Traveloka Hadirkan Fitur Pinjaman PayLater

Traveloka Hadirkan Fitur Pinjaman PayLater

Menggandeng startup p2p lending Danamas sebagai mitra penyalur pinjaman
CMO Traveloka Dannis Muhammad saat presentasi di konferensi pers antara Traveloka dengan Bank BRI / Traveloka
CMO Traveloka Dannis Muhammad saat presentasi di konferensi pers antara Traveloka dengan Bank BRI / Traveloka

Traveloka semakin melengkapi fitur pembayaran di dalam Traveloka Pay dengan fitur pinjaman untuk travelling “PayLater.” Fitur ini melengkapi ekosistem pembayaran yang sebelumnya sudah hadir, pembayaran dengan e-money (menggandeng Uangku), kartu kredit, dan kartu debit.

“Jadi untuk memberikan best product dan service, kami percaya bagian pembayaran itu harus memudahkan konsumen, biar mereka makin banyak pilihan [untuk bertransaksi di Traveloka],” ujar CMO Traveloka Dannis Muhammad kepada DailySocial.

Dannis menuturkan secara resmi akan ada info khusus terkait PayLater dalam beberapa pekan mendatang. Pembaruan aplikasi versi terbaru soal PayLater juga masih secara bertahap didistribusikan ke sebagian pelanggan Traveloka.

PayLater adalah hasil kerja Traveloka sama dengan startup p2p lending Danamas sebagai mitra penyalur pinjaman dana. Menariknya, sebelum menggandeng Danamas, Traveloka juga menggandeng Uangku untuk mitra dari penyelenggara e-money. Keduanya merupakan bagian Sinar Mas Group.

Pihak Danamas yang sepenuhnya melakukan proses manajemen risiko dalam mengelola PayLater. Mulai dari memverifikasi konsumen, besaran bunga, hingga pembayaran cicilannya.

“Sebenarnya tidak ada alasan khusus. Kami sebagai marketplace penyedia teknologi terbuka untuk semua partner. Pertimbangannya [saat memilih partner] pasti ada, tapi tidak ada yang khusus. Kebetulan saat itu Danamas yang memiliki komitmen dan kapabilitas dibandingkan pemain lainnya.”

Menurut pengakuan Dannis, metode pembayaran yang paling banyak diminati oleh penggunanya adalah transfer ATM dan kartu kredit. Bila ditotal keduanya menduduki posisi mayoritas dibandingkan metode lainnya. Sayangnya, Dannis enggan memberikan informasi detil mengenai hal tersebut.

Alur pengajuan PayLater

Untuk mengajukan fasilitas pinjaman dari PayLater, proses harus ditempuh lewat aplikasi versi terbaru. Nominal dana yang bisa didapat pengguna antara Rp2 juta sampai Rp10 juta untuk membeli produk di Traveloka, seperti tiket pesawat, kamar hotel, kereta api, dan tiket atraksi.

Pengguna cukup menyertakan KTP, NPWP, KK, BPJS, atau SIM dan berusia 21-55 tahun. Ada empat tahap proses pengisian data yang harus ditempuh, mulai dari identitas diri, keluarga, pekerjaan, dan menggunggah data pribadi. Danamas menjamin dana akan cair dalam waktu satu jam setelah pengajuan selesai dilakukan.

Ketika dana berhasil cair, pengguna bisa langsung memakainya untuk bertransaksi di Traveloka. Untuk pembayarannya, Danamas menjamin tidak ada bunga tambahan apabila pengguna membayarnya untuk tenor 1-3 bulan setelah dana cair sebulan kemudian. Lebih dari itu, akan ada tambahan bunga sebesar Rp5 ribu per bulannya.

Setelah pengguna berhasil melunasi cicilannya, secara otomatis limit PayLater bisa kembali digunakan. Pengguna juga dapat meminta dinaikkan limit PayLater. Mereka bisa mengunggah tambahan dokumen, seperti slip gaji atau rekening koran selama tiga bulan terakhir. Untuk keamanannya, setiap transaksi yang menggunakan PayLater akan menggunakan OTP.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…