1. DScovery

Traction: Pengertian, Fungsi, Indikator, dan Tipsnya

Traction adalah sarana startup untuk menunjukkan kekuatan kekuatan bisnis.

Bagi kamu yang ingin membangun startup, daya tarik adalah aspek yang tidak bisa diabaikan. Alasannya, traction adalah hal terpenting yang disukai investor! Menawarkan iklan dan layanan gratis di awal rilis adalah salah satu contoh daya tarik paling umum dari berbagai perusahaan.

Mengingat hasil traction memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan perusahaan selanjutnya, maka hal ini harus diperhitungkan dengan benar agar efektif dan mencapai tujuan. Untuk itu, mari pelajari lebih lanjut tentang traction di bawah ini.

Apa Itu Traction?

Pengertian traksi atau traction adalah kecepatan pengembangan bagi startup untuk meningkatkan penjualan dan basis pelanggan. Dengan kata lain, traksi adalah kemampuan perusahaan untuk memonetisasi nilai penggunanya, di mana keluarannya dapat berupa pengguna, mitra, pedagang, dan sebagainya, selama dapat dimonetisasi.

Biasanya, keberhasilan perusahaan selama fase traksi diukur dengan jumlah pelanggan baru dan omzet total mereka. Namun, banyak perusahaan besar seperti Amazon, Google, Uber, atau startup seperti Gojek memiliki daya tarik yang baik, meskipun penjualan tidak selalu dapat diidentifikasi.

Pada dasarnya daya tarik startup adalah positif selama startup tersebut memiliki reputasi brand yang stabil, sumber daya manusia yang baik dan basis pelanggan yang kuat, serta mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik.

Fungsi Traction dalam Startup

Traction adalah suatu konsep yang abstrak, tetapi memang begitu. Berikut adalah beberapa fungsinya:

• Pertimbangan utama bagi investor

Fungsi pertama dari traction adalah pertimbangan utama para investor saat mereka menarik dana. Investor memilih perusahaan yang stabil, memiliki potensi dan dapat tumbuh secara eksponensial.

Secara tidak langsung, tingkat keberhasilan startup menjadi indikator yang cukup mengesankan bagi investor yang tertarik untuk membelanjakan dananya.

• Indikator minat pelanggan

Fungsi traction yang kedua adalah indikator seberapa tertarik pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Attractiveness Score berfungsi sebagai bahan validasi dan evaluasi terkait keberhasilan produk atau layanan startup tersebut.

• Menarik koneksi potensial

Daya tarik yang terus tumbuh dapat mendorong kandidat yang luar biasa untuk bergabung dengan startup mu. Hal ini memungkinkan kamu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di perusahaan.

• Mendorong perusahaan untuk berinovasi

Mengingat traction adalah upaya untuk meningkatkan keuntungan bisnis, pendapatan, dan basis pelanggan. Tak heran jika peluncuran startup disebut juga sebagai “cambuk” dimana perusahaan berkali-kali melakukan langkah-langkah inovatif agar startup bisa berkembang.

Beberapa Indikator Traction

Beberapa poin yang dijadikan indikator traction startup, yaitu:

1. Customer Acquisition

Ada beberapa konsumen yang memiliki startup dan berkembang menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan investor. Startup mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mendapatkan pelanggan baru sampai mereka memenangkan konsumen melalui rekomendasi pelanggan lainnya.

Secara umum, peluang pengembangan startup terlihat lebih besar seiring dengan jumlah konsumen yang terus bertambah. Ini sangat penting bagi startup itu sendiri atau investor yang ingin memberikan uangnya.

2. Partnership

Biasanya startup di tahap awal, seperti attraction, bekerja sama dengan beberapa pihak. Hal ini dilakukan untuk menawarkan produk dan layanan terbaik kepada konsumen tanpa kamu harus melakukan semuanya sendiri.

Kerjasama dengan pihak lain juga dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang tidak hanya mengincar produk awal tersebut.

Misalnya, partnership yang bisa menginspirasi startup kamu sebagai bentuk apresiasi. Kemudian, kamu bisa langsung menikmati akumulasi poin di layanan lain yang telah bermitra dengan Grab, Gojek, dan Telkom.

Tentunya hal ini memperkuat kerjasama dengan pihak lain, membangun kredibilitas perusahaan dan meningkatkan jumlah penggunaan produk.

3. Traffic dan Engagement

Dunia startup terkait erat dengan teknologi dan internet. Jadi mempunyai online presence yang baik namun bukanlah menjadi pilihan terbaik. Selama fase traksi, online presence sebuah startup dapat memberikan setidaknya dua keuntungan, yaitu engagement dan traffic.

Traffic ini sangat penting untuk menarik lebih banyak konsumen dan engagement diperlukan agar konsumen lebih aware dan loyal terhadap startup. Jelas, ketika kamu berkomitmen untuk presence online, akan lebih mudah untuk membangun bisnis, terutama dalam fase traksi.

4. Revenue

Revenue yang stabil adalah bukti daya tarik startup. Namun, revenue yang dimulai selama periode traction biasanya tidak menguntungkan untuk beberapa tahun pertama.

Investor sendiri biasanya tertarik pada sebagian dari pendapatan yang diinvestasikan dan dihasilkan dalam pengembangan bisnis, yang tidak termasuk pendapatan bersih. Namun, traction sebuah startup tidak hanya terlihat dari revenue nya saja.

5. Liputan Media

Semakin banyak startup yang diliput dengan berita positif oleh media, maka semakin banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan startup tersebut, baik dari segi calon pelanggan maupun investor.

Misalnya Meatable, sebuah startup yang menggunakan konsep peternakan daging untuk mendapatkan eksposur dan publikasi di Cambridge Independent.

Informasi di atas dapat mengungkap potensi Meatable dan meningkatkan media perusahaan. Agar setiap pencapaian startup dapat terlihat di media, sangat penting bagi startup untuk berkomunikasi melalui media online atau portal berita.

Tips Agar Traction dalam Berjalan Sukses

Agar traction berhasil dan menarik banyak investor, kamu bisa memakai beberapa tips di bawah. Perhatikan tips berikut ini!

• Ciptakan produk yang berkualitas

• Susun tujuan traction dengan jelas

• Berikan produk atau layanan gratis

• Buat daftar pre launching

• Lakukan analisis dengan teliti

Itulah pembahasan mengenai traction dari pengertian hingga tips sukses melakukannya. Semoga artikel ini dapat membantumu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again