1. DScovery

Unique Selling Proposition (USP): Pengertian, Manfaat dan Karakteristiknya

Pada dasarnya, unique selling proposition adalah "wajah" dari sebuah brand.

Persaingan antar kompetitor merupakan hal yang wajar dan selalu terjadi dalam dunia bisnis. Salah satu strategi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan unique selling proposition.

Unique selling proposition atau unique selling point dapat dikatakan sebagai “wajah” dari sebuah brand atau produk. Oleh sebab itu, “wajah” ini harus dibuat seunik mungkin agar dapat menarik perhatian konsumen.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan unique selling proposition dan apa saja manfaat dan karakteristiknya?

Pengertian Unique Selling Proposition

Unique selling proposition (USP) merupakan sebuah langkah penting dalam menyusun strategi penjualan. Mengutip dari Harvard Business School, unique selling proposition adalah suatu nilai unik yang diciptakan oleh sebuah brand untuk target pasarnya.

Unique selling proposition harus dapat menggambarkan citra dari suatu brand. Meski dalam pembuatan unique selling proposition tidak memiliki standar tertentu, namun USP harus memuat tiga komponen, yang berkaitan dengan diferensiasi, kuantitas, dan relevansinya dengan brand value.

Manfaat Unique Selling Proposition

Pada dasarnya, unique selling proposition bertujuan untuk membedakan sebuah brand dengan kompetitornya. Hal tersebut dilakukan agar konsumen mengenali produkmu dari keunikannya.

Adapun beberapa manfaat unique selling proposition secara lebih lengkap, antara lain:

1. Sebagai Pembeda dengan Kompetitor

Unique selling proposition memiliki tujuan utama untuk membedakan brand atau produkmu dengan kompetitor. Dengan keunikan yang kamu miliki, produkmu akan terlihat lebih menonjol di mata konsumen.

2. Meningkatkan Penjualan

USP yang baik dapat meningkatkan potensi penjualan produkmu. Pasalnya, dengan USP konsumen dapat mengenali dan mengingat produkmu, sehingga potensi untuk membeli produkmu akan semakin besar.

3. Memudahkan Penjualan

USP yang jelas dan menarik juga dapat memudahkan penjualan produkmu. Dalam hal ini, pekerjaan sales representative akan jauh lebih mudah karena dapat lebih persuasif dalam menawarkan value yang dimiliki oleh brand atau produkmu.

4. Memperoleh Pelanggan Setia

Dengan USP yang menarik juga memungkinkan konsumen untuk setia dalam menggunakan produkmu. Pasalnya, pengalaman positif yang berulang-ulang dapat memengaruhi sentimen positif terhadap suatu brand.

Karakteristik Unique Selling Proposition

Berikut adalah beberapa hal yang menjadi karakteristik dari unique selling proposition.

1. Tampilan yang Menarik

Hal pertama yang dilihat oleh calon konsumen terhadap sebuah produk adalah tampilannya. Oleh sebab itu, tampilan yang menarik dan eye catching lebih berpotensi untuk menarik perhatian calon konsumen.

2. Mudah Diingat

Unique selling proposition bertujuan agar konsumen dapat mengenali produkmu. Untuk itu, USP yang baik harus mudah diingat oleh calon konsumen. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan informasi yang sederhana dan mudah dicerna sesuai dengan brand value yang ditawarkan.

3. Menonjolkan Kelebihan Produk

Umumnya, unique selling proposition juga harus dapat menonjolkan kelebihan dari sebuah produk. Dalam hal ini, unique selling proposition harus dapat memuat bagaimana produkmu dapat menjadi solusi atas masalah yang ingin dipecahkan, apa saja kelebihannya, dan hal-hal apa yang membuat produkmu lebih istimewa dari produk-produk lain.

4. Memiliki Tujuan yang Jelas

Unique selling proposition juga harus menggambarkan tujuan yang jelas dari perusahaanmu. Dalam hal ini, konsumen perlu mengetahui seperti apa perusahaanmu, apa saja produkmu dan bagaimana produk tersebut digunakan sebagai solusi dari masalah yang dialami oleh konsumen.

5. Call to Action

Call to action merupakan ajakan agar konsumen melakukan suatu tindakan dalam bentuk tombol maupun tautan. Call to action digunakan agar konsumen yang tertarik dengan produkmu bisa langsung bertindak dengan mengkliknya.

Nah, demikian penjelasan mengenai unique value proposition. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa unique value proposition harus benar-benar diperhatikan agar brand atau produkmu dapat menarik perhatian dan minat calon konsumen.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again