1. Startup

Tomoro Coffee Bikin Fasilitas Sangrai Kopi untuk Perkuat Ekspansi

Fasilitas sangrai kopi ini memiliki kapasitas produksi hingga 2.400 ton per tahun

Pemilik jaringan gerai kopi Tomoro Coffee memperkenalkan fasilitas sangrai kopi (coffee roastery) untuk mendukung ekspansi operasionalnya di seluruh Indonesia. Fasilitas ini memiliki kapasitas produksi hingga mencapai 2.400 ton per tahun. 

Saat ini, Tomoro Coffee memiliki lebih dari 500 gerai di Indonesia, Singapura, Filipina, dan Tiongkok yang dibangun dalam kurun waktu 1 tahun. Adapun, Tomoro Coffee didirikan pada Agustus 2022. 

"Ini adalah bentuk komitmen kami untuk menghadirkan industri berkelanjutan yang nantinya bisa membentuk satu ekosistem dari hulu ke hilir di industri kopi nusantara," ungkap Direktur Utama Tomoro Coffee Star Yuan dalam keterangan resminya. 

Para direksi memperkenalkan coffee roastery Tomoro Coffee, Senin (29/4)

Selain kapasitas produksi besar, coffee roastery Tomoro didesain lewat tiga fase produksi dengan biji kopi berkualitas. Mesinnya dilengkapi dengan dua alat afterburner yang akan mengurangi polusi asap hingga lebih dari 60% dari proses sangrai kopi.

Mesinnya disebut dapat memberikan hasil yang konsisten pada setiap batch produksi kopi. Hal ini karena proses sangrainya dipantau melalui solusi software yang dapat memastikan rasa kopi tetap sama dan konsisten setiap saat.

Coffee chain Indonesia

Pasar kopi modern di Indonesia dinilai menjanjikan, yang mana ikut mendorong ekspansi gerai yang cukup masif oleh sejumlah pemilik jaringan rantai kopi (coffee chain) dalam ngeri. Beberapa di antaranya adalah Kenangan Group dan Jiwa Group yang sudah ekspansi ke luar negeri dan merambah produk non-kopi.

Bisnis coffee chain berkembang sejalan dengan terjadinya pergeseran konsumsi kopi, yang awalnya dari kopi instan dan seduh manual menjadi kopi kafe dan kopi milik waralaba dengan harga lebih premium.

Kopi modern ini dijual dengan beberapa pendekatan, yakni memanfaatkan konsep "grab and go", gerai premium, dan pembelian online lewat aplikasi. Kenangan Heritage, misalnya, menawarkan pengalaman unik bagi penikmati kopi dengan menghadirkan lebih dari sepuluh jenis kopi.

Mengacu laporan Momentum Works bertajuk "Coffee in Southeast Asia: Modernising Retail of the Daily Beverage", pasar kopi modern di Asia Tenggara dikuasai Indonesia. Nilai pasarnya (omset tahunan) diestimasi $947 juta atau setara 27,7% dari total nilai pasar kopi modern di Asia Tenggara yang sebesar $3,4 miliar pada 2023. 

More Coverage:

Sementara, jika mengacu pada jumlah gerai per 2023, Jiwa Group tercatat menjadi pemilik jaringan gerai kopi terbesar di Indonesia dengan jumlah sebanyak 1100 outlet, diikuti Kopi Kenangan dengan 932 outlet.

"Kami harap ini dapat berkontribusi untuk meningkatkan produktivitas kopi Indonesia sehingga menghasilkan kopi berkualitas dan disukai oleh penikmat kopi internasional. Hal ini seiring dengan langkah kami untuk membuka gerai-gerai kopi di negara-negara lain serta mewujudkan visi 1000+ gerai di seluruh Indonesia tahun ini." Tutup Star.

Tomoro Coffee diketahui mendapat pendanaan sebesar $10 juta atau sekitar Rp158,6 miliar pada Oktober 2023.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again