1. DScovery

Toxic: Pengertian, Ciri-Ciri dan Tips Menghadapinya

Seperti racun, orang yang toxic juga perlu dihindari agar tidak membawa dampak buruk bagi dirimu.

Pernahkah kamu mendengar istilah toxic? Belakangan ini, istilah toxic sering dibicarakan oleh orang-orang di media sosial untuk menyebut seseorang yang memiliki pengaruh buruk bagi orang-orang di sekitarnya.

Nah, kali ini Daily Social akan menjelaskan istilah toxic lengkap dengan ciri-ciri serta tips menghadapinya. Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini!

Pengertian Toxic

Toxic adalah kata dalam bahasa Inggris yang berarti racun. Istilah toxic umumnya digunakan untuk menyebut kebiasaan atau sifat yang mengganggu, membawa pengaruh buruk bagi orang lain, atau melewati batas.

Toxic tidak hanya digunakan untuk menyebut seorang individu saja, melainkan juga dapat disebut untuk menggambarkan kondisi sebuah hubungan. Mereka yang terjebak dalam hubungan yang toxic biasa disebut dengan toxic relationship.

Ciri-Ciri Orang yang Toxic

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa orang yang memiliki sifat toxic cenderung membawa pengaruh buruk bagi orang lain. Untuk itu, berikut adalah beberapa ciri-ciri orang toxic yang bisa kamu kenali.

1. Suka Mengkritik Orang Lain

Salah satu ciri sifat toxic yang paling mudah dikenali adalah adanya kecenderungan suka mengkritik orang lain. Hal ini disebabkan karena bagi orang yang toxic, tidak ada orang yang lebih baik selain dirinya, sehingga mereka cenderung meremehkan prestasi atau pencapaian orang lain dan menganggapnya sebagai keberuntungan saja.

2. Selalu Bersikap Egois

Orang yang toxic umumnya juga selalu bersikap egois karena merasa bahwa semua pendapat, pendirian dan pandangan mereka adalah hal yang benar. Sementara pendapat orang lain sering dianggap salah atau jarang dihiraukan.

3. Jarang Berempati

Karena memiliki ego yang lebih tinggi, orang yang toxic cenderung minim rasa empati, sehingga mereka cenderung membentuk citra sebagai orang yang dingin, tidak ramah dan suka menutup diri. Padahal, rasa empati termasuk dasar dari sebuah hubungan pertemanan.

4. Cenderung Bergantung pada Orang Lain

Orang yang toxic biasanya cenderung selalu bergantung pada orang lain. Namun, mereka enggan meminta bantuan orang lain karena memiliki tingkat percaya diri tinggi.

Tips Menghadapi Orang yang Memiliki Sifat Toxic

Cara paling mudah menghadapi orang yang toxic adalah dengan menghindarinya. Namun, apabila kamu terpaksa berhadapan dengannya, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut.

1. Batasi Waktu Bersama Mereka

Berhadapan dengan orang yang toxic memang akan membuat kita merasa tidak nyaman dan tak jarang membawa energi negatif bagi diri kita. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk membatasi waktu bersama mereka dengan mengurangi intensitas hubungan.

2. Prioritaskan Urusanmu Sendiri

Orang yang toxic biasanya cenderung manipulatif. Artinya, mereka tidak akan segan-segan memanfaatkanmu untuk mendapat keuntungan darimu, sementara kamu tidak akan mendapat apa-apa. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya adalah dengan memprioritaskan urusan pribadimu terlebih dahulu.

3. Pahami bahwa Apa yang Mereka Katakan Tidak Selalu Benar

Orang yang toxic biasanya pandai berbicara dan memainkan kata-kata untuk membalikkan kondisinya. Untuk itu, jangan biarkan perkataan mereka dapat memengaruhimu dengan memercayai bahwa apa yang mereka katakan tidak selalu benar.

4. Berani Berkata Tidak

Cara menghadapi orang yang toxic terakhir adalah dengan berani berkata tidak terhadap segala hal yang tidak kamu suka dan bukan menjadi tanggung jawabmu.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang istilah toxic yang telah dirangkum oleh Daily Social. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagimu untuk menghindari orang-orang toxic yang merugikanmu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again