Categories

Gadget

Undangan Disebar, Apakah Google Akan Umumkan Perangkat Android One di Pertengahan September?

Bambang Winarso - 2 September 2014

Sepanjang gelaran I/O Juli lalu ada beberapa hal yang sukses menarik perhatian jutaan pasang mata. Yang pertama adalah kemunculan Android L, kemudian ada Android Auto dan Android Wear. Tapi jangan lupakan pula sebuah program dari Google bernama Android One yang merupakan inisiasi mereka untuk menghadirkan referensi smartphone murah.

Kehadiran perangkat murah Android One sepertinya tidak akan lama lagi. Undangan resmi oleh Google telah disebar, rencananya mereka akan mengadakan acara di India pada tanggal 15 September mendatang.

Android One jadi lompatan besar berikutnya bagi Google. Program inisiasi ini dirancang agar para vendor memiliki acuan spesifikasi perangkat smartphone dengan banderol lebih miring. Dalam peluncurannya, India diplot menjadi sasaran empuk Android One mengingat di sana ada jutaan orang yang masih menggunakan feature phone.

Di India, Google menggandeng sejumlah vendor seperti Karbonn, Micromax, dan sejumlah vendor lain yang tidak disebutkan. Nantinya perangkat-perangkat yang dilahirkan oleh vendor lokal ini, selama mengacu pada referensi perangkat Android One akan dibanderol dengan harga $100-an per unitnya. perangkat Android One akan menggunakan stock Android dan akan mendapatkan upadate secara otomatis.

 

 

Info Menarik: Dirumokan Ganti Nama, Internet Explorer 11 Justru Makin Populer di Sektor Desktop

 

 

Seperti yang dikutip dari TheNextWeb, perangkat ini nantinya akan menggunakan OS Android tanpa ada sentuhan kustom seperti yang dimiliki oleh Sense atau TouchWiz. Namun vendor perakit smartphone diperbolehkan untuk membuat kustomisasi sendiri jika diinginkan.

Sundar Pichai selaku wakil presiden senior Android mengatakan kepada NDTV Gadgets bahwa Google tidak akan memberikan subsidi untuk perangkat berbasis Android One. Hanya saja, dengan adanya pembagian sumber daya antara Google dan partner diharapkan dapat memotong biaya produksi perangkat sehingga dapat dijual sesuai dengan harga yang direncanakan sebelumnya.

Meskipun belum dikonfirmasi secara resmi, banyak pihak meyakini perangkat Android One akan memulai debutnya di tanggal 15 September nanti, acara ini juga kabarnya akan dihadiri oleh Sundar Pichai.

Sangat menarik dan tentunya sangat dinantikan juga apakah vendor lokal Indonesia berani untuk mengikuti jejak Karboon, Micromax dan Spice menghadirkan smartphone Android One untuk publik di tanah air.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter