satrio.

William mengatakan Alibaba dipilih karena mereka ingin belajar dari guru yang memiliki jam terbang tinggi (di sektor e-commerce global). Ia juga menyebutkan dana yang diperoleh akan digunakan untuk memperkuat dan mengakselerasi bisnis mereka saat ini, membangun pusat R&D teknologi terbaik di Asia Tenggara dan mendatangkan kembali putra-putri terbaik bangsa yang ingin berkontribusi di tanah air.

- Marsya Nabila berkontribusi untuk pembuatan artikel ini

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter