1. DScovery

Top 6 Situs Freelance Terbaik 2023, Pasti Dapat Project

Mendapatkan uang tambahan dengan mudah, pekerjaan sesuai skill, bekerja dari rumah adalah impian banyak orang. Cobalah untuk menjadi freelancer, berikut ini adalah top 6 situs freelance terbaik dan terbesar sehingga kamu pasti akan mendapat pekerjaan dari sana

Freelance adalah pekerjaan yang dilakukan berdasarkan proyek dengan kesepakatan antara seorang pekerja dengan pemberi kerja atau klien. Contoh pekerjaan yang dilakukan oleh seorang freelancer adalah menulis artikel, mengembangkan sebuah website, konsultasi hukum, dan jasa-jasa lainnya

Freelancer bisa melakukan beberapa proyek sekaligus walaupun dengan orang atau perusahaan yang berbeda, karena freelancer tidak memiliki keterikatan dengan kliennya.

Walaupun terlihat remeh, tetapi seorang freelancer memiliki pendapatan yang luar biasa jika kamu benar-benar mendalaminya. Rata-rata, pekerja freelancer memiliki pendapatan Rp2,5 juta hingga Rp10 juta. Namun, semua tergantung dari hasil kerja masing-masing.

Jika kamu berminat untuk menjadi seorang freelancer, kamu perlu mengunjungi situs-situs ini untuk mendapatkan sebuah proyek!

Freelancer Indonesia

Freelancer Indonesia merupakan salah satu situs freelance terbesar yang ada di Indonesia. Disini, kamu bisa menemukan pekerjaan dalam bentuk proyek IT, desain, jurnalistik, dll.

Kelebihan dari situs ini adalah kamu dapat melihat dengan detail informasi tentang proyek tersebut. Mulai dari siapa pemberi proyek itu, deskripsi proyek, keahlian yang dibutuhkan proyek, deadline proyek, sudah berapa orang yang melamar untuk mengerjakan proyek tersebut, dan berapa bayaran atau upahnya.

Selain itu, kamu juga bisa menawar bayaran yang diberikan untuk mengerjakan proyek tersebut hingga mencapai kesepakatan bersama. Untuk sistem pembayaran, Freelancer Indonesia hanya melalui kartu kredit dan akun PayPal.

Sribulancer

Tidak hanya Freelancer Indonesia, Sribulancer juga menjadi situs freelancer yang cukup populer. Kamu bisa menemukan pekerjaan dalam bentuk jurnalistik, penerjemah, desain, social media marketing, dll.

Sribulancer ini juga memiliki “anak buah” bernama Sribu. Situs Sribu ini lebih condong kearah desain. Sehingga bagi kamu yang fokus di bidang desain, situs ini cocok untukmu.

Yang membuat beda dari Freelancer Indonesia, Sribulancer menerima pembayaran melalui transfer bank. Sehingga, banyak orang Indonesia yang tidak memiliki kartu kredit atau PayPal berdatangan di situs ini.

Projects

Projects.co.id ini menawarkan proyek-proyek seputar teknologi, seperti pengembangan website, pembuatan aplikasi, desain kemasan produk/logo, dll.

Salah satu kelebihan situs ini adalah memiliki tampilan yang tidak membingungkan. Seringkali, kita bingung untuk mulai mencari proyek atau bahkan mencari freelancer dimana. Namun, kamu tidak perlu bingung karena Projects.co.id sudah menampilkan semuanya dengan jelas di halaman utamanya.

Sayangnya, kontrol dan sistem perizinan Projects.co.id ini masih tidak terlalu ketat sehingga banyak orang-orang yang menggunakan akun ganda dan masih banyak MLM.

Fastwork

Fastwork merupakan situs freelance yang berasal dari Thailand dan berkembang di Indonesia, situs ini juga cukup populer dan memiliki banyak proyek di bidang teknologi.

Kamu dapat memasang jasa yang kamu tawarkan, lalu jika ada yang tertarik, mereka akan menghubungi melalui fitur chat dan memberikan penawaran. Fastwork juga memiliki aplikasi di HP, sehingga menjadi lebih fleksibel untuk kamu yang tidak selalu berada didepan PC.

Namun, Fastwork memiliki biaya layanan untuk freelancer maupun klien. Ada biaya 10% untuk setiap proyek yang dikerjakan oleh freelancer, dan tambahan 3% dari harga yang ditawarkan klien.

Upwork

Upwork merupakan situs freelancer yang berasal dari Amerika. Ada banyak klien-klien yang memiliki nama besar dan terkenal seperti Microsoft, Airbnb, dan lainnya.

Di Upwork, terdapat fitur obrolan yang dapat mempertemukan freelancer dan klien. Hal ini membuat diskusi proyek yang dikerjakan menjadi lebih mudah karena dapat berkomunikasi langsung dengan klien.

Tetapi, ada sistem poin untuk melakukan bid setiap proyek. Dan seorang freelancer harus membeli poin tersebut di Upwork. Hal ini memungkinkan freelancer tidak bisa mencari proyek dengan leluasa.

Fiverr

Situs ini didirikan oleh dua pengusaha muda Israel pada Februari 2010. Ada banyak kategori proyek yang akan ditemukan disini, seperti digital marketing, penulisan artikel, desain, pembuatan video dan animasi, dll.

Fiverr sangat direkomendasikan bagi pemula atau kamu yang ingin mencoba menjadi freelancer. Karena dengan Fiverr, kamu bisa menjadi freelancer tanpa membayar apapun. Kamu hanya membutuhkan koneksi internet dan PC.

Sayangnya, biaya layanan yang diberikan cukup berpengaruh untuk penghasilan freelancer, yaitu sebesar 20%.

Demikianlah Top 6 situs freelance terpercaya beserta kelebihan dan kekurangannya. Dengan menjadi seorang freelancer, kamu akan mendapat banyak sekali benefit. Semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again